17 April 2015

Kunci Keberhasilan Sebuah Bisnis?



Pertanyaan ini sebenarnya sudah terjawab saat saya masih bekerja di sebuah warung kelontong di kampung saya tercinta. Ini adalah pesan bos saya yang saya ingat sampai sekarang. Bahwa dalam berbisnis harus menerapkan kejujuran. Apakah kita masih ingat mengenai sekali lancung diujian, seumur hidup orang tak akan percaya. Saya sendiri juga akan sulit percaya pada orang yang sudah pernah satu kali menipu saya. Tak ada orang yang mau tertipu dua kali bukan?

Walaupun banyak faktor lain yang bisa menunjang sebuah bisnis agar berkembang dan berhasil memang faktor kejujuran adalah hal yang paling tak bisa dilepaskan. Berapa banyak orang yang melakukan ketidakjujuran dalam bisnis di dunia ini? Banyak. Coba lihat di televisi, reportase investigasi tu biasa menayangkan tentang ketidakjujuran orang dalam berdagang. Buruknya lagi, ketidakjujurannya tidak hanya merugikan secara materi tapi bisa saja merenggut nyawa orang.

Bisnis yang dibangun dengan ketidakjujuran dapat dipastikan akan kolaps dan sulit untuk bangkit lagi. Satu kali saja kita ketahuan melakukan tindakan yang curang, orang yang sudah tahu pasti akan berpikir dua kali untuk berbisnis dengan kita.
 

@honeylizious

Followers