29 April 2015

Gatal Saat Hamil?


Kebanyakan perempuan hamil akan mengalami gatal ketika sedang mengandung. Saya sendiri mulai mendekati melahirkan merasakan sedikit agak gatal di bagian perut bawah. Kata orang sih karena rambut si bayi yang menusuk-nusuk. Tapi rasanya sedikit tidak masuk akal deh soal rambut itu. Bukannya si bayi berada di dalam gelembungnya sendiri, terus rahim, baru deh perut kita sang ibu. Bagaimana mungkin rambutnya menembus sampai membuat gatal perut bagian luar? Terlepas dari hal tersebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa garal ketika hamil.

  1. Menggunakan lotion
    Menggunakan pelembab untuk kulit selama hamil penting sekali. Selain untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena perut kita yang terus meregang juga bisa untuk mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan selama kehamilan. Ada juga sih yang lebih suka menggunakan minyak zaitun. Saya sendiri hanya menggunakan body lotion yang sehari-hari saya gunakan. Lumayan membantu sehingga selama beraktivitas saya tidak menggaruk-garuk perut saya dari luar pakaian.
  2. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan air putih.
    Saya rasa selain baik untuk menghilangkan rasa gatal saat hamil, mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan air putih juga sangat baik untuk ibu dan bayi yang sedang dikandungnya. Saya sendiri selalu suka makan sayur dan buah setiap harinya sejak awal kehamilan. Apalagi kalau buahnya berbentuk rujak. Sayurannya paling suka yang berbentuk daun seperti kangkung atau bayam.
  3. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat.
    Nah buat teman-teman yang sedang mengandung pasti merasakan suhu tubuh yang terus meningkat dan mudah sekali untuk berkeringat. Itu sebabnya disarankan untuk menggunakan pakaian yang berbahan dasar kain yang mudah menyerap keringat. Sebab selain lebih nyaman keringat yang terserap juga mengurangi rasa gatal di bagian perut kita.
  4. Mandi dengan air dingin.
    Masih gatal? Mandi saja dengan air dingin. Selama hamil saya benar-benar tak pernah mandi dengan air hangat. Mau mandinya dini hari sekalipun, saya suka sekali mandi dengan air dingin. Selain menyegarkan juga bisa membuat rasa gatal yang timbul jadi berkurang bahkan reda dengan sendirinya. Gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit dan tak menimbulkan alergi. Khawatirnya juga gatal yang datang bukan karena kehamilan melainkan disebabkan alergi yang timbul dari produk sabun yang kita gunakan.
 

@honeylizious

Followers