6 April 2015

Bawang Dayak


Manfaat bawang dayak ternyata banyak sekali. Tinggal googling dan banyak orang yang menyajikannya di blog mereka. Saya tahu sih bawang dayak banyak manfaatnya. Adik perempuan saya biasanya suka merebus bawang tersebut dan meminum airnya. Di Pontianak sendiri saya bisa menemukannya dengan mudah di Pasar Flamboyan. Itu sebabnya beberapa kali saya menerima pesanan bawang dayak ini dari teman-teman yang saya kenal melalui dunia maya.

Sebenarnya sih niatnya nggak buat menambah barang dagangan. Cuma membantu teman-teman yang membutuhkan bawang dayak. Ternyata di luar Kalimantan Barat banyak juga yang memerlukan atau mencari. Buat yang ingin membeli bawang dayak sebaiknya memang membeli yang masih segar sehingga bisa dijadikan bibit lagi. Tinggal tanam sebagian dan sisanya buat dikonsumsi. Saat dibutuhkan tak perlu lagi membelinya di Pontianak.

Saya sendiri juga berencana untuk mengembangbiakkan tanaman yang satu ini di halaman belakang rumah nantinya. Sementara ini sih masih belum memungkinkan. Tidak hanya bawang dayak sih yang ingin saya tanam. Banyak tanaman lainnya yang saya pikir sebaiknya saya tanam di halaman belakang. Sayuran dan buah-buahan tentunya. Supaya nantinya bisa mengonsumsi makanan yang lebih organik dan bebas pestisida.

Kadang agak ngeri juga membayangkan sayuran dan buah-buahan yang saya makan. Entah mengandung pestisida atau tidak saya tidak tahu. Pengennya sehat dengan makan sayuran atau buah-buahan tapi kalau mengandung pestisida malah akan mendatangkan penyakit di tubuh kita kan ya?

Semoga bisa segera belajar membuat halaman belakang rumah menjadi kebun hidroponik seperti yang selama ini saya impikan.

@honeylizious

Followers