22 Maret 2015

Tanda Merah di Dahi Perempuan India


Sejak kecil di rumah saya sering sekali menonton film Bollywood bersama Uwan dan tetangga terdekat. Biasanya memang tetangga dekat rumah Uwan senang mampir ke rumah saat film Bollywood di tayangkan. Waktu itu saya malah belum sekolah SD. Setiap akhir pekan memang selalu ada film Bollywood yang tayang di TV 2 dan TV 3. Di Jawai, kampung saya, memang siaran dari negara tetangga yang bisa ditangkap dengan antena biasa. Paling beruntung bisa mendapatkan TVRI itu pun dengan tampilan yang sama sekali sulit untuk ditonton. Berbeda dengan siaran dari TV 1, TV 2, dan TV 3. Itu sebabnya saya sudah terbiasa sekali dengan bahasa Melayu Malaysia dan juga film yang ditayang di negara mereka.

Banyak sekali film serial luar negeri yang saya tonton waktu itu. Mulai dari opera sabun telenovela, sitkom, sampai film serial remaja. Semuanya melekat di dalam kepala saya dnegan sangat baik. Waktu masih di sana saya tak pernah kesulitan menemukan film yang enak untuk ditonton. Berbeda sekali dengan pertelevisian Indonesia. Kadang saya bingung harus menonton siaran dari televisi yang mana, setidaknya yang tak begitu buruk. Ujung-ujungnya saya membuka televisi lokal yang menayangkan orang mengaji atau salat. Habis rasanya tak ada tayangkan yang bisa ditonton dengan perasaan tenang.

Memang sudah saatnya berpindah ke TV kabel dan menikmati film yang jauh lebih berkualitas dari tayangan yang ada di frekuensi publik negeri ini.

Nah sebenarnya saya teringat waktu kecil saya beranggapan bahwa tanda yang ada di dahi wanita India itu warnanya hitam. Gara-garanya televisi yang kami gunakan untuk menonton pada masa itu memang yang hitam putih. Tak jelas warna apa sebenarnya yang ada di dalam televisi tersebut. Sehingga ketika mampir ke rumah tetangga yang punya televisi warna rasanya sudah merupakan sebuah kemewahan. Setelah bertahun-tahun menonton menggunakan televisi hitam putih saya baru sadar bahwa tanda bulat yang di pasang di dahi wanita India itu warnanya merah. Hahahaha.... saya lupa dengan televisi di rumah yang hitam putih.
 

@honeylizious

Followers