21 Maret 2015

Jangan Memaksa Anak Belajar!


Sudah punya anak usia sekolah? Atau punya tapi belum usia sekolah? Punya harapan yang tinggi mereka punya nilai akademik yang bagus di sekolah nantinya? Menjadi juara kelas bahkan umum setiap semester? Boleh-boleh aja sih punya harapan tinggi pada anak tapi ingat satu hal. Jangan memaksa anak untuk belajar. Apalagi anak yang usianya masih terlalu dini. Saya sendiri tidak pernah dipaksa kedua orang tua saya untuk belajar. Bahkan rasanya saya lebih banyak bermain saat SD dan SMP.

Rajin belajar memang baik tapi setiap anak punya tingkat kecerdasan yang berbeda dan tentu saja keterampilan yang mereka suka tidak sama. Seperti saya sendiri waktu sekolah dasar sukanya menulis. Itulah yang saya lakukan setiap hari ketika sudah pandai menyusun kata-kata meskipun masih sederhana. Saya suka sekali membaca berbagai buku cerita.

Saya beruntung sekali punya orang tua yang tak banyak menuntut anaknya. Itulah yang saya akan lakukan juga pada anak saya nantinya. Tidak memaksanya untuk belajar dan memahami semua mata pelajaran. Sebab saya yakin tak ada satu orang pun di dunia ini yang suka dipaksa untuk melakukan sesuatu. Apalagi untuk hal-hal yang kurang dia suka seperti ini.

Ah saya hanya resah saja melihat anak-anak sekarang yang dituntut banyak hal oleh orang tuanya. Terutama di bidang akademik. Mengapa tak membiarkan mereka bertumbuh bebas dengan lebih baik? 

@honeylizious

Followers