21 Maret 2015

Hati-Hati Malware di Browser Mencuri Uang di Rekening Mandiri atau BCA Anda


Beberapa waktu terakhir ini hanya mendengar soal malware yang menyusup di browser dan bisa membuat kita bertransaksi ebanking dan sejumlah uang dari rekening kita terkirim ke rekening orang lain. Cara kerjanya sih saya belum begitu memahami ya. Tapi yang jelas ada hal yang berbeda saat kita membuka situs ebanking yang kita gunakan. Baik itu BCA atau Mandiri. Semacam pop-up yang meminta kita memasukkan kode dari token kita.

Jadi ingat soal token dari Telkomsel yang bisa digunakan orang lain selama beberapa menit untuk menguras pulsa. Nah ini modusnya juga begitu. Namun partai besar. Banyak yang kehilangan sejumlah uang dan tak tanggung-tanggung jumlahnya. Kalau sudah tertransfer tanpa sadar seperti itu ya akan sulit untuk mengembalikan uang yang suka kita keluarkan.

Saya sendiri sih jarang melakukan transaksi menggunakan PC atau laptop. Saya lebih sering menggunakan mobile browser. Sampai sekarang belum pernah ada kejadian (jangan sampai deh) muncul pop-up aneh di browser yang meminta saya memasukkan kode sinkronisasi dari token. Saya sendiri tidak tahu apakah ini malware yang bisa menyusup di browser OS tertentu atau semua OS. Sebab saya sendiri tidak menggunakan Windows tetapi Linux.

Ingin bertanya pada korban yang memosting kejadian kehilangan uangnya sebesar 45juta dari rekening mandirinya dia menggunakan PC dengan OS apa, tapi tak enak hati. Jadinya saya hanya browsing sana-sini untuk mencari tahu soal malware yang membuat uang korban raib seketika dari rekeningnya.

Intinya sih berhati-hati saja buat teman-teman yang bertransaksi menggunakan ebanking Mandiri atau BCA. 

@honeylizious

Followers