20 Maret 2015

Hati-Hati Belanja Online?


Sebagai pedagang online tentunya ini jadi sesuatu yang cukup mengganggu ya. Saya sendiri tidak hanya berjualan online tetapi juga sering belanja online. Sehingga mendapatkan peringatan seperti itu kesannya jadi serasa anak kecil yang baru belajar berjalan dan sedang dipegangi. Katakanlah niat orang yang mengingatkan kita sebenarnya baik. Tapi dari mana asalnya dia kekeuh mengingatkan kita untuk berhati-hati berbelanja online?

Menurut saya ini orang pasti pernah ditipu secara online, makanya dia seakan-akan melarang orang lain untuk berbelanja online dengan mengatakan 'hati-hati belanja online, banyak penipuan'. Pernah tertipu sekali bisa jadi membuat dia jera bertransaksi secara online. Sepanjang pengalaman saya berbelanja secara online, alhamdulillah sampai sekarang saya selalu bertemu dengan penjual yang bukan penipu. Memang banyak sekali orang yang menipu secara online di luar sana. Tapi untuk berbelanja online kita bisa kok membandingkan harga barang yang dijual untuk mengantisipasi penipuan.

Jangan tergiur dengan harga barang yang terlampau miring dengan iming-iming ini itu. Banyak orang yang gampang sekali mentransfer uang kepada penjual yang tidak dikenalnya karena merasa sedang beruntung mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga sangat murah. Padahal harusnya kita curiga. Bukannya orang dagang ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya? Bagaimana ceritanya kalau ada pedagang yang menunjukkan itikad sebaliknya?

Cek reputasi toko. Untuk mengetahui reputasi sebuah toko online kita bisa googling kok. Karena apabila toko online tersebut sudah pernah melakukan penipuan sebelumnya, akan ada banyak orang yang akan menuliskannya di internet. Tidak akan semudah itu membungkam orang yang sudah ditipu. Lain cerita kalau belanjanya di sosial media. Saya sendiri jarang belanja di akun sosial media orang secara sembarangan. Terutama facebook. Facebook adalah tempat terakhir yang akan saya pilih untuk bertransaksi. Sebab facebook memang paling rawan. Wajar kalau banyak orang yang tertipu di facebook. Biasanya para penipu ini mengambil akun orang lain yang temannya sudah banyak lalu menandai dagangan ke semua orang di akun tersebut untuk menebar umpan.

Berbelanjalah di tempat yang menggunakan rekening bersama. Banyak kok tempat pedagang berkumpul dan keamanan uang kita terjamin. Saat penjual tidak mengirimkan barangnya, uang kita akan dikembalikan oleh admin yang memegang akun rekening bersama tersebut.

Dibandingkan mengingatkan orang untuk hati-hati berbelanja online, mendingan bilangnya, hati-hati memilih toko online. Tapi ketika kita mudah ditipu bukan berarti orang lain juga akan ditipu dengan mudah kok oleh pelaku. 

@honeylizious

Followers