19 Maret 2015

Gonjang Ganjing Turun Naik Nilai Tukar Dollar


Daripada membahas nilai tukar rupiah yang menurun kayaknya lebih baik membahas nilai dollar yang semakin naik. Eyaaah apa bedanya ya? Seenggaknya nggak merendahkan mata uang Indonesia-lah ya. Walaupun kurang lebih sama aja sih ujung-ujungnya. Saya yakin banyak di antara kita yang memiliki penghasilan dalam bentuk dollar sehingga nilai tukar dollar yang tinggi ke mata uang negara kita membuat penghasilan kita menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya walaupun sebenarnya dalam bentuk dollar masih sama saja.

Kadang ini menjadi dilema juga. Di satu sisi yang memiliki penghasilan dollar akan bersyukur karena nilai tukar rupiah yang anjlok. Di sisi lain, banyak barang kebutuhan yang akan ikut naik. Kayaknya dari sepanjang sejarah nilai tukar rupiah, kali ini memang turunnya agak keterlaluan ya. Walaupun memang nilai uang sekarang dengan dulu sangat berbeda. Syukur-syukur tidak krisis moneter lagi di Indonesia. Jadi ingat waktu masih SD dulu. Indonesia dilanda krisis moneter. Banyak usaha yang gulung tikar karenanya.

Harapan saya sih tentunya nilai tukar rupiah meningkat. Walaupun saya sendiri memiliki beberapa penghasilan berbentuk dollar tapi tentunya nilai tukar rupiah yang tinggi akan jauh lebih baik untuk banyak orang di negara kita. Tak terbayangkan kalau dollar akan semakin tinggi dan rupiah semakin rendah. Apa yang akan terjadi selanjutnya?
 

@honeylizious

Followers