23 Maret 2015

Berapa Lama Kita Harus Istirahat Setelah Melahirkan?


Ini menjadi pertanyaan besar saya akhir-akhir ini. Sebab saya sendiri punya kesibukan di kampus yang tak bisa ditinggalkan terlalu lama. Kalau lahirannya sehabis ujian akhir sih tak masalah. Tapi sepertinya sebelum semester dua berakhir, bayi ini sudah akan brojol. Saya sih rencananya hanya ingin istirahat 2 minggu. Soalnya saya tak ingin tertunda 1 tahun di kampus ABA. Nilai tak ada masalah. Masa harus menunda setahun kan? Tak mau semester ini tidak lulus karena tak cukup absensi.

Kalau lahiran secara normal seharusnya tak butuh waktu lama bukan? Banyak sekali pantang larang yang harus saya hadapi yang kadang terdengar tidak masuk akal di telinga saya. Kayaknya saya harus menelpon ibu saya untuk memastikan seberapa lama dia mengambil cuti melahirkan dua adik saya sebelumnya. Saya akan ikut kata ibu saya aja untuk urusan yang satu ini. Kadang terlalu banyak orang yang melarang ini itu tanpa tahu manfaatnya sebenarnya.

Memang sih saya sering dengar di kampung soal istilah 40 hari setelah melahirkan baru bisa beraktivitas seperti biasa. Tapi apa itu mitos atau fakta?

Dokter pastinya lebih tahu ya? Nanti habis melahirkan sepertinya saya harus banyak bertanya berapa lama minimal waktu istirahat yang saya butuhkan untuk proses penyembuhan setelah melahirkan. 

@honeylizious

Followers