10 Maret 2015

Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Setelah mendekati masa-masa kelahiran ternyata saya mengalami juga bengkak kaki. Tapi penyebabnya karena saya duduk menjuntai terlalu lama saat ngeblog menggunakan PC. Berbeda kalo saya nggak duduk lama dalam posisi tersebut. Awalnya kelilingking kaki saya kok agak gatal. Saya garuk. Terus jadi bengkak kedua kaki saya. Waaaah padahal saya nggak pengen kaki saya bengkak.

Untuk cari tahu cara mengatasinya mulailah saya googling dan ketemu cara mudahnya. Jadi untuk atasi kaki bengkak saat hamil usahakan tidur kakinya lebih tinggi posisinya. Bisa diganjal pake bantal. Nggak perlu terlalu tinggi. Paling penting lebih tinggi dari jantung. Penyebab kaki bengkak saat hamil ternyata adalah aliran darah yang tidak lancar dan membuat kaki membengkak. Posisi ngeblog saya beberapa hari terakhir ini memang buruk. Makanya kaki langsung bengkak dalam hitungan jam. Padahal saat di kampus, duduk berjam-jam kakinya baik-baik saja.

Terus selain mengganjal kaki, supaya saat hamil kaki nggak membengkak, sebaiknya tidur miring ke kiri. Alasannya untuk memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Lalu makanan yang banyak mengandung garam juga sangat berpengaruh pada pembengkakan kaki. Saya bersyukur sekali sekarang sudah banyak sekali informasi yang bisa kita akses melalui smartphone. Apa pun bisa kita googling. Tidak perlu terlalu banyak mendengar informasi berdasarkan 'kata orang'. Apalagi ada tuh ibu-ibu yang bilang makan pisang nggak boleh saat hamil. Nanti anaknya lahir banyak lemaknya. Padahal dari banyak informasi kesehatan, lemak itu baik untuk melindungi janin selama di dalam kandungan. Memang kesannya mengotori bayi, tapi kalo bermanfaat ya nggak masalah kan?

Waktu kaki saya bengkak dan malamnya saya tidur dengan kaki di atas bantal dan miring ke kiri, paginya bengkaknya sudah hilang. Alhamdulillah. Bukan bengkak permanen. Soalnya banyak juga yang hamil dan mengalami pembengkakan yang sulit hilang. Jadi saya masih bisa pake sepatu saat ke kampus. Bengkak kaki saat hamil memang mengganggu. Buat jalan saja rasanya susah banget dengan kaki yang nggak bengkak. Eh ditambah dengan kaki bengkak pula?

Saat saya menuliskan ini kaki saya sudsh tidak bengkak lagi kok. Apalagi saya kan tidak ngeblog di depan PC. Saya lebih suka berbaring dan menulis dengan smartphone. Kangen sih menulis sambil tengkurep. Tapi sekarang sedang tak memungkinkan untuk dilakukan. Telentang pun sudah lumayan nyaman. Dibandingkan duduk depan PC walaupun lebih cepat sih ngetik menggunakan keyboard di PC yang segede gaban.

Buat teman-teman yang sedang hamil dan kakinya bengkak boleh dicoba posisi tidurnya dan makanan yang mengandung garamnya dikurangi. Kalau bengkaknya sudah mengganggu sekali rendam kaki dengan air dingin untuk meredakannya.

Semoga bengkaknya cepat sembuh ya calon bunda :)

Related Posts

Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.