26 Februari 2015

Mengatasi Konstipasi Ibu Hamil dengan Pisang

Sudah banyak yang tahu pastinya masalah ibu hamil tuh macem-macem. Mulai dari mual, muntah, sakit pinggang, pusing, badan ngilu, sampai susah buang air besar. Saya sendiri masalah yang paling penting untuk ditanggulangi adalah masalah BAB. Susah buang air besar itu sangat mengganggu rasanya dibandingkan masalah yang lain. Bahkan sakit di pangkal paha itu rasanya belum ada apa-apanya dibandingkan nggak buang air besar setiap hari.

Pisang, memang sangat baik untuk melancarkan pencernaan, mengatasi mual dan muntah juga. Walaupun saya sendiri rasanya tak mengalami mual dan muntah seperti orang hamil pada umumnya. Hanya rasa kantuk yang agak berlebihan selama hamil dan saya jadi rajin tidur siang. Makan pisang untuk sarapan adalah yang termanjur buat saya melancarkan pencernaan dibandingkan makan pisang pada waktu yang lain.

Jadi bangun tidur, yang saya cari pertama adalah pisang. Setidaknya saya makan 5-10 pisang Singapore atau Otel (bahasa Sambas). Ini adalah jenis pisang yang sering kita temukan saat resepsi pernikahan. Pisang jenis ini biasanya untuk cuci mulut sehabis makan. Satu atau dua jam setelah makan pisang saya langsung buang air besar.

Saya pernah baca juga kalau tubuh akan melakukan pembuangan besar itu sekitar jam 7-9 pagi. Jadi usahakan makan pisangnya sebelum jam biologis untuk pembuangan. Sehingga kontraksi lambung untuk membuang air besar lebih terbantu lagi dengan asupan pisang sebelumnya. Jadi ibu hamil yang susah buang air besar setiap hari bisa plong pagi-pagi.

Saya suka merasa nggak nyaman kalau belum buang air besar setiap hari. Apalagi kalau buang air besarnya sekali dalam tiga hari. Dapat dipastikan akan susah sekali mengedan dan khawatir ambien atau ada luka di anus. Sering saya berharap saya mencret dan buang air besar dengan lancar supaya tak perlu berlama-lama di toilet. Namun itu juga bukan pilihan yang tepat bukan?

Buat teman-teman yang sekarang sedang hamil dan susah buang air besar yuk mulai sekarang pagi-pagi sarapannya pisang kayak saya. Siapa tahu bisa manjur juga kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers