9 Februari 2015

Juhi Bakar, Sotong Garing, dan Sotong Pangkong Khas Pontianak



Sotong Pangkong memang menjadi makanan khas di Pontianak. Terutama saat bulan Ramadhan. Namun selain bulan Ramadhan masih ada juga yang berjualan Sotong Pangkong. Sotong Pangkong sendiri adalah sotong yang dibakar lalu dipangkong menggunakan palu. Dipangkong artinya dipukul-pukul supaya empuk. Soalnya sotong kering itu lumayan alot dagingnya.

Selain Sotong Pangkong, ada olahan dari sotong yang lebih praktis dan bisa dibawa atau dikirim ke luar Pontianak yaitu Juhi Bakar dan Sotong Garing. Sama-sama terbuat dari sotong yang digunakan untuk pembuatan sotong pangkong. Bedanya Juhi Bakar ini digiling dengan mesin sehingga membentuk serat baru dibumbui dan dibakar atau dipanggang. Jadi tidak perlu dipangkong menggunakan palu. Sedangkan Sotong Garing bedanya lagi tidak dibakar, melainkan dipanggang di dalam oven. Sehingga sotong yang sudah digiling di dalam mesin dan membentuk serat menjadi kering dan garing.

Juhi Bakar memang agak basah tetapi memiliki ketahanan yang cukup lama. Sampai dua minggu pun masih tidak berubah rasanya. Karena memang bumbu yang digunakan mengandung gula yang bisa menjadi pengawet alami untuk Juhi Bakar tersebut. Namun memang sebaiknya Juhi Bakar tidak disimpan terlalu lama di luar kulkas. Beda dengan Sotong Garing yang memiliki ketahanan berbulan-bulan karena tidak lagi mengandung air di dalamnya. Sudah kering dan garing.

Tetapi memang buat saya sendiri, lebih suka makan Juhi Bakar dibandingkan Sotong Garing. Teksturnya yang basah dengan bumbu yang banyak, pedas dan manisnya itu memang super banget deh. Ada juga sih yang lebih suka yang garing dibandingkan yang basah. Bergantung selera masing-masing.

Di Pontianak, Juhi Bakar yang paling terkenal yang dijual di Jalan Siam. Mereka menjualnya dari sore sampai malam. Setiap hari menyediakan banyak sekali Juhi Bakar. Khusus yang basah saja. Semua bumbunya benar-benar terasa. Apalagi harus jeruknya. Paling enak dinikmati saat bersantai sore-sore bersama keluarga.

Kalau memang teman-teman kangen dengan makanan yang satu ini bisa kok pesan di http://www.honeylizious.info dengan menghubungi Whatsapp (085213626011), BBM (79E87D9B), atau ke twitter @honeylizious.

@honeylizious

Followers