12 Februari 2015

Cara Membersihkan Kulkas Secara Efektif


Lemari es atau kulkas merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang cukup penting. Fungsi lemari es dalam menyimpan makanan membuat kita harus selalu menjaga kebersihan kulkas, baik bagian dalam maupun luar kulkas. Cara membersihkan kulkas dapat dilakukan dengan beberapa langkah dan sebaiknya dilakukan paling tidak sebulan sekali. Kulkas yang bersih dan terawat akan menjaga fungsi kulkas secara maksimal sebagai media penyimpanan serta pendingin makanan/minuman.
Berikut ini cara membersihkan kulkas yang perlu Anda ketahui dan ikuti jika selama ini Anda masih kesulitan dan belum mengetahui cara menghilangkan noda pada kulkas secara efektif.
  1. Siapkan peralatan tempur seperti cairan pembersih, lap kering, serta sikat gigi bekas.
  2. Untuk cairan pembersih, lebih aman menggunakan cairan yang dibuat sendiri. Caranya dengan mencampurkan air dengan cuka dengan ukuran yang sama kemudian dimasukkan dalam suatu wadah atau botol.
  3. Sebelum mulai membersihkan kulkas, keluarkan dahulu makanan atau minuman yang masih ada dalam kulkas. Buang semua makanan yang sudah basi agar kuman tidak menyebar terkena makanan lain.
  4. Setelah itu keluarkan seluruh rak yang ada dalam kulkas, rak kulkas sebaiknya dibersihkan secara terpisah dari kulkas karena rak tersebut juga biasanya susah dibersihkan akibat noda yang terlanjur menempel.
  5. Rak yang sudah dikeluarkan dapat direndam di air hangat agar semua kotoran dapat terlepas atau luruh dari rak. Tambahkan cairan pembersih dalam air panas agar bakteri hilang kemudian sikat seluruh permukaan rak dengan menggunakan sikat gigi sampai benar-benar bersih.
  6. Untuk kulkas bagian dalam, bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih kemudian sikat dengan sikat gigi agar bagian yang sulit dibersihkan dapat tersentuh. Setelah tidak ada noda tertinggal, keringkan bagian dalam kulkas dengan menggunakan lap kering atau handuk kering.
  7. Jangan lupa untuk membersihkan freezer dengan cara mematikan bagian pendingin, agar seluruh bunga es yang ada di freezer cair. Lalu buang seluruh bunga es yang telah mencair dan mulai membersihkan noda yang menempel pada bagian freezer.
  8. Terakhir, bersihkan bagian luar kulkas dengan menggunakan cuka yang sudah dicampur air lalu sikat sampai bersih. Keringkan dengan lap kering.




 

@honeylizious

Followers