13 Januari 2015

Perempuan Atau Laki-Laki?



Baiklah ternyata setelah mengandung anak pertama kami pun, masih ada pertanyaan menyebalkan yang bisa ditanyakan oleh orang lain. Saya tidak tahu apakah hanya saya yang merasa terganggu dengan pertanyaan ini atau banyak orang lain yang juga sebal dengan pertanyaan yang sama. Bagaimana dengan dokter kandungan ya? Ketika mereka ditanyai soal bayi yang ada di dalam perut seseorang, apakah anak tersebut perempuan atau laki-laki?

Saya ulang ya! Perempuan apa laki-laki?

Saya pikir pertanyaan kapan selesai kuliah? Kapan nikah? Sudah isi? Adalah jenis pertanyaan yang sangat menyebalkan dan sudah saya lewati semua. Ternyata masih ada bentuk pertanyaan yang sangat menyebalkan di dunia ini. Tak terpikirkan oleh saya karena saya sendiri tak pernah menanyakan soal jenis kelamin seorang anak yang masih ada di dalam kandungan ibunya. Kalau sudah melahirkan sih saya rasa itu adalah pertanyaan yang wajar. Sebab mau secanggih apa pun alat yang digunakan untuk memeriksa jenis kelamin belum tentu bisa dipastikan 100% akurat. Banyak orang yang pas USG mendapati jenis kelamin anaknya laki-laki tapi pas lahir ternyata perempuan.

Kalau mau bertanya mengenai jenis kelamin anak saya, mengapa tak menunggu sampai saya melahirkan? Apa kalau anak saya perempuan kalian yang bertanya bakalan ngasih dia hadiah? Atau kalau laki-laki mau kalian jodohkan dengan anak kalian?

Apa tak ada pertanyaan yang lebih penting lagi di dunia ini selain pertanyaan aneh seperti itu?

Menurut saya sih aneh, nggak tahu menurut orang lain ya. Sebab saya tak suka ditanya dan bertanya seperti itu sih. Itu privasi orang. Wilayah yang tak bisa kita masuki jika kita bukan bagian dari keluarganya.

Sekarang, buat siapa pun yang ingin bertanya seperti itu pada orang yang sedang mengandung, tahanlah mulut itu sebentar. Kita tidak tahu seberapa sensitifnya sebuah pertanyaan buat orang lain. Apakah dia suka atau tidak suka dengan pertanyaan tersebut? Jangan sampai pertanyaan basi kita yang tak penting membuat orang lain menjaga jarak dan sebal dengan kita.

@honeylizious

Followers