12 Januari 2015

Copywriter dan Copywriting



Berdasarkan informasi yang tercantum di Wikipedia: Copywriter adalah profesi di lingkungan periklanan yang bersifat komersial yang tugasnya menulis naskah iklan, baik untuk iklan cetak (print ad), iklan televisi (TV Commercial), iklan radio (Radio Commercial) dan segala macam bentuk komunikasi merek. Seorang Copywriter berpasangan dengan Art Director (Penata Artistik), membuat sebuah konsep iklan. Atasan mereka adalah Creative Director dan mereka di dalam Creative Department di sebuah perusahaan iklan (Advertising Agency).


Dari makna copywriter sendiri dapat ditarik sebuah kesimpulan mengenai copywriting. Jadi copywriting adalah tulisan yang dihasilkan di lingkungan periklanan yang bersidat komersial yang isinya merupakan sebuah naskah iklan dari sebuah produk atau merek. Berbeda dengan review yang menunjukkan kelebihan dan kekurangan sebuah produk atau merek, copywriting lebih kuat pada sisi persuasifnya. Mengajak orang lain supaya tergoda untuk menggunakan produk atau merek tersebut.


Susah nggak sih copywriting itu? Menjadi copywriter bisa susah bisa juga mudah. Bergantung lagi pada pengetahuan seorang copywriter pada produk atau merek yang dia iklankan. Tetapi paling penting adalah bagaimana kita mencintai copywriting itu sendiri. Jika kita mencintai apa yang kita kerjakan, mau sesusah apa pun pastinya kita akan melakukannya sebaik mungkin. Semaksimal yang kita mampu. Sebab bagi saya sendiri, saya lebih suka bekerja di bidang yang saya suka dibandingkan harus menyukai apa yang saya kerjakan. Itu sebabnya saya tidak akan masuk ke dunia kerja yang tidak saya sukai.


Saat kamu memutuskan untuk menjadi copywriter dan menuliskan sebuah iklan, pastikan di dalam dirimu dulu betapa kamu mencintai pekerjaan itu. Sebab copywriting bisa menjadi hal yang menyenangkan saat kamu menyukainya dan sebaliknya ketika kita tak memiliki rasa kecintaan pada hal tersebut pastinya akan menyulitkan saat dikerjakan.

Sebab ketika kamu telah menjadi seorang copywriter kamu harus siap membuat ulasan yang bisa menarik orang lain untuk menggunakannya dan harus siap pula dengan segala kritikan dari atasan. Paling penting lagi, siap memperbaiki kembali tulisan yang sudah dibuat apabila memang tidak memuaskan buat orang yang bekerja sama denganmu sebagai atasan.

Sudah siap untuk copywriting?




@honeylizious

Followers