7 Januari 2015

Chromiumnya Sedang 'Ngambek'



Sebagai pengguna Linux yang tak begitu memahami banyak hal di dalamnya selain hanya sebagai pengguna biasa, cukup buat nulis dan nonton film atau dengar musik biasanya. Walaupun sekarang lebih banyak hanya menggunakan PC ini buat nulis karena sudah ada DVD player untuk nonton dan android buat mutar musik, saya harus sedikit berkerut keningnya. Gara-garanya si Chromium ngambek. Setiap saya googling aplikasinya akan langsung menutup sendiri. Entah apa penyebabnya. Tapi kalo digunakan untuk membuka halaman yang sudah saya bookmark di tab-nya tak ada masalah. Jadi mau tak mau saya googling menggunakan Firefox.

Saat saya menuliskan ini sih saya akhirnya mengupdate Ubuntu yang saya gunakan ini. Sebelumnya saya biarkan aja update-nya. Semoga saja setelah update nanti semuanya kembali ke normal. Jadi kepikiran buat ganti OS Linux yang lain walaupun harus saya akui Ubuntu selalu menjadi yang paling mudah bagi saya. Kubuntu sempat sih saya gunakan beberapa bulan dan tampilannya memang jauh lebih indah dan jernih. Alah bisa karena biasa kalinya. Apalagi di Ubuntu ini mirip dengan android yang ada Play Store-nya. Jadi tidak selalu butuh terminal dan kode-kode aneh untuk install aplikasi.

Tinggal cari aja aplikasi yang dibutuhkan dan tombol installnya ada di sana. Persis dengan Play Store di android. Ada aplikasi yang berbayar ada pula yang gratisan. Tanpa perlu membajak.

Sebenarnya kalo disuruh milih antara Chromium dan Firefox memang di Ubuntu ini rasanya lebih nyaman menggunakan Chromium. Entah perasaan saya aja atau memang demikian adanya. Saya juga tidak sampai menganalisa banyak hal tentang itu. Sekarang ya sementara saya gunakan dua-duanya deh. Satu buat googling satu buat ngeblog.


Ternyata sudah lama juga sejak saya pertama kali menggunakan Ubuntu hingga hari ini. Belum ada rencana upgrade ke Ubuntu yang terbaru sih. Ini masih menggunakan yang ke-12. Saya sih memang tidak muluk-muluk banget orangnya. Selama bisa digunakan tanpa perlu membajak ya saya gunakan yang ada saja.

Apabila ada di antara kawan-kawan yang mengalami masalah yang sama tidak ada salahnya untuk berbagi informasi mengenai Chromium yang ngambek seperti ini. Apakah hanya Chromium atau Chrome juga mengalami masalah yang sama. Lebih baik lagi kalo punya jalan keluarnya. Sementara sih saya menunggu update Ubuntunya kelar. Semoga saja berhasil nih mengatasi ngambeknya Chromium. 

@honeylizious

Followers