30 Desember 2015

6 Cara Jaga Kesehatan Balita

A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on


Apabila fisik prima serta memiliki daya tahan tubuh yang maksimal akan membuat penyakit enggan menghampiri balita dan perkembangan balita juga menjadi lebih optimal. Supaya anak tak mudah sakit caranya mudah sebenarnya. Mau tahu 6 langkah menjaga kesehatan balita Anda?

  1. Jangan mengabaikan makan
    Balita idealnya mendapatkan asupan zat gizi yang seimbang supaya memiliki daya tahan tubuh yang cukup ketika menghadapi penyakit. Ini bisa didapatkan jika makanan yang dikonsumsi mengandung, zat tenaga yaitu karbohidrat dan lemak, zat pembangun yaitu protein, dan juga zat pengatur yaitu vitamin dan mineral. Komposisinya sebaiknya 50%-70% karbohidrat, 20-30% lemak, dan 10%-15% protein. Memang banyak balita yang suka pilih-pilih makanan. Tapi itu bisa disiasati kok. Kita bisa memasukkan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya dimakanan favoritnya. Misalnya balita Anda cuma suka dengan mie. Kita bisa memasukkan sayuran, daging ayam, timun dan makanan lainnya ke dalam mie yang dia suka. Makanan tersebut bisa dibentuk menarik menyerupai wajah manusia. Selalu buat balita seolah-olah sedang mengonsumsi makanan favoritnya.

  1. Minum
    Disamping makanan, jangan melupakan cairan yang dibutuhkan balita. Sumber cairan yang penting bisa dari susu atau buah-buahan dan jug air putih. Pilihan susu disesuaikan dengan usia balita. Lalu untuk menghindari balita keburu kenyang sebelum makan, berikan susu setelah dia makan. Sebagai selingan bisa diberikan air putih juga setelah makan. Begitu juga dengan jus. Dapat diberikan sebagai snack pada pagi dan sore.
  2. Bersih
    Kebersihan harus dijaga supaya fisik balita tetap prima. Sebab fisik yang kuat bukan hanya datang dari makanan tetapi dari lingkungan balita yang bersih. Berikan contoh yang baik pada balita misalnya mandi dua kali sehari. Balita juga dibiasakan untuk menyabuni seluruh tubuhnya. Termasuk lipatan tubuh yang tersembunyi. Habis mandi langsung keringkan tubuhnya. Ajari balita untuk menggosok gigi. Berikan pasta gigi jika balita Anda sudah bisa berkumur. Supaya dia mau menyikat gigi, ajaklah dia untuk menyikat gigi bersama sebab dia akan meniru tingkah orang tuanya. Selain itu ajari balita untuk mencuci tangan dengan sabun tiap akan makan, habis makan, habis main di luar dan habis buang air. Biasakan balita Anda untuk mencuci kakinya tiap akan naik ke tempat tidur, habis main, dan habis bepergian.
  3. Ayo bergerak!
    Jangan pusing melihat balita yang aktif sekali bergerak. Paling penting pengawasan orang tua supaya tidak terjadi hal yang membahayakan pada balita Anda. Sebaiknya anak bergerak minimal 1 jam setiap hari. Namun jangan sampai lebih dari 2 jam sehari. Balita yang aktif akan mendapatkan aliran darahnya menjadi lancar, daya tahan tubuhnya juga lebih baik, mengurangi risko obesitas, metabolisme jadi lebih baik.
  4. Istirahat
    Jika balita punya gangguan tidur, dikhawatirkan proses pengeluaran hormon ditubuhnya menjadi terganggu. Hal ini bisa membuat timbulnya gangguan pertumbuhan. Misalnya gangguan pembentukan sistem kekebalan tubuh, proses belajar dan juga daya ingatnya. Biaakan balita tidur siang sekitar 1-2 jam sehari. Misalnya tidur setelah jam makan siang. Total balita membutuhkan 12-14 jam waktu tidur dalam sehari.
  5. Imunisasi ulangan
    Ingat sudah waktunya untuk melengkapi imunisasi balita ketika dia ulang tahun pertama. Imunisasi yang dibutuhkan seperti imunisasi influenza, campak, gondongan, rubella dan cacar air. Saat balita berusia 15-18 bulan, wajib imunisasi polio dan DPT. Lalu ada imunisasi yang dianjurkan yaitu Hib dan Pneumokokus (PVC). Saat usianya 2 tahun balita bisa diberikan imunisasi Thyphus dan Hepatitis A. tujuannya agar kekebalan tubuh balita terbentuk sejak dini.
 

28 Desember 2015

Mewaspadai Penyakit yang Sering Timbul di Musim Hujan


Musim hujan sudah tiba. Cuaca yang mulai dingin mungkin membuat Anda jadi kurang bersemangat ketika beraktivitas. Namun, tubuh harus senantiasa bugar di musim hujan supaya produktivitas Anda tetap terjaga.

Demi menjaga kebugaran tubuh, Anda harus menjalani pola hidup sehat dan segera berkonsultasi dengan dokter ketika mengalami gejala gangguan kesehatan. Tanya jawab kesehatan atau konsultasi dengan ahli kesehatan akan membantu Anda menjaga kualitas kesehatan supaya terhindar dari penyakit di musim hujan. Ada beberapa penyakit yang sering timbul di musim hujan sehingga membuat Anda harus ekstra waspada. Apa sajakah jenis penyakit tersebut?

Demam Berdarah
Nyamuk semakin aktif berkeliaran di musim hujan, terutama jika ada genangan air yang bisa menjadi tempat bertelur. Lebih bahaya lagi bila Anda digigit nyamuk Aedes aegypti pembawa demam berdarah. Sebab, penyakit demam berdarah yang tidak ditangani secara intensif bisa menimbulkan risiko kesehatan yang membahayakan jiwa. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan semua tempat yang tergenang air serta menutup tempat penampungan air dengan rapat. Gunakan krim kulit anti nyamuk untuk meminimalkan gigitan nyamuk pembawa virus demam berdarah.

Leptospirosis
Penyakit yang satu ini disebabkan oleh air kencing tikus yang mengandung bakteri Leptospira sp. Selain terdapat di air kencing tikus, bakteri tersebut juga mudah berkembangbiak di lingkungan yang kotor dan lembap. Gejala penyakit leptospirosis menyerupai gejala flu, yaitu sakit kepala, batuk, nyeri betis, dan sakit tenggorokan. Jika penyakit sudah semakin parah, penderitanya bahkan bisa mengalami perdarahan dan komplikasi sakit pada organ paru-paru ginjal, dan hati.

Diare
Mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang higienis bisa menyebabkan diare. Biasanya, kasus diare meningkat di musim hujan karena udara yang lembap membuat bakteri lebih mudah berkembang biak. Penderita diare harus ditangani sesegera mungkin supaya tidak kehilangan banyak cairan tubuh dan tetap memperoleh asupan energi.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
ISPA bisa disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari infeksi virus hingga bakteri. Gejala penyakit ini menyerupai penyakit sesak napas biasa dengan ciri-ciri nafas yang terasa berat, rasa sakit di dada serta demam dan batuk. Cara mencegah ISPA sebenarnya sangat mudah, yaitu tidak berada di lingkungan yang udaranya lembap dan tidak melakukan kontak langsung dengan orang yang terjangkit ISPA.
Ketika tubuh Anda mulai terasa kurang fit di musim hujan, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Pastikan tubuh Anda selalu sehat dan bersemangat di segala kondisi, termasuk saat musim hujan tiba.



 

27 Desember 2015

Kapan Raza Latihan Buang Air Duduk?



Sebagai seorang ibu yang baru punya anak, anak laki-laki pertama, banyak hal yang ingin sekali saya lakukan atau capai dengan cepat. Misalnya saya kepengen sekali Raza sudah bisa diajak berbicara walaupun saya tahu betul sekarang dia masih belum bisa diajak berkomunikasi secara langsung. Akan menyenangkan sekali kayaknya suatu hari nanti dia mulai berkata-kata banyak hal. Tentang apa yang dia inginkan dan tidak dia inginkan.

Apa yang akan dia ceritakan nanti ya?

Karena suami saya orangnya nggak banyak cerita, saya lebih berharap untuk saling berbagi cerita dengan anak saya. Terutama ingin mendengarkan dia bercerita tentang banyak hal. Tentang pandangannya pada dunia ini. Tapi dari banyak hal itu saya juga sedang memikirkan mengenai latihan buang airnya. Wadah buang air bayi penting sekali lho. Apalagi saya sudah terbiasa melihat anak kecil yang bisa jalan buang airnya di pispot. Di kampung saya pispot sangat banyak digunakan oleh orang tua untuk melatih balitanya buang air dengan benar.

Kita sebagai orang tua tentunya nggak pengen balita kita masih menggunakan popok ketika dia berusia di atas setahun. Nggak tahu sih orang lain, kalau saya sukanya balita nggak pake popok lagi. Raza juga sebenarnya jarang pake popok. Paling malam hari saat tidur aja supaya dia nggak terbangun tengah malam karena basah kuyup oleh urinenya atau lebih parah lagi buang air besar saat tidur. Itu bakalan bikin tidur terganggu dan pagi harinya saya akan ngantuk berat kalau harus menghadapi tangisannya di malam hari yang sekarang sudah jarang sih. Palingan kalau dia nggak kuat lagi menggunakan popok yang sudah ada 'isi'-nya, dia akan menarik-narik rambut saya sampai saya bangun.

Punya anak terdengar melelahkan? Tenang aja! Banyak banget bagian menyenangkannya. Terutama melihatnya bertumbuh setiap harinya. Akan banyak sekali hal baru yang menyenangkan. Misalnya melihat bagaimana dia memandang wajah kita. Apalagi melihat dia tertawa gembira tanpa tahu apa yang akan dia hadapi di dunia ini. Kalau bisa sih pengennya dia kecil terus. Jangan terlalu cepat membesar dan mengenali kerasnya dunia ini.

Menjadi ibu mengubah banyak hal di dalam kehidupan saya. Terutama soal kesabaran. Rasanya saya menjadi orang yang sangat sabar dengan yang harus saya hadapi setiap harinya. Saya juga menjadi lebih kuat karena adanya Raza. Rasanya saya bisa menghadapi apa pun yang ada di dunia ini asalkan untuknya. Untuk Raza.
 

Rindu Kampung Halamanku, Jawai

Jawai, orang sering salah mendengarnya sebagai Jawa. Nggak heran sih soalnya Jawai bukan tempat terkenal seperti Hawaii. Tapi meskipun demikian, di sanalah saya dilahirkan dan dibesarkan. Sampai akhirnya saya mendewasa di Pontianak. Sepuluh tahun sudah saya berada di Kota Khatulistiwa ini. Eh iya sebagai catatan, di sini nggak sepanas yang dibayangkan banyak orang kok. Malah masih panas NTT kata adik saya yang sempat tinggal di sana selama setahun.

Rindu sekali saya ingin pulang. Makan makanan yang biasanya saya makan di sana. Saya juga rindu sekali dengan masakan Uwan saya. Padahal dulu saya bisa makan masakannya setiap hari. Nggak pernah terpikir bahwa setelah dewasa saya tak bisa makan masakannya setiap hari. Rindu sekali...

Bertahun-tahun berlalu, sebenarnya tak banyak yang berubah dari Jawai. Jalannya tak begitu mulus dan tak begitu lebar. Tapi dibandingkan waktu saya masih kecil, sudah lumayan. Sekarang angkutan umum jarang lewat. Nggak kayak dulu, angkutan umum selalu sesak oleh penumpang. Sekarang orang lebih suka kredit sepeda motor dibanding naik oto. Sejenis oplet.

Dulu saya selalu ingin menjadi orang besar. Besar maksudnya dewasa. Bisa melalukan semua yang saya mau tanpa perlu tanya orang tua. Sekarang saya malah rindu masa kecil saya. Ketika Aki masih ada di dunia ini. Uwan masih cukup kuat untuk memarahi saya dan mengejar saya yang nggak mau pulang dan mandi.

Entah kapan saya punya kesempatan untuk kembali dan mengenang masa-masa saya masih diri saya yang dulu. Menemui orang-orang yang mengenal saya sejak kecil. Mereka sudah menua bersama Jawai, di sana. Saya titipkan rindu saya untuk Jawai.

Melihatnya Tidur Sedemikian Damai...

Setelah menjadi ibu, banyak sekali hal sederhana yang terasa sangat menyenangkan. Satu diantaranya adalah melihat anak saya tidur dengan damainya. Seakan-akan seisi dunia ini adalah miliknya. Tak ada yang dia khawatirkan. Melihat tidur sangat menenangkan. Semua penat dan lelah berakhir begitu saja.

Saya pikir saya rela mengorbankan segalanya untuk membahagiakan anak saya. Tidak hanya Raza, tapi juga anak berikutnya yang akan hadir dalam kehidupan kami. Anak-anak yang tertidur sangat damai. Melepaskan lelahnya di tempat tidur tanpa perasaan khawatir.

Itu sebabnya saya tidak takut sejak awal untuk menikah dengan lebih mengedepankan komitmen dibandingkan cinta. Cinta bisa datang dengan sendirinya. Menikah saja dengan laki-laki yang baik. Kita akan bisa belajar mencintai laki-laki yang setiap hari kita lihat. Setiap malam menemani kita tidur.

Carilah laki-laki yang sabar dalam segala hal terutama menghadapi kekurangan kita. Sebab cinta bukan modal utama untuk membangun rumah tangga. Cinta bisa berkurang seiring berjalannya waktu. Apalagi setelah kehadiran anak bagi seorang ibu. Cinta pada anaknya akan mengalahkan semua cinta yang ada di dunia ini.

Tidur Raza yang damai, mengobati segala luka yang saya rasa saat melahirkannya. Segala sakit selama 24 jam kontraksi itu tak ada apa-apanya untuk melihat dia tidur dengan nyenyak dan damainya. Dia yang tercinta.

Saya dapat membayangkan perasaan ibu saya dulu. Saat mendapati anaknya tidur dengan nyenyaknya. Pulas dengan mimpi indah di dalamnya. Semakin saya mencintai Raza, semakin dalam pula rasanya rasa salah pada ibu saya dulu. Mengapa saya tidak menjadi anak yang baik untuknya sejak awal?

26 Desember 2015

Menanam Cabai Organik?



Harga cabai turun naik? Mendingan nanem sih kalau memang buat kebutuhan rumah tangga. Tinggal siapkan saja pupuk organik yang dibutuhkan. Seberapa banyak sih cabai yang akan kita habiskan setiap harinya buat bikin sambel atau oseng-oseng kangkung favorit? Saya suka banget cabai terutama cabai rawit dan cabai peranggi alias cabai labu. Apakah saya harus menjelaskan lebih banyak mengenai cabai peranggi? Di Pontianak orang akan menyebutnya sebagai cabai labu.

Pumpkin chili! Namanya yang paling cocok dalam bahasa Inggris. Sebab mirip sekali bentuknya dengan labu kuning yang biasanya dipake buat Halloween. Tapi ukurannya tentu saja bakalan lebih kecil. Sebesar jempol kaki gitulah ukuran cabai peranggi. Cabai peranggi itu sebutannya di kampung saya, di Jawai dan juga termasuk Sambas dan sekitarnya. Cabai ini termasuk cabai yang sangat pedas. Waktu kecil saya suka takut mau makan sesuatu yang ada cabai perangginya.

Uwan saya senang sekali menggunakan cabai peranggi di cencalok yang dia tumis. Memang bakalan nendang banget pedasnya. Di Pontianak sih jarang saya liat orang menggunakan cabai ini. Di pasar juga kayaknya nggak ngetrend. Nggak kayak di kampung saya. Selalu ada warung yang menjual cabai peranggi curai. Dalam satu bungkus kecil ada 3-4 cabai peranggi yang dijual 2.000 rupiah. Nggak tahu sih sekarang harganya berapa. Tapi saya suka sekali cabai peranggi. Sekarang sudah agak bisa menghadapinya. Jadi nggak terlalu takut memasak menggunakan cabai yang satu itu.

Di rumah mertua saya ada beberapa pot yang diisi dengan tanaman cabai. Bukan cabai peranggi sih tapi cabai rawit. Cabai yang paling banyak digunakan orang untuk memasak dan bikin sambal. Kecuali di rumah makan padang. Mereka menggunakan cabai hijau untuk bikin sambalnya. Entah kapan mertua saya menanam cabai tersebut. Sekarang sudah banyak sekali buahnya. Beberapa hari buah yang tadinya hijau berubah menjadi merah dan siap dipanen.

Lumayan buat dijual di warungnya yang berhadapan dengan rumah kost. Biasanya anak kost memasak sendiri makanan mereka. Mereka butuh cabai buat masak. Dan tentu saja nggak butuh banyak karena mereka masak untuk dirinya sendiri. Jadi sekarang mertua nggak terlalu terpengaruh dengan harga cabai rawit yang ada di pasaran. Semenjak cabai yang dia tanam berbuah cukup banyak. Bisa buat dijual dan konsumsi sendiri.

Saya sendiri biasanya menggunakan cabai rawit untuk bikin sambal kecap. Suami saya suka sekali makan ikan goreng, ikan yang dia konsumsi jenisnya nggak banyak, paling favorit ikan nila, nah cocolan buat ikan itu dari cabai rawit dan kecap manis. Sederhana aja menunya tapi dia suka sekali makan ikan dengan cara seperti itu.

Teman-teman sendiri suka cabai juga? 

25 Desember 2015

Butuh Bumper Ring Case?


Selama ini setiap beli handphone yang saya pikirkan pertama adalah pelindungnya yang banyak disebut sebagai kondom hape. Iya sih memang fungsinya buat melindungi makanya disebut sebagai kondom. Walaupun kesannya agak gimana gitu ya karena saat denger kata kondom yang terpikirkan di kepala kita agak negatif gitu. Tapi beberapa waktu terakhir ini yang banyak digunakan selain kondom hape juga bumper ring case. Macem-macem banget tuh model dan warnanya.

Kalau kondom hape sekarang sih lebih banyak disebut sebagai case ya. Beda dengan awal-awal keluarnya pelindung handphone. Hahahaha... jadul banget kalau menyebutnya kondom.

Balik lagi ke bumper ring case, saya belum pernah beli sih. Tapi suka aja ngeliat bumper ring case yang lucu-lucu. Terutama banyak dibuat untuk iPhone. Ada juga sih bumper ring yang nggak ada casenya, dan bisa digunakan untuk semua smartphone. Asal masih bisa melar sesuai ukuran smartphone tersebut. Fungsinya kalau yang cuma bumper ring sih saya kurang paham ya palingan ngelindungin bagian pinggir smartphone. Beda dengan bumper ring case yang sekalian ada kondomnya. Jadi banyak banget yang bisa dilindungi.

Siapa sih pencipta bumper ring case itu? Ketika kita googling yang keluar kebanyakan yang jual bumper ring case atau bumper ring doang. Nggak ada yang ngebahas asal muasal bumper ring ini. Padahal penting banget menurut saya untuk tahu sejarah suatu benda. Akan menyenangkan saat tahu ide dibalik penciptaan benda-benda yang ada di dunia ini.

Sayang sih nggak ada yang menuliskan tentang hal tersebut. Kalaupun ada yang nulis soal sejarah penciptaan bumper ring case bakalan kalah saya penjual bumper itu sendiri. Mereka bakalan lebih menang di mesin pencari. Di wikipedia juga nggak nemu sih soal bumper ring ini. Apa karena bumper ring nggak begitu membanggakan buat dijadikan sebuah catatan penemuan ya? Kurang tahulah ya. Padahal kan lumayan kalau ada yang mendaftarkan hak ciptanya. Banyak banget yang bikin soalnya.

Entahlah...

Smartphone saya sendiri sih masih menggunakan kondom. Pelindung yang bening dan lembut. Mirip dengan kondom. Sebab saya pengennya smartphone saya nggak calar-calar bagian belakang dan pinggirnya. Biasanya harga jual bakalan turun kalau smartphone yang kita gunakan banyak calarnya. Padahal nggak niat jual smartphone yang saya gunakan sih. Hehehehe... tapi tetap suka aja melindunginya.

Bagaimana dengan teman-teman sendiri? 

24 Desember 2015

Jangan Pelit Bawang Goreng


Memiliki usaha di bidang kuliner? Terutama yang berkuah? Ada baiknya memikirkan kembali seberapa banyak taburan yang ingin diberikan di atas makanan berkuah yang kita jual. Sebab sebagai pembeli makanan yang memiliki kuah seperti bakso, soto, atau mie tiaw rebus, saya suka sekali banyak taburan bawang gorengnya. Kalau memang ada daun bawangnya juga saya bakalan suka ditambah agak banyakan dibandingkan biasanya.

Bawang goreng sangat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap masakan yang memiliki kuah. Bahkan untuk makanan yang nggak ada kuahnya kayak gado-gado, saya suka juga tetap ada bawang gorengnya di sana. Tapi memang bawang goreng paling diperlukan di atas makanan yang berkuah terutama makanan yang kuahnya panas banget. Aduh bakalan enak banget kalau kuah itu banyak taburan bawangnya.

Dari banyak makanan berkuah yang paling saya suka karena taburan bawangnya banyak adalah mie tiaw rebus di Mie Tiaw Apollo. Mereka nggak pelit ngasih taburan bawang goreng. Belum lagi kalau kita minta ekstra bawang goreng juga bakalan dikasih lho. Bakalan menyenangkan banget buat orang yang suka sekali dengan bawang goreng di dalam makanannya.

Eh iya ngomong-ngomong soal bawang goreng yang dikasih banyakan sama Mie Tiaw Apollo, saya mau ngucapin terima kasih banyak buat kalender tahun 2016-nya dari mereka. Padahal belinya sebungkus doang dan dibawa pulang. Habisnya porsi mereka gede banget semangkoknya. Saya kesulitan menghabiskannya sekarang. Entah mengapa kemampuan makan saya dalam 1 porsi agak menurun dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Terutama sebelum hamil dan melahirkan. Barangkali selama hamil lambung saya tertekan sedemikian lama sampai akhirnya terbiasa menerima porsi kecil makanan.

Jadi intinya kalau teman-teman buka usaha kuliner yang ada kuahnya. Sebaiknya mikir dulu soal porsi bawang goreng yang ditaburkan di atas makanan tersebut. Soalnya kalau terlalu sedikit malah kurang enak lho. Kurang sedep gitu. Balik lagi ke selera sih. Ada juga orang yang memang nggak suka dengan bawang goreng, nggak semua orang kayak saya yang fanatik banget jika menyangkut bawang goreng.

Waktu kecil bahkan saya nggak hanya suka bawang goreng, dicemilin gitu, bawang bakar juga suka. Pas hangat-hangat makannya, wih enak banget. Apalagi ada harum dari arang tempurung kelapanya. Rindu masa-masa kecil dulu yang banyak banget kenduri yang bisa dihadiri bersama Uwan. Beda dengan sekarang, kalau datang ke pernikahan orang nggak bakalan ada deh makan pada hari kecil dan hari besar. Hehehehe...
 

23 Desember 2015

Diskusi di Forum Ibu Hamil?

A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on

Diskusi ibu hamil memang sangat dibutuhkan. Apalagi untuk ibu yang baru hamil untuk pertama kalinya. Jika memang tak ada yang bisa diajak diskusi secara langsung, tinggal beselancar di internet untuk menemukan forum diskusi ibu hamil. Banyak sekali lho yang bisa ditemukan. Ada juga forum tanya jawab yang bisa dijadikan acuan untuk pertanyaan yang paling sering diajukan oleh seorang ibu yang baru hamil. Harus banyak-banyak membaca supaya banyak tahu.

Hamil pertama kali pastinya membuat kita selalu bertanya-tanya tentang banyak hal. Kemudian jika bertanya pada orang yang sudah banyak pengalaman seperti ibu atau ibu mertua kadang tidak memuaskan. Sebab pengalaman mereka belum tentu benar. Banyak sekali kadang pengalaman yang dilakukan adalah sesuatu yang salah. Misalnya soal mitos-mitos yang mereka percayai.

Itu sebabnya yang harus dilakukan seorang ibu hamil adalah saling berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan ibu hamil lainnya supaya tidak terjadi kesalahan selama hamil. Khawatirnya apa yang dilakukan malah membahayakan ibu dan janin yang sedang dikandung. Pendaftaran di forum diskusi ibu hamil juga mudah. Tinggal daftar menggunakan sosial media atau nomor hape sudah bisa langsung berinteraksi dengan ibu-ibu lainnya yang mungkin punya kegelisahan yang sama.

Belum lagi mempersiapkan diri setelah melahirkan. Sebab kadang banyak hal sudah kita baca tetapi pada praktiknya malah tak ada satu ilmu pun yang bisa kita gunakan dari yang sudah kita rekam di kepala kita selama ini. Mendengar celotehan ibu hamil yang lain, entah itu sekadar mengeluh, bertanya, atau curhat-curhatan di forum bisa menguatkan kita yang sedang hamil lho. Bahwa kita tidak sendirian menderitanya. Banyak ibu hamil di luar sana yang juga mendukung kita secara nggak langsung.

Forum ibu hamil juga bisa jadi ajang berbagi informasi rumah sakit atau dokter mana yang sebaiknya kita tuju. Semakin banyak yang memberikan informasi positif mengenai seorang dokter tentunya akan membuat kita lebih percaya. Saya sendiri keliling sih mendatangi dokter kandungan. Ada empat atau lima dokter kandungan yang saya datangi selama hamil pertama. Bukan karena tak percaya dengan dokter yang pertama. Tapi kita butuh opini kedua, ketiga, bahkan kelima bukan?

Hingga akhirnya tiba saat melahirkan saya sudah tahu dokter mana yang saya inginkan menjadi dokter yang menangani saya dan bayi. Semua ibu pastinya ingin bisa melahirkan secara normal dan jika kita nyaman dengan dokter yang melayani kita selama menuju detik-detik melahirkan, insyaAllah bakalan kuat buat persalinan normal. Alhamdulillah saya bisa bersalin secara normal. Semoga untuk anak berikutnya juga tetap normal.

Oiya selain berdiskusi dengan ibu hamil secara online di forum, datang ke puskesmas lebih sering supaya bisa ngobrol banyak dengan bidan. Bidan juga banyak pengalamannya mengenai kehamilan dan kelahiran. Biasanya mereka akan punya tips-tips yang belum tentu bisa kita dapatkan secara online di forum diskusi ibu hamil.

Minta dukungan juga dari suami. Suami juga perlu tuh mampir ke forum diskusi ibu hamil supaya dapat banyak pengetahuan juga mengenai kehamilan. Setidaknya nanti bisa unjuk gigi saat dibutuhkan bantuannya untuk menangani ibu hamil atau ibu yang sedang menuju persalinan. Pastinya setiap perempuan ingin didampingi suaminya saat melahirkan anak yang dia kandung.

Bagaimana? Sudah punya akun di forum diskusi ibu hamil mana aja nih gengs?

 

22 Desember 2015

Huawei W1, Smartwatch Berdesain Elegan Buat Anda yang Stylish!



Belakangan smartwatch jadi gadget hits ya! Rata-rata merek-merek ponsel besar pasti ngeluarin produk jam tangan pintar ini.
Samsung watch

Sony smartwatch

Apple watch

Keren semua yaaaa, tapi menurut saya, rata-rata secara desain, bentuk mereka sporty dan kaku ya. Jadinya kalau mau bergaya elegan, kok agak kurang matching ya. Terlalu ‘main-main’ gitu lho, rasanya.

Coba bandingin sama smartwatch dari Huawei ini deh.


HuaweiWatch

Klasik banget ya, bener-bener desainnya tak lekang oleh waktu. Bisa dipakai kapan saja dan tetap keren. Ini didukung oleh bentuknya yang perfect circle seperti desain arloji buatan Swiss. Kalo rata-rata smartwatch merek lain keliatan seperti jam tangan digital, ini malah seperti jam tangan manual.

Yang bikin smartwatch ini timeless juga adalah pilihan casing dan tali jamnya yang tersedia sesuai karakter dan gaya kita. Pilihan material tali jamnya pun fine leather dan stainless steel! Buat saya ini nggak sekedar jam tangan pintar tapi jam tangan pintar yang stylish!

Yang masih cari ide hadiah natal buat orang istimewa, kayaknya ini bisa jadi pilihan yang tepat ya! Coba google Huawei Watch buat informasi lengkap tentang produk ini.








Gizi dan Nutrisi yang Dibutuhkan Balita

A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on




Gizi balita harus benar-benar diperhatikan karena amat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya yang harus optimal. Nutrisi pada balita tentunya berbeda dengan yang dibutuhkan orang dewasa oleh karena itu menu yang diberikan pada mereka harus memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Apalagi saat anak memasuki usia pra sekolah sangat berisiko terkena yang namanya malnutrisi atau kekurangan nutrisi. Pertumbuhan anak sangat cepat diusia balita dan membutuhkan gizi yang lebih banyak. Lalu jika mereka mengalami penurunan nafsu makan dan ketahanan tubuhnya masih sangat rentan sehingga mudah terinfeksi dibandingkan anak dengan usia yang lebih tua.

Gizi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.
  1. Karbohidrat
    Fungsi karbohidrat sebagai penghasil energi dan bisa menunjang aktivitas anak yang aktif bergerak. Biasanya dibutuhkan 1300 kkal dalam sehari.
  2. Protein
    Fungsi protein untuk membangun dan juga memperbaiki sel tubuh serta menghasilkan energi. Balita membutuhkan protein sebanyak 35 gram dalam sehari.
  3. Mineral dan vitamin
    Mineral dan vitamin yang dibutuhkan adalah iodium, zinc, kalsium, asam folat, zat besi, vitamin A, B, C, D, E, dan K. Peranan mineral dan vitamin adalah untuk perkembangan motorik, kecerdasan, dan pertumbuhan anak serta menjaga mereka supaya tetap sehat. Pertumbuhan tubuh anak kadang melambat itu sebabnya anak butuh nutrisi tambahan untuk perkembangan otaknya.

Saat akan memberikan nutrisi pada anak harus benar yang dapat diartikan sebagai berikut.
  1. Kombinasi Gizi
    Kombinasi gizinya harus tepat. Jadi kebutuhan protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin, dan kebutuhan cairan tubuh anak harus tepat porsinya. Sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh anak berdasarkan pada Angka Kecukupan Gizi harian anak.
  2. Tahap Perkembangan Anak
    Asupan gizi yang dikonsumsi harus sesuai dengan kebutuhan kalori anak berdasarkan berat badan dan usia anak.

Berikut adalah pola makan untuk balita.

Saat bayi Anda berkembang menjadi balita, integrasi mereka harus sepenuhnya ke makanan keluarga. Walaupun sementara waktu mereka masih membutuhkan bantuan ketika akan memotong makanan untuk menjadikannya lebih kecil. Sebagai orang tua yang harus diperhatikan adalah membuat makanan keluarga yang cocok untuk anak balita. Hindari bumbu dengan rasa yang terlalu tajam dan gunakan sedikit gula dan garam di dalam masakan.

Lalu susu juga masih memiliki peranan yang sangat penting di dalam pola makan anak, walaupun mereka kebutuhan akan susunya mengalami pengurangan sekitar 200-600 ml susu atau hanya 2-3 porsi susu dalam sehari.

Jangan lupa untuk memberikan makanan yang sehat, bervariasi dan seimbang bagi balita Anda. Setidaknya anak harus mengonsumsi empar porsi jenis karbohidrat dalam sehari. Susu 2-3 porsi setiap hari. Makanan daging 1-2 porsi. Anak juga butuh 5 porsi buah dan sayuran setiap harinya.

Untuk memungkinkan balita beraktivitas setiap hari dan tetap tumbuh dan berkembang, balita masih membutuhkan energi sebagai kalori. Tubuh bisa mendapatkan asupan energi dari makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat serta protein. Anak usia balita butuh kalori yang cukup banyak karena aktifnya pergerakan mereka. Setidaknya dibutuhkan 1500 kalori setiap hari. Balita bisa mendapatkannya dari makanan yang mengandung protein, gula, dan juga lemak.

Untuk pertumbuhan dan pemeliharaan serta perbaikan jaringan tubuh dibutuhkan protein. Serta untuk menghasilkan enzim pencernaan dan juga zat kekebalan yang kerjanya untuk melindungi tubuh balita Anda. Anak-anak membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan orang dewasa. Sumber protein yang baik bagi balita adalah dari ikan, daging, telur, susu dan juga kacang-kacangan.
 

19 Desember 2015

Sakti Wahyu Trenggono Telkom, ICT-Preneur Sukses Generasi Bangsa


Apakah anda tidak asing dengan istilah ICT dan BTS? Jika anda bergerak di bidang informasi dan telekomunikasi, anda pasti akrab dengan istilah-istilah tersebut. Bagaiman dengan kata entrepreneur? Semua orang pasti tahu apa artinya. Nah. Setelah itu apa yang ada di benak anda jika mendengar nama Sakti Wahyu Trenggono Telkom? Jika digabungkan, semua istilah-istilah dia atan tersambung menjadi sebuah kalimat utuh yang fenomenal karena menyangkut tokoh pebisnis yang sukses dan berpengaruh dalam kehidupan masyarakat terutama di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi.
Sakti Wahyu Trenggono adalah salah satu tokoh dalam dunia bisnis yang bergerak dalam bidang ICT atau Information and Communication Technology atau sering disebut ICT-preneur. Apa yang membuatnya mendapatkan julukan tersebut? Pada tahun 1999, beliau mendirikan PT Solusindo Kreasi Pratama atau SKP dan berjuang bersama Abdul Satar dan Abdul Erwin dalam memasarkan BTS (base transciever station) untuk disewakan kepada perusahaan operator di seluruh Indonesia. Sakti Wahyu Trenggono Telkom berperan sebagai Presiden Direktur karena memengang saham 80%, kemudian dua koleganya yaitu Ahmad Satar berperan sebagai Direktur Pembangunan karena memegang saham sebesar 15%, dan Ahmad Ewin berperan sebagai Direktur Keuangan dan Administrasi di PT tersebut.
Siapa sangka, semua usaha mereka selama ini membuahkan hasil yang sangat berlimpah. Modal awal yang sebesar Rp 250 juta rupiah itu sekarang sudah kembali berkali-kali lipat. Pandai mencari peluang dan memanfaatkan ilmu dalam bidangnya terbukti dapat membuat seseorang merambah dunia kesuksesan. Tidak ada usaha yang sia-sia. Generasi muda Indonesia seharusnya dapat memetik pelajaran dari perjalanan karier Sakti Wahyu Trenggono Telkom. Buah manis dari perjuangannya menjadi pebisnis tidak datang secara instan. Ada kegagalan juga di masa lalu, hanya saja beliau tidak pernah menyerah dan yakin pada diri sendiri.
Ingatlah para pemuda Indonesia, bahwa kesuksesan tidak akan mendatangi anda, anda lah yang harus mendatangi mereka. Oleh karena itu, jika anda mengalami kegagalan dalam karier anda, bukan berarti anda tidak akan menjadi orang yang gagal selamanya. Di kesempatan kedua anda, anda dapat menjadi orang sukses seperti tokoh pebisnis di atas.

17 Desember 2015

PGN Anti Korupsi - Penambahan Pelanggan Rumah Tangga PGN



PGN Anti KorupsiPGN atau Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang gas alam untuk kebutuhan industri saat ini ingin memberikan rasa terima kasih untuk para pelanggannya khususnya para pelanggan rumah tangga. Hal ini dikarenakan pelangggan rumah tangga memiliki peran yang sangat besar dalam pengkontribusian perusahaannya saat ini, sehingga PGN akan terus melakukan developing untuk terus menggali potensi yang dapat dihasilkan dari industry terkait. Perusahaan yang memiliki direktur Hendi Prio Santoso ini menyatakan bahwa rumah tangga adalah pelanggan PGN yang terbesar saat ini. Maka dari itu PGN ingin memberikan yang terbaik untuk pelanggan yang melakukan kontribusi besar tersebut.


Dalam upaya penambahan pelanggan melalaui sektor rumah tangga, pihak PGN melakukan berbagai macam cara, termasuk mengembangkan sendiri jalur gas untuk jaringan rumah tangga masyarakat. Nantinya, jaringan ini akan di distribusikan melalui kota-kota besar di kabupaten di seluruh wilayah di Indonesia dan dapat digunakan langsung melalui pipa pipa terkait sehingga masyarakat tidak harus membeli tabung gas kiloan lagi. Saat ini, sudah dilakukan pendistribusian lebih dari 100 ribu jaringan gas bumi yang nantinya dapat dipakai oleh masyarakat untuk kepentingan pribadi maupun umum. Selain membangun jaringan sendiri yang terhubung dengan pipa pipa PGN, pihaknya juga melakukan terobosan dengan metode clustering CNG.

Metode ini memungkinkan gas gas PGN langsung terhubung dengan wilayah wilayah baru yang belum terhubung dengan jaringan gas bangunannya. CGN juga dapat disalurkan dan diangkut dengan moda transpirtasi darat yang memungkinkan pelanggan untuk tetap tersubsidi sehingga wilayah pelosok tidak akan kehabisan gas ketika kelangkaan gas datang. Metode ini sudah diterapkan di wilayah Semarang, Jawa Tengah. Cluster PGN yang disalurkan di Semarang, di dapat melalui wilayah Tambak Aji dan diangkut melalui truk truk dari Jawa Timur. Saat ini, sebanyak 4 ribu sambungan jaringan telah dibangun di Semarang untuk kepentingan metode ini. Selain Semarang piihaknya juga berupaya untuk membangun jaringan di kota kota besar di selurh provinsi di Indonesia. 

 

16 Desember 2015

Menu Sarapan Pagi Terfavorit


A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on


Bukan tipikal orang yang terlalu memilih-milih makanan sih sebenarnya. Tapi memang ada menu favorit saya yang bisa saya makan setiap hari buat sarapan. Walaupun sekarang saya sarapannya beda tiap hari. Namun menu yang satu ini bisa jadi pilihan terakhir yang tak akan saya tolak kalau di tawarin. Kayak pagi ini, sebenarnya saya ingin makan bubur saya seperti yang sudah-sudah. Soalnya di dekat rumah sini ada bubur yang lumayan saya suka. Padahal niat awalnya bukan beli bubur lho.

Tadinya saya kepengen makan Apam Pulau Pinang yang dijual di Jalan Gajahmada. Sudah terkenal kelezatannya. Namun ternyata sebelum jam 9 mereka sudah kehabisan adonan dan langsung tutup deh. Emang sih biasanya jam 8 juga mereka sudah menjual habis kue mereka. Tahu Apam Pulau Pinang kan? Ada juga yang menyebutnya Kue Terang Bulan. Alias martabak manis kalau di Pontianak menyebutnya. Cuma saya beberapa kali lewat sudah lewat jam 8 mereka masih buka dan adonannya masih cukup banyak. Makanya saya pikir hari ini juga bakalan ada. Saya sudah membayangkan kacang dan srikaya di balik lipatan apam tersebut. Eh ternyata sudah habis lho.

Tawaran berikutnya adalah bubur. Okelah, saya nggak milih-milih banget sih soal makanan. Paling penting makanan tersebut bernutrisi. Makanan sehat yang bisa membuat saya bersemangat seharian. Eh ternyata buburnya juga habis. Ujung-ujungnya yang saya makan adalah lontong sayur. Saya suka sih lontong sayur. Favorit malahan. Tetapi bukan yang dijual di Pontianak. Saya suka lontong sayur asli Sambas yang ada tambahan mie kuning alias mie sanggul di dalam kuahnya. Belum lagi udangnya yang enak banget karena dimasak dengan kuah santan.

Saya rindu sekali dengan lontong sayur yang dijual di pasar tak jauh dari rumah Umak saya. Seandainya bisa pulang kampung dan makan lontong buatan Ibu Ibud setiap hari. Bakalan seneng banget deh. Apalagi sekarang di situ juga ada jual sate. Ibu Ibud memang pintar masak. Saya suka semua dagangannya di warung itu. Bahkan dulu saya setiap hari makan di situ. Sekarang? Sebulan sekali aja susah karena saya memang jarang pulang kampung. Apalagi sekarang sudah menikah. Semakin tak memungkinkan untuk pulang kampung dan sarapan di warungnya yang lebih dekat dengan pasar ikan sekarang.

Dibandingkan itu semua saya juga rindu sekali dengan nasi goreng buatan Uwan saya yang paling fenomenal itu. Nasi goreng kampung dengan ikan teri gorengnya. Pake sedikit terasi. Rindu sekali... rindu... 

Waspada, Janin Tak Berkembang!

A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on




Perkembangan janin adalah sangat penting untuk diperhatikan. Sebab tumbuh kembang janin dan kesehatannya adalah yang paling penting selama kehamilan. Perkembangan janin dari awal kehamilan sampai mendekati melahirkan penting sekali untuk diperiksa secara teratur. Semuanya untuk menghindari berbagai risiko yang membahayakan janin dan juga ibu hamil. Apalagi sampai terjadi denyut jantung yang hilang atau janin yang tak mengalami perkembangan.

Apa sih sebenarnya janin tak berkembang itu?

Contoh kasus janin tak berkembang adalah ketika dilakukan kontrol ke dokter kandungan saat usia kehamilan 5 minggu masih ada kantung kehamilan. Namun ketika usia kehamilan 10 minggu dan dilakukan pengecekan kembali ternyata janin tak megalami perkembangan atau tak ada pertumbuhan yang sesuai dengan kehamilan normal. Janin tak berkembang bisa dideteksi pada saat awal kehamilan sebelum usia kehamilan 3 bulan.

Bagaimana cara mendeteksi janin tak berkembang?

Saat melakukan pemeriksaan menggunakan alat USG janin tak berkembang akan bisa dideteksi. Jadi sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk memeriksa kandungannya menggunakan alat USG terutama pada trimester kehamilan pertama. Supaya risiko janin tak berkembang dapat dihindari. Pada beberapa kasus ada juga janin tak berkembang diusia 4 atau 5 bulan kehamilan.

Apa saja jenis janin tak berkembang?

Ada dua jenis janin tak berkembang yang dapat dideteksi. Pertama janin yang tak tampak. Janin tak berkembang sering dikaitkan dengan blighted ovum atau kantong kosong. Yaitu tidak nampaknya janin sehingga yang terlihat seperti rahim yang kosong. Janin tak berkembang dapat digambarkan sebagai gambaran hitam yang berisi cairan tetapi tidak ada bayangan sama sekali dari calon janin.

Kedua ada bayangan calon janin. Ini ada gambaran berupa sosok pipih dan kecil di bagian dalam rahim. Dikenal dengan tidak berkembang apabila diameter dan panjang janin ternyata tak sesuai dengan usia kehamilan. Sehingga saat usia kehamilan mengalami pertambahan tetapi perkembangan janin tak sesuai dengan usianya maka disebut sebagai janin yang tak berkembang.

Yuk mengenali penyebab bayi yang tak mengalami perkembangan. Penting sekali bagi ibu hamil untuk mengenali terjadinya janin yang tak berkembang sehingga ibu hamil dapat waspada dan menurunkan risikonya.

Berikut penyebab janin yang tak berkembang.

  1. Genetik
    Faktor genetik bisa menjadi sumber utama janin yang tak berkembang. Walaupun bukan faktor keturuan yang ada hubungan dengan riwayat keluarga. Melainkan faktor sperma atau sel telur yang kurang baik sehingga perkembangan janin tidak prima. Ini dapat mengarah pada blighted ovum atau kehamilan kosong yang terjadi berulang kali. Jadi penting sekali untuk memberikan perhatian lebih pada kualitas dan kuantitas sperma dan juga sel telur. Penyebab kualitas dan kuantitasnya bisa disebabkan bermacam hal dan tak ada yang pasti mengenai hal tersebut apakah dari infeksi atau pengaruh hal yang lain. Gangguan dapat terjadi semenjak kelahiran sehingga sangat sulit untuk dicegah.
  2. Infeksi Torch
    Janin tak berkembang dapat juga disebabkan karena infeksi oleh mikroorganisme seperti Rubella, Cito Megalo Virus (CMV) atau Toksoplasma bahkan bisa disebabkan oleh herpes yang menyerang sistem imun di dalam tubuh manusia. Jadi sangat penting bagi pasangan yang merencanakan kehamilan untuk sering melakukan pemeriksaan agar kondisi calon ibu menjadi baik. Apabila infeksi terjadi pada masa kehamilan maka lakukanlah terapi selama hamil.
  3. Pembekuan
    Janin tak berkembang juga bisa disebabkan oleh pembekuan atau penyumbatan pembuluh darah sehingga perkembangannya berhenti. Penyebabnya bergantung pada sistem imun dalam tubuh ibu hamil. Bisa saja dikehamilan pertama terjadi pembekuan tetapi dikehamilan anak berikutnya tidak. Pembekuan ini akan membuat janin tidak mendapat suplai makanan, oksigen, dan juga minuman. Saat ditemukan adanya pembekuan harus segera diberikan terapi dengan obat yang memberikan anti pembukaan darah untuk menormalkan perkembangan janin.
 

15 Desember 2015

Alila Resto & Cafe, Tempatnya Wisata Kuliner di Pontianak



A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on
 Entah kapan terakhir kalinya saya mengenal yang namanya malam Mingguan. Susah sih memang menyempatkan waktu untuk jalan-jalan bertiga. Maklum si Raza masih kecil banget dan kadang jadwal tidurnya sangat awal membuat kami tak bisa keluar rumah dan mengajaknya jalan buat liat-liat Kota Pontianak. Lebih khawatirnya sih dia rewel di tempat yang kami singgahi. Apalagi kalau yang disinggahi tempat makan. Bakalan batal deh makan-makannya kalau dia rewel.
A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on


Eh tapi ternyata dia seneng banget waktu dibawa ke Alila Resto & Cafe. Soalnya jarang-jarang sih ada tempat nongkrong enak yang menyediakan live music. Raza nonton sampai pertunjukkan musiknya berhenti sebentar karena penyanyinya kayaknya butuh istirahat setelah sekitar sejam nyanyi tanpa henti. Suara penyanyinya juga oke banget waktu itu.

Selain tempatnya asyik, musiknya juga enak didengar, makanannya di sini lumayan menyelerakan. Banyak sekali pilihan makanan yang disediakan dengan harga yang terjangkau. Terus buat yang suka nongkrong rame-rame jangan takut kursi atau mejanya nggak muat, karena ada beberapa meja yang muat sampai belasan orang kok. Kayak meja yang saya duduki kemarin bersama teman-teman saya. Kami sekitar 11 orang kalau nggak salah ya. Semuanya bisa duduk dan makan dengan nyaman.

A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on

A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on

A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on

A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on
Saya pikir kapan-kapan kalau mau nongkrong cantik bersama suami dan anak mendingan memang di Alila ini. Nggak jauh dari rumah, ada suguhan live music, makanan enak, dan tempatnya yang super nyaman. Oiya paling penting lagi pelayanannya oke lho.

 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design