7 November 2014

Kuman Penyebab Masalah Kesehatan




Kuman yang berada pada tubuh manusia dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu dibutuhkan penggunaan sabun yang dapat memberikan perlindungan anti kuman sehingga tubuh dapat terhindar dari infeksi-infeksi yang disebabkan oleh kuman.
Beberapa jenis kuman yang dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi manusia antara lain:
  1. Propionibacterium. Dikenal sebagai mikroorganisme yang paling banyak ditemukan pada kulit manusia. Propionibacteria hidup di sekitar kelenjar keringat, kelenjar remak dan area lain di kulit manusia. Walaupun tidak menimbulkanmasalah bagi sebagian orang, namun bagi sebagian lain Propionibacteria merupakan penyebab timbulnya jerawat di kulit manusia
  2. Staphylococcus aureus. Bakteri ini cukup sering menimbulkan infeksi pada kulit manusia. Beberapa masalah kesehatan yang diakibatkan oleh bakteri Staphylococcus aureus ini antara lain:
  •  Folliculitis. Merupakan infeksi atau peradangan pada folikel rambut. Dapat muncul pada bagian manapun di permukaan kulit kecuali telapak tangan dan telapak kaki yang tidak memiliki jaringan folikel rambut.
  • Bisul (Furunculosis). Merupakan infeksi bakteri pada kulit yang lokasinya terletak jauh di dalem kulit dan dapat terjadi dibagian manapun di kulit selama memiliki jaringan folikel rambut. Biasanya muncul berupa satu benjolanberwarna merah.
  • Impetigo. Penyakit infeksi bakteri ini paling banyak muncul pada anak-anak. Impetigo muncul berupa pustula, yaitu lepuhan-lepuhan kecil berisi nanah yang dapat timbul tertular orang lain yang terkena impetigo atau bisul, ataubisa juga muncul dikulit secara tiba-tiba.
  • Ketombe. Ketombe merupakan pengelupasan kulit kepala yang normal terjadi pada manusia. Namun menggaruk kulit kepala yang berketombe secara berlebihan dapat meningkatkan resiko infeksi oleh bakteri S.aureus sehinggaketombe bertambah parah.

3. Salmonella typhi. Penyebab utama demam typhoid atau tipus. Terjadi apabila mengonsumsi makanan yang terpapar bakteri S. typhi atau tangan yang terpapar bakteri tersebut namun langsung mengonsumsi makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.


Rentannya tubuh manusia terhadap infeksi kuman menyebabkan pentingnya menggunakan produk perlindungan anti kuman untuk mencegah masalah-masalah kesehatan tersebut. Hal yang bisa dilakukan antara lain menggunakan sabun cuci tangan anti kuman sebelum mengonsumsi makanan dan mandi menggunakan sabun perlindungananti kuman sehingga dapat mencegah kuman berkembangbiak pada tubuh manusia.



Tips Praktis Merawat Kamera DSLR



Kamera DSLR tidak bisa disamakan dalam hal perawatannya jika kita bandingkan dengan kamera saku. Banyak orang yang cenderung berhati-hati saat membawa kamera mahal seperi DSLR namun sebenarnya yang perlu ditekankan disini adalah banyaknya komponen yang ada dalam perangkat tersebut sehingga jika tidak dirawat dengan baik akan mengakibatkan malfungsi yang menghambat kegiatan pengambilan foto.

Kamera jenis DSLR membutuhkan perawatan khusus sehingga kita bisa memperpanjang masa pakainya. Jika ada komponen yang mengalami kerusakan maka kita tidak bisa memaksimalkan fungsi kamera tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips seputar perawatan kamera tersebut:

  • Untuk menghidari kondisi lembab yang memicu jamur, taruhlah silica gel pada tas penyimpanan kamera,
  • Bersihkan sela-sela tombol dengan cotton bud dan kuas lembut,
  • Bersihkan lensa dengan cleaning kit khusus.

Kotoran yang menempel pada lensa akan mempengaruhi kualitas gambar yang anda tangkap. Sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam membersihkan bagian ini sehingga tidak terjadi goresan. Untuk mempermudah proses pembersihkan, anda disarankan untuk menggunakan cleaning kit khusus lensa kamera DSLR yang dijual di toko-toko kamera. Simpan kamera anda di tempat yang bersih dan kering. Untuk menghindari kelembaban, anda dapat memanfaatkan silica gel. Saat membawa kamera sebaiknya anda juga memakai tas khusus dengan kompartemen yang pas untuk komponen-komponen kamera sehingga tidak saling tumpang tindih dan jangan menaruh beban berat di atas kamera. 
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design