19 Agustus 2014

Ini Perpanjangan Whatsapp-nya Legal?


Ini pertanyaan yang paling sering diajukan oleh orang yang ingin memperpanjang whatsappnya dengan saya. Apakah memang perpanjangan yang saya layani itu legal? Pembayaran masa aktif akun di Whatsapp atau perpanjangan Whatsapp yang saya lakukan insha Allah legal. Sebab perpanjangannya menggunakan akun paypal yang diverifikasi secara legal pula. Beberapa tahun yang lalu saya membuat akun paypal dan verifikasinya diterima menggunakan buku tabungan dan KTP. Alhamdulillah tak sesulit sekarang yang katanya tak bisa lagi verifikasi pake manual gitu.

Saldo yang ada di dalam paypal saya juga didapatkan secara legal, tidak melanggar hukum. Biasanya saya belinya sama teman yang punya kartu kredit dan paypal. Jadi dia mencairkan dana dari kartu kreditnya untuk mengisi saldo paypal saya.

Soal harga saya rasa tidak mahal untuk sebuah pembayaran yang sah. Sebab hingga hari ini saya masih menggunakan harga Rp20.000/1tahun, Rp50.000/3tahun, dan Rp75.000/5tahun untuk perpanjangan 1 akun. Pembayarannya juga fleksibel. Saya tak memaksa orang harus transfer ke rekening saya. Sebab saya yakin pengguna Whatsapp tak semuanya punya rekening bank, apalagi kalau yang menggunakan itu masih anak sekolah. Pembayaran juga bisa dengan transfer pulsa. Nilainya sama saja untuk pulsa.

Perpanjangan yang saya lakukan tidak menggunakan celah antar OS smartphone dan trik gratis perpanjangan Whatsapp lainnya. Tapi memang menggunakan pembayaran yang disahkan oleh Whatsapp. Sebab menurut saya Whatsapp layak mendapatkan bayaran dari hasil kerja keras mereka membuat aplikasi yang sangat membantu banyak orang untuk berkomunikasi. Di dalamnya juga tak ada iklan. Tentu saja kita lebih suka aplikasi yang bebas iklan bukan? Dibandingkan dengan aplikasi yang terlihat gratisan tapi sebenarnya in app purchase.

Semuanya adalah pilihan kita. Mau pake aplikasi apa untuk berkomunikasi. Selama itu memberikan kemudahan bagi kita. Kenapa enggak? Meskipun harus membayar sedikit rupiah untuk mendapatkannya. 

Selalu Ada Hikmah

Maaf yang kebetulan namanya Hikmah nggak ada kaitannya dengan tulisan ini. Saya cuma mau cerita kalo beberapa bulan lalu Lenovo saya rusak. Lenovo yang smartphone. Kalo netbooknya mah sudah diangkut adik perempuan saya. Takut makin parah rusaknya jadi nggak saya pake lagi itu netbook. Nah sekarang saya kan ganti dengan Samsung nih androidnya. Soalnya saya nggak bakalan bisa kerja kalo nggak pake android. Ternyata ya memang semua yang terjadi di dunia ini ada alasannya. Terutama dengan musibah yang kadang menurut kita sangat menyebalkan. Kayak kerusakan Lenovo yang akhirnya membuat saya menghabiskan pendapatan saya selama kurang dari sebulan untuk membeli Samsung yang baru.

Everything happened for a reason dan dengan Samsung yang baru ini alhamdulillah saya dapat lebih banyak job. Kameranya yang lebih bagus dari sebelumnya membuat saya bisa menjepret banyak objek dagangan dan menjualnya dengan mudah di instagram. Apalagi layarnya yang besar. Tidak menyulitkan saya mengedit blogspot dari browser mobile. Iya kemarin komputer yang biasanya saya gunakan setiap hari itu tak mau menyala karena power supplynya rusak. Sekarang sih sudah diganti. Tapi job saya nggak ada habisnya. Mau nggak mau posting tulisan menggunakan android.

Kelemahan blogger for android adalah sulit mengunggah gambar ke postingan. Padahal gambarnya cuma satu. Karena itulah saya upload gambarnya melalui browser android. Posting tulisan dulu di blogger for android baru pindah editing ke browser mobile. Ribet dikit tapi nggak apa-apalah demi pekerjaan.

Dulu, setiap ada musibah suka kesal. Suka tak bersyukur di dalam musibah tersebut padahal Allah selalu punya rahasia. Sekarang setiap dapat musibah suka mikir 'hikmahnya apa ya?'. Mungkin hikmahnya nggak bakalan langsung keliatan tapi percaya deh, apa pun yang terjadi dalam hidup kita adalah yang terbaik dan memang ada hikmahnya.
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design