31 Agustus 2014

Happy Birthday Cita aka Citatos!

Happy Birthday Cita aka Citatos!


29 Agustus 2014

Hindari Gagal Bisnis dengan Teknik SEO


http://partneriklan.com/


Mungkin impian anda saat ini adalah agar toko online yang sedang anda jalankan saat ini mendapat banyak pengunjung setiap harinya. Tentu saja bisa, asala anda memiliki strategi yang tepat. Salah satu yang terbaik adalah dengan SEO, Search Engine Optimization. Jika maih bingung dengan SEO dan cara kerjanya, anda bisa meminta jasa pihak ketiga untuk membantu mengelolanya. Cobalah mengunjungi situs Partner Iklan yang sudah banyak dipercaya untuk mengelola promosi-promosi online di internet.

Gagalnya suatu promosi bukanlah hal yang diharapkan, jadi dengan adanya SEO diharapkan promosi anda akan berhasil, ini dia alasannya:
  1. SEO akan membuat situs anda berada di daftar teratas pada daftar search engine.
  2. SEO memberi hasil maksimal bagi kata kunci yang didaftarkan untuk produk atau nama perusahaan anda.


Contohnya adalah jika anda memiliki bisnis kue cupcake dan memberi kata kunci “jual cupcake”, maka saat pengguna internet mengertik “jual cupcake” situs anda akan muncul di barisan atas dan siap untuk dikunjungi. Bisnis SEO juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan keuntungan di dunia biaya. Namun anda harus siap dengan ribuan pesaing yang juga menawarkan jasa pelayanan ini. Kembali lagi bagaimana cara anda memanfaatkan internet dan membuat pelanggan potensial anda dapat lebih tertarik untuk membuka situs anda daripada situs yang lain. Kuncinya adalah bagaimana anda dapat menciptakan situs yang unik dan kreatif sehingga orang merasa penasaran dan ingin mengunjungi situs tersebut.

Informasi selengkapnya http://partneriklan.com/.

Petunjuk Mengenali Jaket Kulit Asli

Sumber gambar http://www.belikulit.com/


Industri mode baik di belahan dunia barat maupun timur sering kali mengotak-kotakkan jenis pakaian sesuai musim yang sedang berjalan. Di Indonesia, hukum ini tidak selalu berlaku. Selain karena Indonesia hanya memiliki dua musim yang tidak terlalu berbeda jauh satu sama lain, masyarakat kita lebih fleksibel dalam hal fesyen. Jaket kulit merupakan salah satu jenis pakaian yang selalu trendi dan cocok untuk segala musim dan suasana. Sebagian orang, baik laki-laki maupun perempuan, berpandangan bahwa dalam lemari pakaian harus ada setidaknya satu jaket kulit, atau mirip kulit. Betul, tak sedikit orang terjebak membeli jaket yang tampak terbuat dari kulit tetapi sebenarnya bukan kulit asli. Mengetahui bagaimana mengenali keasliannya bermanfaat untuk menentukan cara merawat jaket kulit di kemudian hari.


Perhatikan Label Pakaian

Cara mudah adalah mengecek informasi yang tertera pada label yang menyertai jaket. Informasi ini seharusnya menyebutkan bahan pakaian beserta persentase masing-masing bahan. Di pasaran beredar sedikitnya empat jenis pakaian yang tampak seperti terbuat dari bahan kulit. Secara sekilas keempat jenis ini sulit dibedakan.

  • Kulit asli (real leather): Komposisi pakaian berbahan kulit asli harus 100% kulit. Meskipun jika pakaian tersebut memiliki lapisan dalam dari bahan lain, bahan luarnya harus murni kulit.
  • Kulit campur (bonded leather): Bahan ini tidak murni kulit walau mengandung kulit. Produsen mencampur parutan kulit asli—biasanya dari perca sisa bahan kulit asli—dengan bahan perekat dan mencetaknya sedemikian rupa sehingga menghasilkan material dengan permukaan menyerupai kulit asli. Warna pada bahan ini hanya diterapkan di permukaan tanpa meresap sampai ke dalam. Bahan ini sering dipakai pada sampul buku. Kulit campur berkualitas rendah mudah menampakkan pecah-pecah pada permukaannya hanya dalam waktu relatif singkat.
  • Kulit palsu (faux leather): Jangan terkecoh penampakan bahan ini. Meski terlihat seperti kulit, faux leather merupakan kulit buatan manusia dari bahan-bahan lain yang tidak terkait dengan kulit sama sekali. Jenis utama kulit sintetis ini adalah polyvinyl chloride (PVC) yang pada dasarnya adalah sejenis plastik.
  • Mirip kulit (leather look): Seperti namanya, bahan ini hanya mirip kulit namun sebenarnya merupakan kain biasa. Sebutannya di dunia manufaktur adalah polyurethane (PU). PU dibuat dengan cara melapisi kain biasa, semisal katun atau polyester, dengan materi tertentu dan memperlakukannya sehingga mendapatkan hasil yang tampak seperti kulit asli.

Lihat dan Rasakan

Informasi ini tentu tidak cukup akurat untuk menarik kesimpulan apakah jaket yang Anda taksir benar-benar terbuat dari kulit asli. Selanjutnya perhatikan lebih dekat dan rasakan teksturnya. Bahan kulit asli memiliki pori-pori atau tanda-tanda keriput yang tampak natural seperti pada kulit manusia meskipun tidak serupa. Ciri-ciri ini tidak terlihat pada bahan yang bukan kulit asli karena lapisan-lapisan hasil produksi pabrik tampak lebih mulus. Tanda-tanda lain bisa juga Anda kenali dengan memegangnya. Kulit asli terasa lebih lentur dan fleksibel serta gerakannya terasa lebih lemas dibandingkan dengan bahan lain yang cenderung kaku.

Setelah Anda yakin dengan bahan dan harga, jaket tersebut bisa segera menjadi milik Anda. Sebagaimana untuk kebanyakan jenis pakaian lain, sangat dianjurkan untuk mencuci jaket kulit sebelum pertama kali dikenakan. Perhatikan label perawatannya dan ikuti petunjuk yang banyak tersedia di internet mengenai cara merawat jaket kulit yang tepat untuk menghindari kerusakan sebelum Anda sempat memakainya. Cucian pertama membuang bahan-bahan kimia dan debu yang menumpuk selama pakaian berada di toko.
 

Tentang Segelas Kopi



Sudah lama sekali saya meninggalkan kebiasaan minum kopi saya di kampung dulu. Dulu waktu masih tinggal dengan Uwan (nenek) tiap pagi ada jatah kopi buat saya. Saya lupa sejak kelas berapa SD cairan putih yang encer itu berganti menjadi cairan hitam pekat yang juga encer. Memang sih tidak dibikinkan kopi seperti Aki yang pekat. Cuma ya itu, kopi itu kayak minuman wajib sejak saya kecil. Sampai kuliah saya masih minum kopi tiap hari. Satu dua gelas saat di rumah.

Di Sambas, perempuan minum kopi adalah hal yang sangat lumrah. Bahkan saya minum segelas kopi yang sudah mulai mendingin seperti orang menenggak air putih saat haus. Saya lupa kapan pertama kali memulainya, saya juga lupa kapan saya akhirnya berhenti menyediakan kopi buat diri sendiri. Satu hal yang jelas, saya tak lagi minum kopi beberapa tahun terakhir. Tidak minum setiap hari. Jadi kadang-kadang masih minum kopi.

Hari ini saya minum kopi sebelum memulai bekerja. Entah mengapa rasanya saya menjadi lebih konsentrasi dan lebih produktif setelah menghabiskan segelas kopi Manggarai yang dibawakan adik saya dari NTT.

Meskipun saya minum kopi saya tidak merokok. Saya hanya merasa agak aneh aja minum kopi di tempat umum di Pontianak ini. Banyak yang memandang saya dengan tatapan yang membingungkan. Ternyata beda dengan di Sambas yang rata-rata perempuannya minum kopi hitam pekat, di kota perempuan lebih identik dengan kopi dengan krimer dan sejenisnya jadi bukan kopi hitam yang tidak disaring itu.

Bukannya kopi itu baik ya buat kesehatan? Pernah dengar sih ada orang yang kayak ketergantungan gitu sama kopi. Tak bisa menjalani hari dengan baik kalau nggak minum kopi. Saya sendiri padahal dulu peminum kopi juga tapi nggak kecanduan juga sih. Bagaimana dengan kamu?

28 Agustus 2014

simPATI TVC #YourEveryDayDiscoveries: Berinternet yang Sehat, Share yang Bermanfaat

simPATI TVC #YourEveryDayDiscoveries: Berinternet yang Sehat, Share yang Bermanfaat



Saya rasa setiap orang harus mulai belajar untuk menggunakan akun sosial medianya dengan bijaksana. Semua memang ada prosesnya tapi jangan sampai proses yang harus kita lewati melalui hal-hal yang menyakitkan. Apalagi sampai dibully oleh netizen gara-gara kita membagikan sesuatu yang 'berbahaya' atau berpotensi menyulut emosi orang lain. Memang kita sendiri yang memiliki akun tersebut. Tapi ketika kita memutuskan untuk menuliskannya di sosial media dan dibaca banyak orang tentunya kita mengundang orang lain untuk membacanya.

Jika kita tak cukup siap mendapatkan reaksi dari dunia maya, pikir berkali-kali sebelum menuliskan sesuatu. Dulu saat saya pikir tak ada yang tahu siapa saya. Tak ada yang tahu blog gratisan yang saya buat, saya memang bersosial media dengan seenaknya. Mengeluarkan emosi sesuka hari dan tidak mengontrolnya dengan baik. Ternyata mengeluarkan emosi yang meluap-luap di sosial media bukanlah hal yang baik. Sebab sosial media itu sangat terbuka. Bahkan untuk ukuran path yang barangkali menurut kita terbatas jumlah temannya.

Kita tak akan pernah benar-benar tahu apa yang kita bagikan di sosial media akan sampai ke siapa saja. Makanya sekarang saya tidak spammer ngetwit kayak dulu lagi. Menulis di blog juga mulai di kontrol. Saat saya marah dan kesal saya lebih senang menutup semua sosial media dan makan atau nonton TV saja.

Coba tonton lagi iklan simPATI di postingan ini. Mengapa kita tidak berinternet dengan sehat dan membagikan sesuatu yang bermanfaat?

Perawatan Wajah Untuk Pria dengan Bahan Alami


Perawatan wajah untuk pria dengan cara yang alami patut dicoba bagi Anda para kaum pria yang mempunyai segelintir masalah dengan kulit wajah Anda yang kusam. Wajah cerah pada umumnya menjadi sebuah dambaan sebagian kaum lelaki, tidak hanya dambaan kaum wanita saja. Tetapi aktivitas pria yang cenderung lebih keras jika di banding dengan aktivitas wanita akan membuat kulit wajah pria menjadi lebih kusam di banding dengan kulit wajah wanita.

Mendapatkan wajah yang cerah bagi para pria saat ini merupakan suatu hal yang biasa. Seperti menggunakan Pondsmen, produk tersebut banyak di gunakan pria karena memang benar benar akan membuat wajah menjadi putih alami dan menghilangkan minyak, sehingga akan terbebas dari jerawat. 

Bahkan sekarang ada banyak pria yang mulai untuk melakukan berbagai macam perawatan kecatikan agar mendapatkan wajah yang cerah dan juga putih. Anda juga dapat menggunakan bahan bahan yang alami, tetapi akan lebih baik jika anda memadukan perawatan wajah untuk pria dengan menggunakan Pondsmen agar kulit wajah cepat putih dan bersih. Misalnya yaitu dengan menggunakan buah bengkoang. Buah tersebut memang sudah sangat terkenal dari dulu efektif sekali dalam mencerahkan wajah. Kemudian anda juga dapat dengan menggunakan kentang.

Manfaat dari kentang sendiri bagi kulit itu sangat efektif juga, tidak kalah dengan buah bengkoang. Kentang berfungsi untuk memutihkan wajah pria dengan alami, mengapa? karena kentang itu mengandung asam fosfat dan asam sitrat yang mampu meredam warna kemerahan yang timbul di wajah. Bagi para pria yang mempunyai masalah pada wajahnya yang sensitif, lakukanlah pengompresan wajah dengan menggunakan sari kentang, karena sari kentang tersebut dapat meredakan semua inflamasi inflamasi pada wajah. Masker kentang juga dapat dengan cepat untuk menghilangkan kantung mata. Bagi anda para pria yang mempunyai masalah pada kantung mata, maka gunakanlah kentang sebagai solusi yang tepat. Itu lah sedikit pembahasan tentang bagaimana cara perawatan wajah pria dengan cara yang tepat, cepat dan alami.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan


Sumber gambar http://www.lifebuoy.co.id


Banyak sekali jenis penyakit yang melanda kita kita badan kita tidak atau kurang fit, salah satu penyakit yang dapat melanda kita yaitu radang tenggorokan merupakan penyakit yang menyerang disertai batuk bahkan sampai sesak, ini adalah jenis penyakit yang dirasakan didaerah tenggorokan.

Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh beberapa hal diantaranya: oleh virus yang menyebabkan terjadinya radang yang menyerang tenggorokan panyakit ini disebabkan oleh virus biasanya akan berdampingan dengan flu, pusing- pusing, batuk berdahak, keluarnya lendir dari hidung, dan gatal –gatal didaerah tenggorokan. Radang juga bisa disebabkan oleh polusi udara, keringnya tenggorokan, udara kering dan lain- lain. Nah itu adalah sebab terjadinya sekarang kita akan membahas cara mengatasinya supaya anda bisa sehat kembali seperti semula. Ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan bila menderita radang tenggorokan.

  1. Anda bisa melakukan kumur-kumur dengan mennggunakan air garam, saat sakit tenggorokan melanda anda ambil setengah gelas air hangat dan setengah sedok garam, anda bisa langsung berkumur menggunakan air itu dan ini berfungsi untuk mengurangi lendir pada tenggorokan anda dan menghilangkan bakteri yang ada pada tenggorokan.
  2. Mandi dengan air hangat, ini bisa membantu anda untuk kesehatan badan dan menghilangkan rasa gatal yang melanda tenggorokan anda.
  3. Bisa juga dengan obat yang paling nikmat yaitu meminum teh hangat yang ditambah oleh madu, kandungan antioksidan dalam teh dan madu ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menangkal virus dan penyakit yang datang.


Itu adalah sedikit tips untuk meredakan radang tenggorokan, semoga bermanfaat :D

Mie Goreng Seafood Sedap

Sumber gambar: http://www.royco.co.id/

Kreasi mie goreng kini semakin kreatif saja. Bagi anda yang menyukai sajian dengan olahan seafood, menu masakan ini dapat menjadi salah satu menu favorit anda. Mie yang dianggap kurang menyehatkan bisa menjadi menu sehat dengan ditambahkan berbagai jenis makanan dari laut ini. tambahannya pun bisa beragam. Tergantung pada selera anda masing-masing. Dan tentunya bisa jadi sangat lezat.

Mi goreng dengan seafood ini bisa anda sajikan dengan mudah dan cepat. Bahan-bahannya pun bisa didapatkan baik di pasar tradisional maupun di toko swalayan langganan anda. Makanan khas laut ini selain enak juga mengandung gizi yang diperlukan oleh tubuh. Bahan seafood yang bisa anda gunakan antara lain:

  1. Cumi
  2. Kepiting
  3. Ikan
  4. Udang


Dengan bahan-bahan di atas, anda dapat mengubah sajian mie goreng anda yang biasa saja menjadi sajian yang luar biasa lezat. Dan jangan lupa untuk menambahkan royco ebi ketika sedang memasak mie ini. karena hanya dengan royco masakan anda bisa menjadi sempurna. Royco terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat menyehatkan dan mengandung zat-zat yang penting untuk pertumbuhan serta kesehatan keluarga anda. makanan dari laut ini biasanya mengandung vitamin dan juga mineral yang tidak bisa anda dapatkan dari makanan yang lain. Karena itulah mengapa mengonsumsi makanan laut sangat penting bagi anda meski dalam porsi yang kecil sekalipun.

Tips mencegah infeksi saluran kemih

Sumber gambar http://www.lifebuoy.co.id/

Penyebaran bakteri tidak hanya terjadi diluar tubuh namun juga dalam tubuh kita, bakteri yang ada dalam tubuh ada dua jenis, yaitu bakteri jahat dan bkteri baik. Bakteri jahat sangat merugikan pada beberapa bagian dalam tubuh seperti salauran kemih, dengan jenis bakteri ini bisa menyebabkan infeksi yang parah pada saluran kemih, meskipun begitu pencegahan infeksi pada saluran kemih bisa diatasi dengan kebiasaan yang taat pada ajuran dokter.

Khasiat air putih jangan dianggap remeh, karena dengan mencukupi tubuh dengan 8 gelas air per harinya akan menguras dan membersihkan semua oragan dalam tubuh hingga bakteri yang menempel terbawa air urine keluar, dengan ini kemunhkinan mendapat resiko infeksi kemih berkurang.

Jenis buah yang dipercaya baik untuk pencegahan infeksi sekaligus menyembuhkan infeksi pada kemih “cranberry”. Buah ini sangat baik dikonsumsi dengan di jus, rutin meminum jus buah ini setiap hari bisa menurunkan resiko terjadinya infeksi, tidak hanya jus, tersedia juga makanan suplemen yang terbuat dari buah cranberry.

Mandi, terkadang menyebabkan kita kedinginan, sehingga beberapa organ penting seperti organ intim lupa untuk dibersihkan, padahal dengan perawatan yang baik organ ini akan terhindari dari bakteri jahat yang membuat saluran kencing kena infeksi.

Penggunaan celana dalam baik untuk wanita atau pria, pilih celana dalam yang nyaman di pakai, tidak mengetat, mungkin dengan keketatannya bisa membuat iritasi pada bagian intim anda. 

27 Agustus 2014

Tiga Langkah Perawatan Wajah Bebas Kusam



Salah satu jenis perawatan wajah yang menjadi perhatian adalah bebas kusam. Wajah kusam adalah masalah wajah yang paling dihindari selain jerawat karena kusam dapat mengakibatkan tampilan terlihat lelah dan tak bersemangat serta tak enak dipandang. Akibat dari kusamnya wajah adalah radikal bebas yaitu polusi udara yang telah tercemar gas karbondioksida, karbon monoksida, dan lainnya dari limbah pabrik, gas buang kendaraan serta asap rokok dan debu. Selain itu paparan sinar UV matahari, depresi yang terlalu berat dan menyimpan banyak masalah juga berperan besar menimbulkan kusam pada wajah.

Ponds telah menjawab masalah wajah kusam dengan menghadirkan dua jenis produk yaitu Ponds Energy Charge Face Wash dan Ponds Energy Charge Moisturizer. Berikut ini tiga langkah merawat wajah bebas kusam :

  1. Setelah seharian berinteraksi dengan kegiatan luar, segarkan wajah dengan menggunakan Ponds Energy Charge face wash yang mengandung biji kopi dan ekstrak menthol.
  2. Biasakan untuk menggunakan krim untuk menghindari paparan sinar matahari langsung.
  3. Gunakan pula Ponds Energy Charge Moisturizer sebagai pelembab.


Ketiga langkah diatas merupakan perawatan wajah bebas kusam dengan menggunakan produk khusus dari ponds. Produk ini dapat meningkatkan energi kesegaran pada wajah sehingga terlihat tak lelah karena mengandung mentol yang dingin serta memudarkan kusam pada wajah karena mengandung ekstrak biji kopi yang secara tradisional sering digunakan sebagai masker wajah. 

25 Agustus 2014

Galaxi Express (Bagian 10)

Galaxy Express (Bagian 8)
Galaxy Express (Bagian 9)


Aku lelah. Lelah dengan semua keadaan ini. Mungkin sudah saatnya aku menyerah. Mengalah dengan keadaan dan meninggalkan semuanya. Aku juga tak punya apa-apa dalam kehidupan ini selain diriku sendiri. Diri yang tak berharga. Jauh berbeda dengan Sisca yang menjadi versi terbaik diriku. Menyebalkan ternyata punya saudara kembar yang nyaris sempurna. Di rel kereta Galaxy Express ini semuanya akan kubuat berakhir. Tak ada lagi air mata. Tak ada lagi derita. Tak ada lagi sakit hati. Tak ada lagi lelah dengan segala tuntutan di dalam hidup ini. Barangkali Tuhan lebih mengerti dibanding seisi dunia ini.

24 Agustus 2014

Asal Mula Nama Universitas Tanjungpura

Asal Mula Nama Universitas Tanjungpura

Saya pikir ya awal mulanya nama Universitas Tanjungpura itu karena di Kalimantan Barat ada kerajaan Tanjungpura. Saya kurang paham pelajaran sejarah sih. Tapi ibu mertua saya keren sekali soal menceritakan masa lampau yang dia tahu. Kalau punya waktu luang, saya rasa saya bisa mendengarkan dia bercerita berjam-jam. Tentang banyak hal.

Kebetulan kemarin yang disinggung masalah Universitas Tanjungpura. Ternyata awalnya universitas negeri terbesar itu terletak di Jalan Tanjungpura sebelum akhirnya pindah perempatan Jalan A. Yani. Kampusnya belum sebesar sekarang. Jadi gara-gara terletak di sana namanya jadi Universitas Tanjungpura dan disingkat Untan? Kata mertua saya yang umurnya sudah lebih dari 60tahun sih memang itu alasan nama universitas tersebut Universitas Tanjungpura.

Saya sendiri mungkin harus banyak-banyak baca buku sejarah Kalimantan Barat lagi. Sebenarnya menarik sih kisah-kisah masa lampau itu. Tapi sejarah jadi menyebalkan saat ulangan atau ujian. Pertanyaannya suka menyangkut ke tahun atau tanggal. Padahal lebih suka kalau disuruh menceritakan kembali. Dulu gurunya juga nggak pintar membuat sejarah itu semenarik dongeng sebelum tidur.
Jika teman-teman sendiri tahu tentang sejarah Kalimantan Barat terutama tentang nama Universitas Tanjungpura boleh share ke saya ya. Bisa mention di twitter. Supaya sejarahnya menjadi lebih jelas.
Finally She's Home

Finally She's Home

Akhirnya perjalanan panjang selama 1 tahun mengajar di NTT, adik saya kembali. Adik perempuan saya satu-satunya sekarang sudah ada di Kalimantan Barat. Sebelum saya menikah dia berangkat dan sekarang setelah kami menikah jalan 9 bulan dia pun pulang. Alhamdulillah. Tinggal 1 tahun lagi perjuangan menempuh Pendidikan Profesi Guru alias PPG, barulah dia akan menjalani kesehariannya sebagai guru yang sebenarnya.

Melihat dia tumbuh besar seperti sekarang rasanya sekejap saja. Saya masih ingat betul wajah masa kecilnya. Dia sangat cantik. Matanya indah. Kulitnya putih. Bulu matanya sangat lentik. Sekarang dia sudah dewasa dan menjalani takdir kehidupannya sesuai yang dia pilih.

Sejak awal dia memang ingin menjadi guru Ekonomi. Waktu tes masuk Universitas Tanjungpura pun dia hanya memilih jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Mata pelajaran yang paling tak saya pahami waktu di SMA selain IPA. Makanya saya memilih jurusan bahasa. Selain sukanya hanya pelajaran bahasa, saya kurang bisa IPA dan IPS.


Hebat deh adik saya ini. Saya yang tak bisa membayangkan harus bangun pagi-pagi setiap hari dan mengajar, dia sedang menuju ke sana. Benar-benar itu hang akan dia jalani. Salut deh sama pilihannya. Ingin mendidik anak-anak bangsa ini.

Welcome home, Desilva. Finally you are home.

22 Agustus 2014

Permainan Anak Bayi dapat Memacu Pertumbuhan Optimal bayi

Permainan Anak Bayi dapat Memacu Pertumbuhan Optimal bayi


 


Bagi seorang ibu pertumbuhan buah hatinya merupakan hal penting di tengan rutinitas yang padat, seorang ibu perlu mencari imformasi bagai mana supaya tumbuh kembang buah hatinya optimal, sebetulnya permainan bayi bisa di lakukan di sela sela waktu luang asal ibu pandai memangfaatkan waktu dengan baik, supaya lebih jelas silakan kaji permainan anak bayi.

Berbicara soal anak bayi kita harus mengetahui anak bayi atau bayi umur berapa, bayo umur 0-3 bulan baru mampu mengamati meliha dan mendengarkan,di usia 0-3 bulan sangat tergantung dari indra penglihatan dan pendengaran, kepala, leher , tangan dan kaki baru bisa bergerak secara terbatas.

Di usia 0-3 bulan bayi sangat mengandalkan penglihatan dan pendengaran. Bermain rattle merupakan mainan yang bisa memicu perkembangan karena permainan ini mengandalkan indra penglihatan dan pendengaran yang baik, karena itu permainan anak bayi sangat di butuhkan untuk perkembangan bayi

Bisa juga dengan permainan yang sangat sederhana bermain Cilukba, permainan ini sangat membatu pettubuhan pelihatan dan pendengaran bayi pula, adapun permainan yang bisa di berikan untuk anak bayi yaitu bermain bola, di usia 0-3 bula biasanya anak bayi suka main bola karet yang di masukan mulutnya, sebenarnya itu juga sangat baik untuk pertubuhan anak bayi, karena di usia ini masa oral, yang jelas sangat mendukung utuk tumbuh bayi.

21 Agustus 2014

Apakah Audit Energi Listrik Itu?

Apakah Audit Energi Listrik Itu?



Kegiatan mengevaluasi suatu kelompok, produk atau sistem yang dilakukan oleh para ahli di bidangnya yang berkompeten serta mengetahui liku - likunya ini biasa disebut sebagai kegiatan auditing. Auditing ini biasanya oleh perusahaan akan mengevaluasi biasanya mengenai evaluasi keuangan perusahaan. Namun jangan terlalu kurang pergaulan, sebab auditing ini tak sebatas pada keuangan saja sebab masih ada jenis lain dari audit itu sendiri seperti audit yang berfokus pada audit operasional suatu organisasi atau lembaga, audit kepatuhan terhadap suatu peraturan di suatu organisasi, lembaga atau instansi tertentu. Selanjutnya ada juga audit energi yang mana pasti akan ada evaluasi terhadap penggunaan energi, dan dari sinilah isi artikel ini akan disampaikan mengenai kegiatan evaluasi energi terutama energi listrik.

Bagi sebagian orang pasti kurang akrab akan kegiatan auditing sumber energi seperti listrik karena bagi sebagian besar orang audit itu untuk keuangan saja. Jangan salah, energi pun harus ada proses auditingnya. Lantas apa sebenarnya auditing di bidang energi? Auditing mengenai energi listrik utamanya adalah proses evaluasi atas pergerakan lalu lintas listrik suatu tempat dalam jangka waktu tertentu. Adapun yang akan diaudit nantinya berupa seberapa banyak energi listrik yang telah digunakan suatu tempat tersebut yang nantinya akan diaudit juga masalah keuangannya dalam penggunaan energi dengan besaran tertentu. Tentunya, proses auditing ini memerlukan banyak proses atau tahapan agar diperoleh kesimpulan dan data yang akurat yang bisa dipertanggungjawabkan nantinya.

Namun terdapat tujuan dilakukan auditing energi ini antara lain seperti perusahaan dapat menilai secara pasti melalui data-data tentang pengontrolan keluarnya energi listrik ini supaya nantinya tidak habis, juga dapat menilai kinerja suatu perusahaan apakah membaik atau memburuk. Makanya audit pada perusahaan yang bergerak di bidang energi dan sumber daya alam sangat diperlukan dan bersifat krusial. Demikian saja, semoga pembahasan singkat dari artiket yang memiliki topik utama terkait audit energi listrik ini bermanfaat dan membantu anda untuk mengetahui apa itu dan tujuan audit sumber energi itu sendiri.

20 Agustus 2014

Dinner at Transera Hotel

Dinner at Transera Hotel

Sebenarnya akan lebih mudah jika hanya menuliskan suasana tempatnya dan rasa makanannya. But, ini bukan tentang review tempatnya. Sebab saya akan lebih senang menuliskan hal tersebut besok. Saya hanya ingin mencatat betapa pentingnya malam ini. Sebab untuk pertama kalinya suami saya punya inisiatif untuk makan malam romantis. Cukup romantis dan menyenangkan makan di sana.

Awalnya hanya diajak pergi buat nganter orderan lempok dan makanan khas Pontianak lainnya. Soalnya sekarang yang lebih banyak mengantar pesanan ke ekspedisi memang suami saya. Sedangkan saya sendiri lebih suka terima order dan uang aja. Sisanya suami deh yang menyelesaikan. Saya tak diizinkan pake baju biasa yang nyaman. Diminta dandan. Sandal jepit juga nggak boleh. Padahal saya banget itu sandal.

Eh diam-diam dia membawa saya ke sini. Transera Hotel. Bukan buat nginap. Cuman makan malam romantis berdua. Kalo nggak mikirin usaha beliau ingin melewatkan makan malam yang romantis saya lebih memilih makan seafood sepuasnya di Abang Kepiting.

Senang sekali menemukan kenyataan bahwa dia masih punya sense of romance dan membawa saya ke tempat yang tak biasa. Walaupun saya akan tetap senang banget bisa bebas makan seafood di Abang Kepiting yang tak jauh dari Transera Hotel Pontianak tadi.

Besok saya bagi foto makanan dan review rasa makanannya ya! Selamat beristirahat.

19 Agustus 2014

 Ini Perpanjangan Whatsapp-nya Legal?

Ini Perpanjangan Whatsapp-nya Legal?


Ini pertanyaan yang paling sering diajukan oleh orang yang ingin memperpanjang whatsappnya dengan saya. Apakah memang perpanjangan yang saya layani itu legal? Pembayaran masa aktif akun di Whatsapp atau perpanjangan Whatsapp yang saya lakukan insha Allah legal. Sebab perpanjangannya menggunakan akun paypal yang diverifikasi secara legal pula. Beberapa tahun yang lalu saya membuat akun paypal dan verifikasinya diterima menggunakan buku tabungan dan KTP. Alhamdulillah tak sesulit sekarang yang katanya tak bisa lagi verifikasi pake manual gitu.

Saldo yang ada di dalam paypal saya juga didapatkan secara legal, tidak melanggar hukum. Biasanya saya belinya sama teman yang punya kartu kredit dan paypal. Jadi dia mencairkan dana dari kartu kreditnya untuk mengisi saldo paypal saya.

Soal harga saya rasa tidak mahal untuk sebuah pembayaran yang sah. Sebab hingga hari ini saya masih menggunakan harga Rp20.000/1tahun, Rp50.000/3tahun, dan Rp75.000/5tahun untuk perpanjangan 1 akun. Pembayarannya juga fleksibel. Saya tak memaksa orang harus transfer ke rekening saya. Sebab saya yakin pengguna Whatsapp tak semuanya punya rekening bank, apalagi kalau yang menggunakan itu masih anak sekolah. Pembayaran juga bisa dengan transfer pulsa. Nilainya sama saja untuk pulsa.

Perpanjangan yang saya lakukan tidak menggunakan celah antar OS smartphone dan trik gratis perpanjangan Whatsapp lainnya. Tapi memang menggunakan pembayaran yang disahkan oleh Whatsapp. Sebab menurut saya Whatsapp layak mendapatkan bayaran dari hasil kerja keras mereka membuat aplikasi yang sangat membantu banyak orang untuk berkomunikasi. Di dalamnya juga tak ada iklan. Tentu saja kita lebih suka aplikasi yang bebas iklan bukan? Dibandingkan dengan aplikasi yang terlihat gratisan tapi sebenarnya in app purchase.

Semuanya adalah pilihan kita. Mau pake aplikasi apa untuk berkomunikasi. Selama itu memberikan kemudahan bagi kita. Kenapa enggak? Meskipun harus membayar sedikit rupiah untuk mendapatkannya. 
Selalu Ada Hikmah

Selalu Ada Hikmah

Maaf yang kebetulan namanya Hikmah nggak ada kaitannya dengan tulisan ini. Saya cuma mau cerita kalo beberapa bulan lalu Lenovo saya rusak. Lenovo yang smartphone. Kalo netbooknya mah sudah diangkut adik perempuan saya. Takut makin parah rusaknya jadi nggak saya pake lagi itu netbook. Nah sekarang saya kan ganti dengan Samsung nih androidnya. Soalnya saya nggak bakalan bisa kerja kalo nggak pake android. Ternyata ya memang semua yang terjadi di dunia ini ada alasannya. Terutama dengan musibah yang kadang menurut kita sangat menyebalkan. Kayak kerusakan Lenovo yang akhirnya membuat saya menghabiskan pendapatan saya selama kurang dari sebulan untuk membeli Samsung yang baru.

Everything happened for a reason dan dengan Samsung yang baru ini alhamdulillah saya dapat lebih banyak job. Kameranya yang lebih bagus dari sebelumnya membuat saya bisa menjepret banyak objek dagangan dan menjualnya dengan mudah di instagram. Apalagi layarnya yang besar. Tidak menyulitkan saya mengedit blogspot dari browser mobile. Iya kemarin komputer yang biasanya saya gunakan setiap hari itu tak mau menyala karena power supplynya rusak. Sekarang sih sudah diganti. Tapi job saya nggak ada habisnya. Mau nggak mau posting tulisan menggunakan android.

Kelemahan blogger for android adalah sulit mengunggah gambar ke postingan. Padahal gambarnya cuma satu. Karena itulah saya upload gambarnya melalui browser android. Posting tulisan dulu di blogger for android baru pindah editing ke browser mobile. Ribet dikit tapi nggak apa-apalah demi pekerjaan.

Dulu, setiap ada musibah suka kesal. Suka tak bersyukur di dalam musibah tersebut padahal Allah selalu punya rahasia. Sekarang setiap dapat musibah suka mikir 'hikmahnya apa ya?'. Mungkin hikmahnya nggak bakalan langsung keliatan tapi percaya deh, apa pun yang terjadi dalam hidup kita adalah yang terbaik dan memang ada hikmahnya.

18 Agustus 2014

Kelebihan dari Soto Banjar!

Kelebihan dari Soto Banjar!


Soto Banjar merupakan salah satu hidangan khas yang memiliki kandungan gizi yang super lengkap. Sebab kandungan bahannya yang beraneka ragam, menjadikan hidangan satu ini kaya akan vitamin, sumber energi, dan protein. Selain itu seperti hidangan soto lainnya, soto satu ini juga memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Sangat cocok disantap saat masih hangat, apalagi saat cuaca sedang dingin hidangan ini mampu membantu menghangatkan tubuh anda.



Soto khas Banjar ini memang memiliki bahan yang cukup banyak, selain dari bumbunya yang diperkuat oleh rempah. Seperti kapulaga, kayu manis, lada, kemiri, dan rempah lainnya yang digunakan untuk perebusan kuah beningnya. Sehingga aroma dari soto ini sangat menggugah selera, ditambah bahan pelengkap yang menjadikan tampilannya memikat dan membuat air liur bisa menetes. Salah satu ciri khas bahan pelengkap soto ini ialah penggunaan perkedel, yang tidak ditemui di soto lainnya.


Untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga anda, tidak ada salahnya memilih memasak Soto Banjar ini. Dengan rasa yang sedap serta tampilan yang mampu menggugah selera, maka keluarga anda akan menyukainya. Untuk menjaga kualitas rasa, anda sebaiknya memilih bahan yang berkualitas terbaik terutama dari penggunaan daging ayam. Untuk kuah yang lebih gurih, anda sebaiknya menambahkan seledri utuh yang anda ikat, sehingga menambah aroma rempah agar lebih menyengat selera makan anda. 

Lulur Alami Persembahan dari Citra






Lulur alami kerap digunakan sebagai bahan untuk 
memutihkan kulit wajah dan bagian tubuh lainnya. Wanita memang lebih memperhatikan tubuh mereka salah satunya dengan memutihkan kulit tubuh mereka. Menggunakan lulur secara rutin dipercaya dapat membantu dan juga membuatnya lebih bersih dan halus. Ada banyak jenis lulur yang dapat kita jumpai di pasaran, ada yang lulur siap pakai, dan ada juga lulur yang harus diramu terlebih dahulu dengan bahan campuran lain.

Lulur pemutih badan alami juga menjadi salah satu alternative untuk memutihkan kulit kita. Berbagai bahan alami yang kaya akan zat tertentu yang dapat memutihkan kulit kerap diolah menjadi lulur agar pemakaiannya lebih simple dan juga lebih praktis. Beberapa bahan alami yang kerap dijadikan bahan lulur antara lain:


1. Pepaya

Buah ini dikenal sebagai bahan alami yang sering diolah menjadi lulur. Buah pepaya mengandung polifenol yang kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk mengatasi kulit kasar dan hitam karena terbakar.


2. Bengkoang

Tidak asing lagi jika bengkoang ini dijadikan sebagai lulur, karena bahan ini mengandung banyak zat yang terbukti dapat memutihkan kulit.


Salah satu produk lulur yang memanfaatkan bengkoang untuk bahan lulur adalah Citra. Baik dalam bentuk lulur maupun hand body lotion, Citra menyediakan produk berbahan bengkoang. Hal ini membuat kita lebih praktis dan tidak repot apabila ingin menggunakan bengkoang sebagai lulur untuk memutihkan kulit. Lulur alami dari Citra ini juga mudah diperoleh di toko atau supermarket.

Resep Cupcake Red Velvet Spesial


 
Maraknya tren kue berwarna merah atau red velvet membuat resep cupcake red velvet ikut eksis dan digandrungi banyak pecinta kuliner. Sama halnya dengan adonan kue red velvet, cupcake red velvet juga memiliki bahan-bahan dan teknik pembuatan yang serupa. Namun bedanya, cupcake tersebut disajikan dalam bentuk cup yang cocok dijadikan satu porsi untuk satu orang. Dan tidak lupa, agar menarik cupcake tersebut diberi frosting yang dapat mempermanis penampilan.

Berikut ini resep membuat cupcake special yang bisa anda coba di rumah.

·         Bahan-bahan:
Butter, telur, gula pasir, tepung terigu, baking powder, buttermilk, esens vanilla, pewarna makanan merah.
·         Cara membuat:
1.       Kocok butter, gula pasir dan telur hingga rata dan mengembang.
2.       Masukan terigu dan baking powder pada adonan sambil diaduk perlahan.
3.       Masukan buttermilk, vanilla dan pewarna makanan hingga rata dan warnanya merah menyala.
4.       Tuang adonan dalam loyang cupcake yang sudah dilapisi kertas khusus cupcake sampai ¾ bagiannya.
5.       Masukan dalam oven dan biarkan hingga matang merata.

Jika anda tidak menggunakan butter, anda bisa menggantinya dengan margarine Blue Band Cake And Cookie yang sifat dan aromanya mirip seperti butter. Dan untuk frosting, anda bisa menggunakan cream cheese yang sudah dikocok dengan butter, gula halus dan susu agar cupcake memiliki rasa yang makin nikmat. Itulah resep cupcake red velvet yang bisa anda coba di rumah untuk menu camilan di akhir pekan.

17 Agustus 2014

Obat Sambung Nyawa

Obat Sambung Nyawa

Jika saja ada obat sambung nyawa di dunia ini, entah berapa banyak orang yang memutuskan untuk membelinya. Tulisan ini lahir gara-gara ada dua orang yang meninggalkan dunia ini untuk selamanya dan saya mengenal keduanya. Satu anak tetangga yang sangat dekat dengan keluarga dan satu lagi blogger yang saya kenal di twitter.

Begitu cepat waktu yang diberikan untuk mereka. Acha saja usianya baru 5 tahun 4 bulan. Masuk SD aja belom. Walaupun saya tahu kematian itu sangat menyedihkan buat yang ditinggalkan tapi Acha insha Allah mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Usia 5 tahun kan belom tahu apa-apa ya. Masih suci tak berdosa. Hitungannya belum dimulai. Belum akil baligh. Apalagi menurut cerita di keluarga suami Acha ini sangat ramah dan baik sama semua orang.

Anaknya gendut dan lucu.

Lain lagi dengan teman blogger yang meninggal dini hari tadi. Blognya Ladidacafe, twitternya @ladidanation. Terakhir dia bilang dia untuk sementara akan jauh dari dunia blogging waktu saya tawarin job review. Dia memang beberapa kali saya kasih. Soalnya Page Rank blognya bagus. Ah tak tahunya itulah kata-kata terakhirnya buat saya. Padahal dia suka mention dulunya dan selalu saya balas.

Belum pernah bertemu dengannya. Dia juga tak menunjukkan kalau dia sakit parah. Meskipun kalau dicermati ada beberapa twitnya yang mengarah ke situ. Soal kemo dan terapis segala.

Tak terbayangkan kalau dua orang itu bisa dihidupkan kembali dengan obat sambung nyawa. Seandainya memang obat sambung nyawa ada, apa yang akan kita lakukan di dunia ini? Apakah tak ada rasa takut lagi pada kematian? Sebab bisa jadi kita dengan mudahnya menelan obat sambung nyawa itu untuk melanjutkan kehidupan kita.

Jangan-jangan kita malah jadi kurang menghargai apa yang kita punya sekarang dan hidup sesuka hati.

Selamat jalan Acha, selamat jalan Aghiel. Semoga perjalanan kehidupan abadi kalian menyenangkan di sana. :'(

15 Agustus 2014

Berdagang di Lapak Orang?

Berdagang di Lapak Orang?

Baru aja nyobain nulis dalam bahasa Inggris sekarang mau curhat dalam bahasa Indonesia aja ah...

Memiliki beberapa fanspage akhirnya membuka mata saya tentang satu hal. Lapak spam. Apakah teman-teman yang punya fanspage menyadari ini dan akhirnya memutuskan tak ada yang boleh posting kecuali admin?

Dari semua lapak spam itu, semuanya sama. Jualan baju. Grosiranlah.... apalah. Beberapa waktu lalu sampai-sampai saya harus menghubungi nomor pemilik toko online yang jualan di facebook tapi ngiklannya ke lapak orang lain. Halaman kan milik masing-masing, lucu aja rasanya ya kalau ada yang dagang tapi nebeng di halaman orang lain.

Apakah mereka tak pernah membayangkan halaman yang mereka titipi dagangan mereka tanpa izin tersebut fungsinya untuk apa? Bukannya sekarang banyak grup di facebook yang menyediakan tempat buat lapak dagangan nyepam? Mereka itu nyepam saking nggak lakunya apa bagaimana ya? Soalnya selama ini saya dagang nggak nyepam di halaman dagangan orang lain. Karena saya merasa itu sangat tidak sopan.

Membangun halaman facebook dan mendapatkan like secara natural butuh waktu dan usaha. Tak mudah. Tapi apa salahnya sih ya bikin fanspage sendiri. Lima menit juga jadi. Terus nyepamlah di sana sendiri. Kalau memang dagangan kita menarik dan dibutuhkan orang lain, pastilah ada yang beli. Beriklan memang tak boleh putus, tapi beriklan di tempat yang tak seharusnya bukannya akan membuat halaman facebook orang jadi semak ya?

Setiap ada yang posting biasanya akan saya banned di halaman facebook tersebut. Tapi kayaknya mereka punya 1.000 akun bayangan buat beroperasi. Kesannya jadi kayak penipuan ya? Bos saya dulu bilang kalo mau berdagang yang pertama harus kita pegang adalah kepercayaan orang. Kepercayaan itu dibangun. You have to earn it. Bukan hal yang gampang. Apa nggak capek nyepam kayak gitu? Mungkin ada toolsnya kali ya. Sehingga mereka tak butuh waktu lama untuk melancarkan aksi nyepam di lapak orang dengan akun yang lain kalau memang akun sebelumnya di banned.

Lucu sih ya... lucu-lucu menyebalkan.

Another Job Desk

Another Job Desk

Being a writer is always be my biggest dream from my childhood. If I see myself now, I can easily say that I am a writer. On my blog especially. And now, I really do writing for living. I earn money from my hobby and my dream. What a wonderlife I have. I couldn't ask for more to Allah. He always give the best thing I ever need.

I still remember everydream that I have, and He makes my dream come true, more than I want it to be. I think we just need to be a thankful person in our life. For everything that ever happened and will be. Because if you have the same religion like me as a muslimah, you will understand about 'syukur' and 'kufur'. If you always be thankful for everything you have and haven't He promise will give us the another thing better than before.

Alhamdulillah...

14 Agustus 2014

13 Agustus 2014

Aroma Air Tajin

Aroma Air Tajin

Saya tidak tahu apakah banyak anak-anak yang mengalami masa kecil seperti saya. Setiap Uwan menanak nasi, dia akan mengambilkan air tajin dari periuk nasi. Sebelum beras yang ditanak berubah jadi nasi. Sudah jarang sih mencium aroma air tajin. Apalagi saat tinggal sendiri saya tidak pernah masak. Saya selalu membeli nasi untuk memenuhi kebutuhan saya.

Hari ini, saya diare. Padahal saya sudah demam, flu, dan batuk semingguan ini. Sepertinya saya salah makan. Tak begiti masalah sih kena diare. Sesekali buat membereskan isi dalam perut yang akhir-akhir ini suka keras dan susah dikeluarin. Padahal sudah banyak minum air putih, makan buah, dan sayur.

Pengennya makan bubur kalau keadaan kurang sehat begini. Karena itu saya masak bubur di kompor. Saat mengaduk-aduk beras yang setengah matang dan airnya masih banyak itu saya mencium aroma yang lama tak saya baui. Aroma air tajin. Saya langsung ingat dengan Uwan di kampung.

Air tajin yang diambil kental dan berwarna putih. Dikasih sedikit gula. Siap dihirup deh. Entah kapan terakhir kali saya minum air tajin hangat dan manis itu. Sudah lama sekali rasanya. Rindu dengan masa-masa bisa kembali lagi ke sana.

12 Agustus 2014

Galaxy Express Lanjut Kembali?

Galaxy Express Lanjut Kembali?


Entah masih ada yang menunggu lanjutan cerita ini atau tidak saya kurang tahu deh. Sudah lama sekali rasanya saya tak melanjutkan kisah Sofia ini. Padahal biasanya saya bersemangat menyelesaikannya. Baiklah, saya pacu lagi semangat untuk menyelesaikan cerbung ini. Sebab saya merasa ada hutang yang belum diselesaikan jika kisah ini tak mencapai bagian akhirnya. Ah, jadi ingat ada yang suka cerbung saya yang lanjutannya ada setiap hari. Bukan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Barangkali perasaan saat saya menuliskan kisah itu sudah tak ada lagi. Saya harus membangkitkannya.

Saat galau ternyata lebih mudah menulis kisah cinta. Karena berharap mendaoatkan kisah cinta yang indah kali ya? Sekarang saat akhirnya saya sudah menemukan belahan jiwa saya yang terpisah sedemikian lama, saya malah kehilangan cara untuk menuliskan kisah cinta yang menggemaskan. Kalau boleh saya menyebutnya begitu. Transisi dari seorang perempuan yang tinggal di gudang kantor dan tinggal di rumah berdua dengan suami. Banyak hal yang harus saya pelajari lagi. Terutama untuk mengawinkan pekerjaan saya dengan kesibukan baru yang harus saya lakukan. Untungnya sih saya punya suami yang terlalu pengertian. Dia tak pernah protes dengan keadaan rumah yang belum dibereskan. Kalaupun sudah dibereskan semua dia akan menunjukkan wajah yang sama senangnya seperti biasa.

Karena itulah saya berusaha nih mengatur waktu dan menjaga kesehatan supaya bisa menjadi penulis seperti yang saya suka dan menjadi istri yang baik untuk suami saya yang terlalu sabar menghadapi semua kekurangan saya. Saya akan menyelesaikan Galaxy Express dan menulis lebih banyak fiksi tidak hanya di blog ini tapi juga buat semua lomba yang terbuka. Doakan saya menang ya!

Saya tahu tulisan saya masih jauh dari bagus. Masih banyak yang harus dipelajari dan dikembangkan. Insha Allah tak lama lagi saya akan duduk di bangku kuliah untuk melanjutkan pendidikan saya. Sekarang yang ingin saya ambil adalah kuliah jurusan bahasa Inggris. Supaya bahasa Inggris saya lebih baik lagi dan bisa menulis di blog ini dalam dua bahasa. Tidak hanya bahasa Indonesia tapi juga bahasa Inggris. Ada tuh satu blog yang saya lupa alamatnya, menulisnya dalam bahasa Inggris dan Indonesia sama baiknya. Iri dan saya harus bisa lebih baik lagi dari dia.

Sudah siap dengan lanjutan Galaxy Express? Baca dulu kisah sebelumnya ya!

Galaxy Express (Bagian 1)
Galaxy Express (Bagian 9)

11 Agustus 2014

Terima Kasih Banyak, Kak Long untuk Semua Penderitaannya (Bagian 4) Penutup

Terima Kasih Banyak, Kak Long untuk Semua Penderitaannya (Bagian 4) Penutup


Baca dulu Bagian 1, Bagian 2, dan Bagian 3.

Ini akan menjadi bagian penutup untuk tulisan panjang saya sebagai bentuk terima kasih saya untuk Kak Long yang telah memberikan penderitaan yang sangat panjang dalam kehidupan saya. Semoga Umak, Abah, dan adik-adik saya yang juga diberikan penderitaan olehnya bisa mengucapkan rasa syukur untuk semua penderitaan itu.

Saya tidak akan pernah menikah dengan M. Arief Eka Putra jika saya tidak memiliki Kak Long seperti dia. Sebab setelah selesai kuliah pastinya saya akan pulang ke kampung halaman. Mungkin akan menjadi guru di sana. Menemukan jodoh sesama guru pula. Punya anak kemudian menua. Tapi Allah punya rencana lain. Dia sudah menyiapkan jodoh saya di Pontianak. Tanah yang tak bisa saya tinggalkan. Satu-satunya tempat saya bertahan hidup sendirian. Allah sudah membuat skenario supaya saya tetap berada di sini.

Saya dipertemukan dengan teman-teman dari Pesta Blogger tahun 2010 yang membuat saya membuat blog baru dan belajar mengisinya. Tahun 2011 mendapatkan blog ini, Honeylizious.com, sebagai hadiah ulang tahun dari seorang teman. Lalu melalui perjalanan yang cukup panjang, menang banyak lomba, yang akhirnya membuat saya memiliki smartphone Lenovo A800, yang sekarang sudah rusak. Lewat smartphone tersebut yang saya install WeChat saya dipertemukan dengan suami saya yang kantornya tak jauh dari tempat saya bekerja.

Bertahun-tahun kami bekerja di jalan yang sama, bertahun-tahun dia melewati kantor saya demikian pula saya sendiri. Bahkan dia sering mendengar suara saya mengudara di Radio Volare bertahun-tahun. Tanpa menyadari bahwa inilah perempuan yang akan dia nikahi tahun 2013 nanti.

Seandainya, saya tidak memiliki kakak sulung seperti Kak Long, kami mungkin tak ditakdirkan untuk berjodoh. Tahun 2013 itu saya akhirnya menyadari, inilah alasan terbesar Allah memberikan kakak sulung seperti dia untuk saya. Entah apalagi rahasia yang akan Allah tunjukkan melalui kakak sulung yang saya miliki itu.

Di sini saya juga sudah punya orang tua. Punya Mamak (ibu mertua), punya Mamie, dan Ayah. Untuk menggantikan keberadaan Umak dan Abah yang sebenarnya tak begitu jauh, hanya terpisah beberapa ratus kilometer tapi tak bisa saya temui. Di sana ada Kak Long yang menghalangi pertemuan kami.

Saya tak lagi marah dengan keadaan yang saya jalani. Apalagi sekarang saya sudah berdua. Sudah ada bahu untuk bersandar. Terima kasih Kak Long, untuk semua penderitaannya. Karena melalui semua penderitaan itu akhirnya, adikmu ini menjadi seorang Rohani Syawaliah yang menuliskan ini. Semua impian yang pernah saya tuliskan sekarang alhamdulillah sudah terwujud dan sekarang saya sedang menuliskan impian-impian baru untuk diwujudkan.

Jika saja Kak Long bisa menyadari kebaikan Allah untuk kehidupan kita dan memiliki sedikit rasa syukur saja di dalam kehidupan ini, saya yakin hidup Kak Long tak akan sendirian seperti sekarang. Lepaskan rasa benci dan iri itu, ikhlaskan yang sudah lewat dan cobalah untuk berbahagia sedikit saja. 

Lepaskan Long, lepaskan saja.
 

10 Agustus 2014

Terima Kasih Banyak, Kak Long untuk Semua Penderitaannya (Bagian 3)

Terima Kasih Banyak, Kak Long untuk Semua Penderitaannya (Bagian 3)


Baca dulu Bagian 1 dan Bagian 2.

Dia selalu bilang bahwa dia seharusnya anak tunggal. Sehingga bisa menguasai semua harta orang tuanya. Padahal harta orang tua saya tak seberapa. Orang tua saya bukan orang kaya kok. Walaupun sekarang kehidupan orang tua saya alhamdulillah sudah lumayan enak. Tak berkekurangan seperti dulu lagi. Setidaknya bisa makan enak tiap hari. Nggak kayak dulu yang mikirnya, besok masih bisa makan nggak ya. Maklum Umak saya hanya seorang guru dan Abah petani yang tak begitu sukses. Lebih banyaknya lagi Abah tak bekerja. Bisa dikatakan Umak yang menopang kehidupan keluarga sepenuhnya.

Keadaan itu yang sering membuatnya marah dengan kehidupannya. Dia bilang seharusnya dia bisa hidup seperti anak-anak lain. Berkecukupan jika punya Abah yang berpenghasilan banyak. Padahal saya yakin banget, di luar sana banyak juga yang tak punya Abah atau Abahnya tak bisa menghasilkan uang karena fisiknya lemah atau apa pun alasannya pasti ada. Anak-anak yang hidupnya tak jauh beda dengan kami. Hidup miskin semasa kecil membuat dia suka menyalahkan keadaannya sekarang. Bukannya yang paling penting bagaimana kita di masa sekarang? Bagaimana kita mengubah keadaan yang tidak menyenangkan itu menjadi lebih baik?

Saya dilahirkan dari orang tua yang sama tapi memang jalan kehidupan yang kami jalani akhirnya berbeda. Sebab saya memandang segalanya berbeda dengan cara Kak Long melihatnya. Bagi saya itu semua sudah suratan nasib dan bukan penentu penderitaan kita selanjutnya. Buktinya, penderitaan yang diberikan Kak Long untuk kehidupan saya membuat saya lebih kuat untuk berdiri sendiri dan memaksa diri untuk mandiri secara finansial sehingga tidak perlu meminta bantuan keuangan dari orang tua.

Titik balik di dalam kehidupan saya yang sempat saya rutuki tahun 2012 lalu. Masih awal tahun 2012, seingat saya Mei 2012. Saya masih ngekost bersama adik bungsu saya. Waktu itu saya masih menjalin komunikasi dengan kakak sulung saya. Walaupun sebenarnya saya capek membalas semua pesan yang dia kirimkan. Karena saya juga punya kehidupan yang cukup menyibukkan dan menyita waktu saya. Terakhir kali dia mengirimkan pesan singkat saya telat membalasnya. Itu yang membuat dia marah besar dan akhirnya saya meledak.

Saya jelaskan saya sudah capek membalas semua pesannya. Akhirnya dia mengambil kesempatan itu untuk memisahkan saya dari adik bungsu saya dan mengambil semua yang saya punya. Karena memang sepeda motor dan laptop saya itu dibelikan oleh Umak. Jadi baginya, semua yang dibelikan sama Umak adalah miliknya. Dia bilang itu Umaknya bukan Umak saya.

Kesabaran saya habis sudah. Saya relakan dia datang ke Pontianak dan mengambil semuanya. Tapi dengan syarat dia tak boleh lagi mengganggu kehidupan saya. Itu yang membuat saya akhirnya tak bisa pulang lagi. Kalau bertemu dengannya dia pasti akan memukuli saya. Setelah perebutan paksa semua barang itu saya ngungsi ke gudang kantor dan tinggal di sana lebih dari satu tahun. Sebelum akhirnya saya menikah dan tinggal berdua dengan suami.

Sebulan setelah kejadian itu saya tiba-tiab juara 1 lomba ngeblog di lakubgt.com dan akhirnya saya membeli laptop baru dari uang tersebut. Kemudian tahun depannya saya mendapatkan hadiah sepeda motor dari LINE Messenger. Memang waktu yang cukup panjang. Namun ternyata Allah mengganti sepeda motor butut tersebut dengan sepeda motor baru secara gratis pula. Alhamdulillah. Saat itu saya akhirnya menyadari bahwa inilah jalan yang harus saya lewati untuk lulus dalam ujian-Nya. Ketika saya ikhlas memberikan semua yang saya punya untuk memuaskan nafsu sesaat Kak Long saya yang sengaja ingin membuat saya menderita dan dia pikir dia sudah menang dengan mendapatkan itu semua, ternyata Allah menggantinya dengan hadiah yang lebih baik.

Sepeda motor yang dia rebut itu dia jual dan dia belikan handphone baru, ternyata setahun kemudian handphone tersebut rusak tak bisa digunakan lagi. Sedangkan laptop yang dia ambil hitungan bulan juga rusak.


Nikmat Allah mana lagi yang bisa saya dustakan?