30 Juni 2014

Khasiat Shampo Bayi Zwitsal Bagi Pertumbuhan Rambut Bayi




Terkadang banyak orang tua yang menginginkan anaknya mempunyai rambut yang bagus, hitam, serta lebat sehingga tidak jarang dari mereka yang melakukan ritual seperti mencukur rambut bayi hingga habis, kemudian mengoleskan daun seledri pada kulit kepala dan masih banyak lagi. Akan tetapi, karena kita tengah memasuki era modern tentunya cara-cara tersebut bisa dikatakan kuno sebab telah hadir shampo bayi dari berbagai macam merk yang mampu menumbuhkan, menghitamkan serta menyuburkan rambut. Adapun salah satu produk yang saat tengah hadir di masyarakat yaitu Zwitsal baby shampo aloe vera, kemiri serta seledri.

Nah, shampo yang bisa juga digunakan sebagai shampo anak-anak ini mempunyai khasiat yang diambil dari bahan-bahan alami yang terdapat pada shampo tersebut diantaranya:

    Aloevera atau lidah buaya, mempunyai khasiat untuk menyuburkan, menebalkan, serta menguatkan akar rambut
    Kemiri, mempunyai khasiat sebagai zat warna hitam sehingga mampu menghitamkan rambut secara alami.

3.       Seledri, mempunyai khasiat yakni untuk melebatkan serta menyuburkan rambut.

Nah, beberapa bahan alami tersebut merupakan hasil perpaduan yang sempurna sehingga shampo tersebut mampu memberikan khasiat yang sempurna. Bandingkan jika anda masih melakukan cara yang manual, tentu selain prosesnya lama serta cara untuk melakukannya juga masih ribet. Maka dari itu, bagi anda yang ingin menumbuhkan rambut bayi secara alami serta aman maka gunakanlah shampo bayi Zwitsal natural shampo aloevera, kemiri dan seledri.




 

29 Juni 2014

Ternyata Dia Suka Gorengan

Ternyata Dia Suka Gorengan

Masa perkenalan yang tergolong singkat dengan suami membuat saya hampir tak tahu banyak hal kecil tentangnya. Satu di antaranya adalah saya sama sekali tak tahu makanan favoritnya untuk berbuka puasa. Hingga akhirnya saya harus menanyakannya.

"Biasa sukanya buka puasa pakai apa?"

"Gorengan yang asin-asin."

Saat mendengar jawabannya hampir tergelak.

Makanan yang dia suka sangat mudah didapatkan di Pontianak. Apalagi saat bulan puasa begini banyak tukang gorengan baru yang membuka lapaknya juga. Padahal di Pontianak ini kurang banyak apalagi tukang gorengan. Anehnya lagi, semuanya laris aja tuh...


Karena sama-sama tak mau repot akhirnya ya tinggal beli sajalah berbagai gorengan yang dijual di kantin ramadhan. Apalagi harganya juga terjangkau. Tak perlu susah payah meluangkan waktu untuk membuatnya. 

Suami kamu suka makan apa saat buka puasa?
 
Thanks WeChat!

Thanks WeChat!


I do know that you are only an app in Google Play. I installed you a few month ago. When I still single. For your information WeChat, I am married now. I met my husband because of you. When I looked around for a new friend a few month ago. I still remember the day, I met the man. The man who will be my best-life-friend-forever-I-hope. He is so kind. Gentle.

After a few times we hang out, he ask me to marry him. I didn't say yes or no. I just answer that question with 'OK'. Kind of weird I know. But we take that really seriously. And he bring his family to my parents. A few weeks after, we really-like-really-really-married.

I always hope that my life will happy ending in love story like every fairytale we heard. Before I met the man, I never know that I have my own fairytale. Not a prince with a white horse and a sword. But just a cute and shy man with a WeChat. He chat on me. This is just like a dream. But I didn't sleep at all. He still there every morning I wake up.

Almost 8 month, being a wife. A wonderful life with a new guy beside me. Thanks WeChat.

 

28 Juni 2014

 Hidup Itu Masalah Pilihan

Hidup Itu Masalah Pilihan


Seharusnya kita memang hidup di dunia ini tak banyak mengeluh. Semestinya banyak-banyak bersyukur. Apa yang kita punya dan tidak punya disyukuri saja. Pada akhirnya kita semua akan kembali pada-Nya hanya dengan bekal amal perbuatan kita bukan? Tak membawa harta atau yang lainnya. Lalu mengapa kita senang sekali berkeluh-kesah? Tulisan ini lebih banyak ditujukan pada diri sendiri yang tentu saja masih ada mengeluhnya.

Untungnya keluhan saya kebanyakan didengar suami. Setidaknya jangan sampai ada yang terganggu dengan keluhan saya kecuali suami. Keluhan yang paling banyak sih kecapekan karena orderan bros khas Kalimantan Barat yang dua bulan ini saya geluti menunjukkan geliatnya. Lumayan banyak yang pesan setiap harinya.

Tapi satu hal yang tidak ingin saya keluhkan di dunia ini adalah pilihan yang saya buat dan semua hasilnya. Baik dan buruknya. Susah dan senangnya. Saya tidak akan mengeluh karena memilih apa yang saya jalani sekarang. Saya bersyukur untuk semua pilihan yang saya buat. Apa yang lakukan selama proses pemilihan itu terjadi. Banyak hal yang harus saya syukuri. Karena saya tahu ujian yang datang dalam hidup ini tak akan melebihi kemampuan yang kita miliki.

Untuk kamu yang merasa kurang beruntung. Merasa rumput tetangga selalu lebih hijau dari rumputmu sendiri, mendingan rumput di halamanmu disiram air biar tambah hijau atau kasih pupuk? Itu pilihanmu sendiri. Jangan mengeluh terhadap semua pilihan yang kamu lakukan di dunia ini. Karena saya yakin, sejak awal kita sudah membuat pilihan itu. Jika memang pilihan itu kurang tepat berbaliklah dan buat pilihan yang lain.


 

27 Juni 2014

Kepada Yth Pendukung Fanatik Prabowo Subianto

Flashback ke beberapa belas tahun yang lalu. Sebelum Soeharto lengser. Saya hanya tahu satu hal. Pemilu itu coblosnya Golkar. Pake baju kampanyenya warna kuning. Itu saja. Karena semua orang di kampung saya, dominan dukungannya ya kuning itu. Orang juga nggak banyak bicara. Seperti pemilu sebelumnya, mereka akan lebih banyak mendukung Soeharto melalui Golongan Karya. Partai bergambar pohon beringin itu memang seakan-akan, selalu menjadi pilihan terbaik. Apalagi kalau PNS. Ibu saya seorang guru di sekolah dasar. Pemilu, dulunya hanya menjadi formalitas. Dua partai lain yang ikut dalam pemilihan dapat dipastikan gigit jari karena menanggung kekalahan lagi.

Berbeda dengan sekarang ya. Saat masa kejayaan Soeharto sudah lewat. Orang sudah tak takut lagi untuk menyuarakan apa yang ada di dalam kepalanya. Baik secara langsung atau tak langsung. Entah itu dengan turun ke jalan, bisa juga dengan menulis di media sosial.

Kalau ditanya, apakah saya sudah punya pilihan, sebelumnya saya sudah punya pilihan yang kemudian saya tinggalkan untuk memilih yang lain. Tak perlu saya sebutkan siapa. Sebab pilihan ini pun belum benar-benar pasti. Apalagi bukannya kita harus merahasiakan siapa yang akan kita pilih nantinya?

Black campaign yang akhir-akhir ini membabi-buta yang dilakukan beberapa televisi ternyata berimbas ke pengguna media sosial. Banyak sekali orang yang berlomba-lomba latah setelah melihat berita di channel tertentu. Membela si A sembari menjatuhkan si B. Padahal dari dulu sampai sekarang, siapa pun presidennya, kalo saya nggak kerja mah saya nggak makan. Bukannya kita nggak akan berubah nasibnya kalo nggak berusaha sendiri untuk mengubahnya? Malah kita sibuk menjelek-jelekkan orang lain.

Sudah ada beberapa orang di media sosial yang merupakan orang yang cukup ternama melakukan kampanye yang sama sekali tidak mendidik. Mengingat sekarang banyak sekali pemilih pemula yang akan menggunakan hak suaranya untuk memilih presiden pertama kalinya, saya benar-benar kasihan dengan orang yang dibuat bingung gara-gara banyaknya orang yang melakukan kampanye hitam ini. Silakan puji pilihan anda. Silakan. Tapi jangan jatuhkan pilihan orang lain. Kita dibutakan media.

Jangan percaya bulat-bulat dengan televisi.
Jangan telan mentah-mentah berita di media massa.
Jangan membagikan begitu saja sesuatu yang kita tidak tahu sumber jelasnya.

Hak memilih ada pada kita. Rakyat Indonesia. Jokowi dan Prabowo juga rakyat, sama seperti kita. Manusia biasa. Ada kekurangan dan kelebihannya. Barangkali banyak yang menghina Jokowi dan Prabowo dan kebetulan yang lewat di beranda saya adalah hinaan pada kubu Prabowo. Dari akun twitternya @masbutet. Setelah akun @wimar yang melakukan kampanye yang kurang enak dibaca seperti itu, giliran bapak yang sering saya lihat di Metro TV ini yang melakukan kampanye yang juga kurang enak dibaca.

Followernya banyak. Yang baca jadinya banyak. Belum lagi yang membagikannya. Apa yang Anda baca dari gambar ini hanya untuk direnungi, diresapi. Bukan untuk ditambah atau diulangi lagi. Siapa pun yang anda dukung.


Buat yang mendukung Prabowo, silakan dukung pilihan Anda. Tidak perlu melakukan hal yang sama seperti ini. Buat yang dukung Jokowi tak perlu mengulangi hal yang seperti ini untuk memenangkan pilihan Anda. Sebab pada akhirnya hanya satu di antara mereka berdua yang akan menjadi presiden kita selama 5 tahun ke depan. Bukan untuk selamanya kok. Hanya untuk 5 tahun. Selama ini pun, sebagai warga Kalimantan Barat, siapa pun presiden yang berada di Istana sana, tak banyak mengubah wajah Kalimantan Barat. Jalan negara yang menjadi jalan internasional di Kalimantan Barat, masih hancur lebur seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kalo saya sendiri hanya bisa berharap, siapa pun presidennya, dia sudah sangat hebat jika bisa memuluskan jalanan di Kalimantan Barat. Sebab Indonesia bukan hanya Pulau Jawa. Kalimantan Barat juga bagian dari Indonesia.

Gunakan surat suara Anda tanggal 9 Juli nanti. Bentar lagi puasa. Lebih baik kita banyak beribadah dibandingkan menebar fitnah.


Make Up Less Than 5 Minutes


Siapa bilang dandan itu musti lama? Lima menit juga cukup kok. Jadi bisa mematahkan omongan laki-laki yang suka banget mengatakan, perempuan itu dandannya yang lama. Makanya cowok yang mau ngapelin ceweknya pasti suka telat datangnya. Alasannya macet padahal ya dia ngebangsi waktu yang digunakan si cewek buat dandan.

Apa ya bahasa Indonesianya ngebangsi?

Intermezzo sejenak kayaknya. Soalnya saya harus menjelaskan biar teman-teman bisa memahami maksud tulisan saya. Kalau kita bikin jahitan, kita bikinnya pasti bahannya dilebihkan dari pola yang sudah kita buat kan? Supaya jahitannya pas dan nggak kekecilan. Nah bangsi tuh kayak gitu. Melebihkan. Melebihkan dengan maksud mencukupkan. Jadi ngebangsi waktu artinya ngasih waktu lebih ke cewek yang mau diapelin tapi khawatir dia dandannya lama dan nggak kepengen nungguinnya kelamaan.

Yes! Ternyata saya masih bisa menjadi guru bahasa daerah. Hihihi...

He'eh bangsi itu berasal dari bahasa Sambas. Di Pontianak sih ada juga yang menggunakannya. Sama sih artinya. Saya sendiri tahu bangsi itu dari bahasa di desa saya, Jawai, Sambas, Kalimantan Barat.

Balik lagi ke masalah dandan. Saya dandannya nggak lama kok. Paling lama 30 menit. Itu paling lama dan biasanya buat kondangan. Dandan lama banget ya! Padahal nanti pas di kondangan nggak nyampe 30 menit juga. Soalnya saya nggak terlalu suka di tempat yang ramai. Untuk dandanan sehari-hari kayak di foto ini saya hanya butuh 5 menit. Bahkan bisa kurang sebenarnya. Anggap saja lima menit. Malah yang lama itu pake jilbabnya. Bukan karena kesulitan memahami tutorial jilbab yang ada di Youtube tapi karena saya kelamaan nyari kerudung dan dalamannya.

Untuk dandanan 5 menit ini saya menggunakan alas bedak, bedak, eyeliner, maskara, dan lipstik. Semua dari Oriflame. Itu aja sih yang saya pake. Nggak ada bulu mata anti badai segala macem. Sering-sering latihan aja buat cewek-cewek yang mau dandan dalam waktu singkat. Lama-lama tangannya akan terlatih untuk mendandani wajah dalam waktu cepat kok.

26 Juni 2014

Selamat Ulang Tahun Rohani Syawaliah Listia Evita

Selamat Ulang Tahun Rohani Syawaliah Listia Evita


Yap! Hari ini saya berulang tahun. Akhirnya saya menjadi diri saya yang sekarang. Padahal 20 tahun yang lalu saya hanya bisa memikirkan menjadi orang yang dewasa. Mandiri dan keluar dari rumah. Barangkali banyak dari kita yang rasanya ingin kembali ke masa lalu dan tetap stay menjadi anak kecil. Kalo saya sih lebih berbahagia menjadi orang dewasa. Karena itu artinya saya bisa meninggalkan masa kecil yang penuh penyiksaan dari kakak sulung saya itu.

Di usia yang sekarang saya bersyukur sudah memiliki pendamping. Seseorang yang menemani saya dalam suka dan duka walaupun saya tahu dia masih terus belajar untuk mengenai saya yang aneh ini.

Selama ini tak pernah ada perayaan apa-apa saat ulang tahun. Beda kayaknya tahun ini karena keluarga suami saya selalu punya rencana untuk setiap momen. Hal paling kecil pun dirayakan bersama-sama. Jadi saya yakin sekali mereka sudah menunggu hari ini untuk merayakan ulang tahun saya. Untuk pertama kalinya saya akan benar-benar merayakannya dan rasanya sedikit aneh.

Nanti saya akan cerita lagi tentang acara tersebut. Ciao!

25 Juni 2014

 Google Adsense, Paypal, dan Blog

Google Adsense, Paypal, dan Blog





Pertama kali memiliki blog ini saya sama sekali tak terpikirkan masalah mendapatkan penghasilan dari sini. Sebab saya memang 'butak kayu' mengenai hal tersebut. Saya hanya suka menulis. Lalu ditahun yang sama dengan kelahiran blog ini, saya membuat paypal dan melakukan verifikasi dengan buku tabungan saya. Nah Google Adsense yang hingga hari ini saya memang belum punya. Terakhir mendaftar dan akhirnya ditolak lagi-lagi-dan-lagi tahun kemarin. Seingat saya sih. Karena seorang teman bilang dia ditolak belasan kali baru berhasil mendapatkan akun Google Adsensenya.

Sekarang saya belum mencoba. Soalnya saya rasa kalo yang namanya rezeki nggak akan lari ke mana kok. Paling penting kita sudah berusaha. Gagal di Google Adsense masih banyak lagi cara lainnya buat menghasilkan uang dari blog.

Memang sih kalau dipikir-pikir lumayan kalau bisa dapat 50-100 dollar sehari dari Google Adsensi. Namun tentu kita harus punya modal. Kira-kira blog yang seperti apa yang akan menghasilkan 50-100 dollar sehari? Bagaimana memenangkan persaingan di mesin pencari? Bagaimana caranya agar orang mau klik iklan di blog kita? Jangan tanya sama saya. Sebab sampai hari ini saya menulis tak berdasarkan itu semua. Melainkan pake perasaan aja. Lagi pengen nulis tentang A ya sudah nulis aja. Nggak mikir apakah tulisan tersebut akan menghasilkan uang atau tidak. Paling penting catatan saya hari itu terisi.

Lalu apakah tanpa Google Adsense, blog dan paypal yang saya miliki sia-sia? Ini kayak nanyain tentang babi yang tidak halal bagi umat muslim tapi tetap diciptakan. Pastinya tak ada yang sia-sia di muka bumi ini. Demikian pula dengan blog yang sedang kita buat. Tulisan yang kita isi di dalamnya.

Ternyata cara menghasilkan uang dari blog itu nggak hanya dari Google Adsense lo. Tiap blogger pasti ada caranya masing-masing. Alhamdulillah saya sudah punya cara saya sendiri. Bagaimana denganmu?

 

24 Juni 2014

Perawatan Kecantikan Dengan Pijatan


Selain gemar dalam belanja, wanita sangat gemar sekali dalam merawat wajah untuk mempercantik dan memperindah kulit wajahnya. Berbagai hal dilakukan untuk perawatan kulit cantik dan mempesona. Mulai dari lulur, spa, pijatan repleksi, bahkan sampai operasi plastik. Selain itu, perawatan kulit bukan hanya dilakukan oleh para kaum Hawa melainkan kaum Adam pun sering melakukan hal yang sama.

Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk perawatan kulit seperti banyak mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung zat hijau daun yang banyak manfaatnya bagi kulit. Kemudian olahraga secara teratur seperti senam, olah napas, renang, serta hindari radiasi matahari. Selain itu, untuk menyempurnakan perawatan maka diperlukan pijatan relaks atau yang populer disebut dengan Cosmetic massage.

Perawatan kulit cantik yang sempurna memang memerlukan biaya yang cukup besar. Tapi jika kita mengetahui caranya, hal tersebut bisa disederhanakan. Dengan pijatan relaks kita akan mendapatkan beberapa manfaat salah satunya yaitu membersihkan kulit, menghaluskan, serta menjaga kulit agar tidak keriput. Mencerahkan kulit wajah serta membentuk tubuh. Selain itu dengan pijatan relaks ini banyak orang mempunyai tujuan untuk merawat rambut, memperindah mata, dan memperbesar serta mengencangkan payudara.

Pijatan relaks memiliki beberapa tahap yaitu pijatan halus, gerusan halus, memukul dengan ujung jari, dan melipat kulit dengan menggunakan ibu jari tangan. Adapun bagian tubuh yang dipijat yaitu permukaan wajah seperti pipi, dahi, bibir, leher, serta payudara dan sekitarnya. Supaya aman, maka gunakanlah krim yang terbuat dari bahan herbal. Pastikan perawatan dilakukan secara teratur dan sabar.

 

Waspada Sodium Pada Makanan Bayi


Hampir 70 persen makanan bayi dalam kemasan yang diberikan orang tua pada bayinya mengandung terlalu banyak garam. Menurut suatu studi di Amerika, makanan-makanan tersebut mengandung terlalu banyak sodium, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung serta stroke.

Tujuh puluh persen makanan bayi yang dijual di pasaran tersebut mengandung setidaknya 210 miligram sodium per porsinya, bayangkan dalam 1 hari Anda memberikan berapa porsi makanan pada bayi Anda? Jumlah tersebut jauh melebihi kadar sodium yang dibutuhkan bayi. Hipertensi yang umumnya terjadi pada kondisi tubuh usia paruh baya dapat diperkirakan 1 sampai 20 anak memiliki risiko tekanan darah lebih tinggi jika ia mengonsumsi banyak sodium pada nasi bayinya. Hipertensi biasanya berkaitan erat dengan obesitas, di mana saat ini mempengaruhi 17 persen anak-anak di Amerika.

Contoh saja pasta yang menurut Anda hanya tinggi karbohidrat, sebenarnya juga mengandung sodium yang tinggi. Karena untuk membuat pasta dibutuhkan sodium. Makanan kemasan lainnya seperti macaroni and cheese, pasta, pizza, ayam, dan nasi yang ditujukan untuk anak berusia 1 tahun ke atas biasanya disebut makanan balita. Kesimpulannya, kategori dengan kandungan sodium tinggi terdapat pada makanan dan camilan asin. Maka penting bagi para orang tua atau perawat bayi untuk senantiasa membaca kandungan nutrisi pada label makanan yang hendak diberikan bayi.

Mencegah Bau Tidak Enak dari Kulkas

Mencegah Bau Tidak Enak dari Kulkas



Apakah teman-teman selalu menyempatkan membersihkan peralatan rumah tangga pada saat sedang membersihkan rumah? Hal ini penting dilakukan karena beberapa peralatan rumah tangga, terutama peralatan dapur, membutuhkan perawatan ekstra untuk dapat terus berfungsi dengan baik. Kulkas merupakan contoh peralatan rumah tangga yang memerlukan perhatian lebih dari kita. Selain bekerja non-stop 24 jam, kulkas merupakan tempat menyimpan makanan sisa dan juga bahan-bahan masakan dan makanan yang tidak tahan lama dan berpotensi bau. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah munculnya bau aneh dan tidak sedap dari kulkas?

Manfaatkan Penggunaan Container

Sepulang dari belanja bulanan di supermarket atau pasar tradisional, kita terbiasa untuk langsung memasukkan hasil belanjaan ke dalam kulkas begitu saja. Padahal tidak sekali dua kali kita tanpa sengaja membiarkan beberapa makanan tersimpan lama di dalam kulkas hingga akhirnya membusuk dan menyebarkan bau tidak sedap ke seisi kulkas. Daripada menunggu bau tersebut muncul lalu harus mengeluarkan seisi kulkas dan membersihkannya, lebih baik mencegahnya dengan menggunakan wadah atau container tertutup.

Caranya, setelah belanja, letakkan kantong-kantong hasil belanjaan di dekat tempat cuci piring di dapur. Lalu satu per satu keluarkan hasil belanjaan dan cucilah produk-produk seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan telur untuk menghilangkan sisa tanah atau kotoran lain yang mungkin masih menempel.

Siapkan beberapa wadah yang memiliki tutup dalam banyak ukuran. Jumlah wadah yang kita perlukan kurang lebih dapat disesuaikan dengan banyaknya jenis bahan makanan yang rutin dibeli. Selanjutnya tempel label nama berstiker untuk menandakan apa isi wadah. Teman-teman bisa juga mencari wadah yang transparan, tetapi karena pada akhirnya wadah tersebut akan ditumpuk-tumpuk di dalam kulkas, label nama akan menghemat waktu pencarian. Pastikan bahwa label nama tersebut teman-teman tempelkan di sisi wadah yang menghadap ke luar sehingga langsung terbaca ketika pintu kulkas dibuka.

Terakhir masukkan hasil belanjaan ke dalam wadah berdasarkan jenisnya. Misalnya, ada satu wadah khusus untuk cabai dan satu wadah khusus untuk tomat. Untuk beberapa hasil belanjaan yang tidak terlalu banyak jumlahnya bisa digabungkan di dalam satu wadah. Misalnya, seledri dengan sawi sendok.

Penggunaan Lapisan Plastik atau Aluminum Foil

Lalu bagaimana cara menyimpan makanan sisa di dalam kulkas? Untuk alasan kepraktisan teman-teman boleh saja tetap menggunakan tempat makanan tersebut disajikan, misalnya mangkok atau piring. Tapi hindari memasukannya ke dalam kulkas tanpa tutup kalau tidak ingin keesokan harinya seisi kulkas bau ayam kari sisa masakan semalam. Selain itu, lebih besar resiko makanan tersebut tumpah dan menyebabkan noda pada bagian dalam kulkas.

Noda-noda yang tidak segera dibersihkan dapat menjadi kerak dan menyebabkan kulkas kita menjadi tempat yang tidak sepenuhnya higienis untuk menyimpan makanan. Kalau teman-teman memiliki masalah dengan noda pada kulkas atau peralatan rumah tangga lainnya klik di sini untuk memperoleh informasi cara membersihkannya dan juga tips membersihkan rumah.

Selain menggunakan wadah tertutup, kita dapat menyiasatinya dengan menggunakan lapisan plastik atau aluminum foil yang dijual di supermarket. Untuk menghemat uang dan juga melindungi lingkungan, pakai ulang lapisannya 2 hingga 3 kali. Untuk itu berhati-hatilah pada saat melapisi mangkok atau piring yang berisi makanan sisa tersebut dan juga pada saat membuka lapisan tersebut.

Jadwalkan Defrosting

Selain metode penyimpanan makanan, satu hal yang juga penting dilakukan untuk mencegah bau tidak sedap dari kulkas adalah melakukan defrosting secara teratur. Defrosting adalah proses membersihkan bunga es pada freezer. Proses ini penting karena bunga es yang menumpuk terlalu banyak di dalam freezer dapat menjadi sumber bau aneh apalagi freezer merupakan tempat menyimpan daging, ayam dan juga ikan. Untungnya kebanyakkan kulkas sekarang sudah memiliki fitur defrost sehingga teman-teman cukup menekan tombolnya dan tunggulah sampai semua es telah mencair dan tertampung di wadah penampungan airnya.




 
 Label 'Makanan Ini Mengandung Babi' di Pontianak

Label 'Makanan Ini Mengandung Babi' di Pontianak


Rasanya saya menjadi pecinta kuliner yang sangat beruntung di dunia ini. Sebab untuk berwisata kuliner di Pontianak tidak begitu mengkhawatirkan masalah ketidakhalalan makanan yang kita santap. Sebab makanan yang mengandung babi selalu ditulis oleh pedagangnya. Maklumlah di sini daging babi mah mahal harganya. Dengan menuliskan makanan yang mereka jual mengandung babi, harganya tentu bisa disesuaikan dengan modal mereka.

Bahkan di beberapa tempat makanan yang label babinya tidak tertera, kita yang muslim dan berhijab tak perlu khawatir, pedagangnya akan mengatakan bahwa kita tidak boleh makan di situ. Karena mereka memasak makanan yang tidak halal untuk dikonsumsi umat muslim. Makanya penting sekali bagi kita mengidentitaskan diri kita sesuai dengan agama yang kita anut. Ini tidak hanya membantu diri kita sendiri tapi juga membantu orang lain yang berbeda agama dengan kita.

Jadi apabila teman-teman mampir ke Pontianak, jangan heran dengan besarnya tulisan BABI yang tertera di beberapa tempat makan. Bahkan bisa terlihat dari jarak 10-20 meter. Berdagang itu harus jujur bukan? Miris liat berita tentang daging celeng yang dijual buat jadi daging oplosan atau campuran bakso. Padahal di sini daging hewan tersebut banyak tersedia secara bebas di rumah makan dan dihargai mahal pula. Tak perlu dijadikan daging dengan nama yang lain. Tetap dinamai sesuai dengan identitas aslinya.

Saya punya teman-teman orang Tionghoa yang nonmuslim dan mengonsumsi daging babi, mereka bahkan sering membuat minyak dari lemak babi yang dipanaskan. Minyak tersebut juga dijual dengan harga mahal. Barangkali orang-orang yang menjual daging celeng dengan sembunyi-sembunyi dan akan diolah menjadi daging sapi 'palsu' atau 'oplosan' harus lebih kreatif lagi memutar otak untuk membuat dagangannya menjadi nilai ekonomis yang tinggi. Jangan sampai berbohong apalagi menipu banyak orang dengan mengatakan daging tersebut daging sapi. Kasihan umat muslim yang tidak boleh mengonsumsinya.

Kalau punya banyak piaraan celeng atau babi kayaknya bisa dimanfaatkan untuk mengurangi limbah juga. Saya pernah baca sebuah artikel yang mengatakan bahwa babi itu biasa memakan kotorannya sendiri. Nah berarti dia bisa memakan limbah rumah tangga yang kita buang sembarangan. Bukankah lebih baik membuat tempat pembuangan limbah rumah tangga dan ada yang akan memakannya?

 

23 Juni 2014

 Kepada Yth Pedagang Online di Seluruh Dunia: Berdaganglah yang Sopan

Kepada Yth Pedagang Online di Seluruh Dunia: Berdaganglah yang Sopan


Semakin banyaknya orang yang memiliki smartphone semakin mudah pula untuk menghubungi orang lain di dunia ini. Tak perlu tahu semua informasi tentangnya, cukup bermodalkan sosial media atau sekadar aplikasi chat semacam Whatsapp atau BBM, pasar pun sudah bisa dimulai. Semakin mudahnya informasi datang dari orang lain yang tak benar-benar kita kenal secara nyata.

Oke, itu tak masalah sebenarnya. Siapa saja boleh berdagang asal di lapaknya sendiri. Misalnya di blog ya di blog sendiri, jangan mengganggu blog orang lain. Mau dagang di facebook juga bisa, daganglah di akun sendiri, atau di instagram sendiri. Jangan malah buka lapak di lapaknya orang lain. Paling mengherankan nih ada akun facebook yang punya sejuta kloningan kayaknya. Dia posting di lapak dagangan bros hijab saya dengan santainya. Membagikan link dagangannya gitu. Padahal kan jelas-jelas saya juga berdagang di situ. Saya tidak membuka layanan untuk menerima iklan gratisan dari pihak lain.

Ujung-ujungnya beberapa hari yang lalu saya putuskan untuk menelpon dia dan memintanya untuk tidak melakukan tindakan memosting dagangannya di lapak dagangan saya. Apa susahnya sih bikin laman sendiri dan dagang di sana. Saya agak curiga dengan pedagang yang kayak gini. Hiperaktif kesannya kok kayak tukang dagang hape online itu ya? Sibuk share dagangan ke mana-mana. Bahkan sampai mencuri akun orang lain buat dagang.

Berdagang di lapak orang lain itu kayak kita punya dagangan, terus kita nongkrong di toko orang lain buat jualan barang dagangan kita. Tanpa bayar. Tanpa permisi. Nawarin ke orang-orang yang datang ke toko orang tersebut. Kalau kamu yang berada di posisi tersebut. Bagaimana perasaan kamu?

Itu satu hal. Hal yang lain adalah berdagang melalui layanan BBM. Silakan mau nawarin ke siapa saja yang kamu suka. Semua orang berhak melakukan itu. Tapi dagang lewat broadcast? Lewat BROADCAST? Memangnya orang yang kamu kirimi broadcast itu punya BBM cuma buat nerima iklan dagangan kamu yang nggak ada modal itu? Hanya modal broadcast? He-to-the-lo? Please deh! Saya yang belum setahun punya BBM aja menyadari dengan sangat bahwa mengirimkan pesan massal seperti itu sama sekali tidak sopan.

Kebayang nggak kalau yang kamu kirimi pesan tersebut adalah orang yang sedang menunggu pesan penting di BBM-nya dan pesan kamu membuat dia jadi kesal? Buru-buru membukanya sampai smartphonenya kelempar mungkin atau sampai jatuh gitu?

Gini ya! Pedagang itu harusnya melayani pembelinya seperti seorang teman. Apalagi pedagang online yang tak bisa bertemu muka dengan pembelinya. Kalau memang ingin dagang lewat BBM, silakan, tapi sedikit tips nih buat pedagang pemula, ajaklah ngobrol dulu calon pembeli kamu, jangan langsung bombardir dengan iklan. Jangan berharap dagangan kamu laris manis dengan cara kayak gitu, malah bisa-bisa akun kamu di blokir dan tak akan diterima kembali sebagai kontaknya.

Saya pernah tuh diinvite seseorang, saya sudah lupa orangnya, sudah saya hapus dan blokir, gara-gara dia menginvite saya cuma untuk memasukkan saya ke grup dagangannya. Setiap invitenya saya tolak dia invite ulang. Berulang-ulang. Sebal akhirnya saya blokir.

Jangan lakukan apa yang kamu nggak suka orang lain melakukannya terhadapmu. Itu aja sik!


 

22 Juni 2014

 Facebook Down?

Facebook Down?


Seberapa banyak dari kita yang menyadarinya? Saya sendiri tak tahu sama sekali hingga membaca status beberapa orang yang mengatakan facebook down menjadi trending topik di twitter. Sedemikian butuhnyakah kita untuk terhubung terus dengan sosial media? Saya pikir downnya berapa jam, ternyata dari status lain yang saya baca downnya sekitar 30 menit. Masuk akal kalo kurang dari 1 jam dan saya sendiri tak menyadarinya. Walaupun sebenarnya saya menyadari tentang informasi ini setelah berapa jam lewatnya.

Saya nggak sadar mengenai downnya facebook tersebut. Ya ampun cuma 30 menit doang dan kayak dunia mau runtuh? Itu sih yang terlintas di kepala saya saat mendengar facebook down menjadi trending topik di twitter. Lagi-lagi trending topik yang begitu. Ya demikianlah.

Kejadiannya beberapa hari yang lalu sih. Sudah cukup terlambat untuk menjelaskannya sebagai berita hangat atau 'fresh from the oven'. Cuma ingin mencatat kejadian ini di blog sehingga nanti, entah 10 tahun atau 100 tahun akan datang, semoga anak cucu saya masih meneruskan blog ini dan tak dihapus oleh Google, ada yang membaca informasi ini dan terkagum-kagum atau malah geleng-geleng kepala membacanya.

Saya kurang menyadarinya karena memang saya membuka facebook biasanya untuk kerja dan itu saya lakukan pagi hari. Siang sampai sore biasanya saya sudah menjauhkan aplikasi facebook di smartphone saya. Saya lebih sering membuka email atau upload foto dagangan di instagram. Lebih mendatangkan manfaat buat blogger yang cari uangnya di dunia online seperti ini.


Bagaimana dengan teman-teman sendiri, ada yang sadar facebook down?


21 Juni 2014

Google Glass, Ide yang Terlupakan



Pernah nggak nemu ide melayang-layang di udara saat kita bawa sepeda motor dan tak memungkinkan untuk mencatatnya? Sejenak saya berpikir, saya sangat butuh Google Glass. Keren banget kali ya punya Google Glass, setiap momen bisa diabadikan walaupun terpikirnya gini juga, apakah setiap momen itu benar-benar harus diabadikan atau dinikmati saja. Apa nggak beda rasanya kita menikmatinya sambil sibuk mengabadikan walaupun dibandingkan smartphone, smartglass kayak Google Glass jauh lebih praktis.

Coba kan saya punya Google Glass gitu, tinggal bilang 'OK glass, ngeblog'. Eh apa ya perintah buat Google Glass supaya buka aplikasi ngeblog. Bisa nggak sih Google Glass diajak ngeblog? Hahahaha...

Pas jalan kadang memang suka terlintas sebuah ide buat tulisan baru di blog. Saya yakin teman-teman juga banyak yang memiliki permasalahan yang sama. Ide muncul di saat yang tidak tepat. Sekalinya duduk depan PC dan ingin menuliskan banyak ide malah bingung ide apa yang seharusnya disampaikan lewat tulisan tersebut. Beda cerita dengan deadline yang menunggu seseorang untuk menyelesaikan tulisannya. Kayak lomba misalnya. Apalagi kalau hadiahnya lumayan gede. Itu pasti konsentrasi dan fokusnya gara-gara mikirin hadiah. Pengalaman banget nih nulis cerpen buat Tulis Nusantara 2013 di detik-detik terakhir.


Banyak sekali rasanya ide yang tertinggal di sepeda motor tersebut tapi saya kesulitan mengingatnya kembali. Menyebalkan? Ada yang lebih menyebalkan, yaitu ingatnya pas bawa sepeda motor lagi. Biasanya saking sebalnya sepanjang jalan saya mencoba membuat sebuah kalimat yang cocok buat pengingat kembali ide tersebut walaupun pada akhirnya suka buyar gara-gara melihat lampu merah atau kendaraan yang melaju begitu saja di depan kita.