5 April 2014

Bot Facebook


Masih membahas soal facebook beberapa waktu lalu ada tuh komentar yang akan sedikit aneh tampilannya. Entah apa yang dipikirkan oleh orang lain saat mengizinkan cara berkomentar yang lebih mirip dengan bot. Setiap akun yang update status akan langsung dia komentari secara otomatis dan komennya tentu saja sangat tidak nyambung dengan status orang yang dia komentari.

Mirip dengan aplikasi aneh yang ada di facebook yang sekarang sedang marak menyebar. Tak hanya di Indonesia sebab banyak pula yang berasal dari negara yang lain. Beberapa waktu lalu saja saya sempat ditandai di aplikasi yang digunakan oleh teman facebook dari Thailand. Tentu saja ini sangat mengganggu dan intinya sih sama saja dengan aplikasi aneh yang ada di akun facebook orang Indonesia.

Bukan hanya sekali dua kali saya ditandai seperti itu. Setiap hari pasti ada dua tiga orang yang akan menandai di aplikasi yang digunakan untuk mengambil alih akun kita. Mereka akan memiliki akses untuk menampilkan komentar dan menandai teman-teman kita. Tak terbayangkan jika semua orang dalam akun facebook saya kena pishing yang serupa. Barangkali yang harus saya lakukan adalah menutup akun dan membuat yang baru. Kemudian menambahkan orang yang benar-benar saya kenal di facebook dan tak akan membuatnya bertumpuk seperti sekarang.

Teman di facebook sudah lebih dari 4.000 tapi saya yakin yang benar-benar berinteraksi dengan saya masih dibawah angka 100. sebab nama yang muncul di setiap notifikasi hanya itu-itu saja. Untuk apa memiliki teman di akun sebanyak itu tapi pada akhirnya kadang status yang lewat bukanlah hal yang menyenangkan. Sekarang setiap hari saya berusaha menghapus beberapa akun yang statusnya tak menyenangkan untuk dibaca atau namanya yang digunakan di akun facebooknya terlampau ajaib. Apalagi untuk penulisan status yang menggunakan banyak singkatan atau cara penulisan yang bukan mengikuti tata penulisan bahasa Indonesia.


Melelahkan memang menghapus satu demi satu akun yang tak saya inginkan ada di akun facebook saya. Tapi tak ada pilihan lain memang. Mau tak mau saya harus menghapusnya atau membuat akun yang baru kalau memang sudah tak bisa lagi menghapusnya. Ah pada akhirnya kita juga akan jenuh menggunakan facebook. Sampai-sampai untuk berkomentar pun ada yang menggunakan bot facebook.

Tentang Nama di Facebook


Ҩҵӣѧӷюі.ѕѧѱѧӣҩӭ Ҫіӣҭѧӣӭ.ѕҵӷѱѧӣі.юѧҋ.ѧӷіѕҡѧӣ Ѕґѧґҵ.ѧҍӑюі.ѕӭҏѧӣјѧӣҩ Ӎѧѕѧ.ѧӎіӣ
Ҩҵӣѧӷюі.ѕѧѱѧӣҩӭ Ҫіӣҭѧӣӭ.ѕҵӷѱѧӣі.юѧҋ.ѧӷіѕҡѧӣ Ѕґѧґҵ.ѧҍӑюі.ѕӭҏѧӣјѧӣҩ Ӎѧѕѧ.ѧӎіӣ
Ҩҵӣѧӷюі.ѕѧѱѧӣҩӭ Ҫіӣҭѧӣӭ.ѕҵӷѱѧӣі.юѧҋ.ѧӷіѕҡѧӣ Ѕґѧґҵ.ѧҍӑюі.ѕӭҏѧӣјѧӣҩ Ӎѧѕѧ.ѧӎіӣ






Pertama kali yang harus kita lakukan di facebook tentu saja mendaftar menggunakan nama kita. Dulu saya memang langsung menggunakan nama lengkap saya sesuai KTP dan berubah sesuai kebutuhan. Pernah berubah menjadi nama untuk dagang kemudian akhirnya berubah menjadi yang sekarang. Hani Rohani Syawaliah. Walaupun nama lengkap saya adalah Rohani Syawaliah, tambahan Hani hanya untuk memudahkan orang memanggil nama pendek saya.

Sekarang tak lagi terpikirkan untuk menggunakan nama yang ajaib. Dulu waktu peralihan dari friendster ke facebook memang banyak sekali kepikiran nama yang lumayan ajaib dan penulisan yang tak kalah ajaib. Istilahnya alay. Aduh sekarang kalau menemukan nama yang dituliskan dengan cara yang ajaib dan kadang lebih ajaib lagi saya hampir tak bisa membaca nama yang sebenarnya dituliskan di akun tersebut.

Buat sebagian orang 'apalah arti sebuah nama'. Padahal sebenarnya nama sangat menentukan penilaian orang terhadap kita. Cara kita menuliskannya dan juga nama yang kita pilih menjadi tolak ukur seseorang ingin terus berteman dengan kita atau tidak. Setidaknya bagi saya sendiri, orang yang namanya terlalu ajaib tak akan ada di akun facebook saya kecuali dia adalah keluarga saya. Setidaknya orang yang sangat saya kenal dekat.

Entah mengapa fenomena penggunaan nama yang lumayan ajaib ini masih populer di kalangan tertentu. Buat saya sendiri cukup mengganggu dengan penggunaan konsonan atau vokal yang berlebihan. Apalagi kalau nama yang digunakan itu lebih mirip kalimat dibandingkan nama. Teman-teman pasti tahulah nama seperti apa yang saya maksudkan. Satu hal yang jelas, namanya akan sesuai pula dengan status yang menghiasi berandanya. Cara dia menuliskan statusnya akan sesuai ajaibnya dengan nama yang dia gunakan.

Jika teman-teman sama seperti saya. Kesulitan membaca hal yang ajaib di sosial media, tak perlu berpikir berkali-kali untuk menghapuskan akun tersebut dari daftar pertemanan. Sekarang juga ada yang tak kalah menyebalkan. Aplikasi facebook yang sangat mengganggu sekarang sedang aktif bertebaran. Sudah banyak yang saya hapus dari pertemanan tapi ada lagi yang muncul dan itu sangat mengganggu. Notifikasi yang muncul mau tak mau kita buka karena orang-orang yang sudah terkena aplikasi ini otomatis akan menandai kita dalam komentarnya.

Ini tentu saja sebagai proses untuk menjangkiti akun yang belum terkena virus semacam ini. Namai saja itu virus karena cukup mengganggu. Anehnya masih saja banyak yang tertipu walaupun sudah jelas sekali langkah-langkah yang kita lakukan agar kita mengizinkan aplikasi tersebut menghijacked akun kita sendiri. Kayak buka pintu buat maling.


Bagaimana sekarang facebook teman-teman?

 
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design