4 April 2014

Yuk Menjadi Warga Indonesiana


Barangkali teman-teman sudah tak asing lagi dengan yang namanya blog dengan platform mirip forum. Jadi kayak ngeblog rame-rame di satu tempat yang sama. Akan berbeda dengan blog yang teman-teman buat di blogspot atau wordpress yang tidak ada istilah halaman utamanya untuk mengintip tulisan teman-teman yang lain. Sederhananya seperti orang yang ngekost di satu rumah besar yang sama kalau menulis di blog yang mirip forum ini. Satu di antara yang lumayan baru adalah Indonesiana dari Tempo.co.

Beberapa waktu lalu memang domain .co bisa dimiliki oleh siapa saja yang menginginkan. Perbedaannya si masalah harga. Jauh lebih mahal dibandingkan domain .com atau .net dan yang lainnya. Terasa asing? Memang domain dengan bagian belakang menggunakan .co masih cukup asing. Untungnya pas peluncuran Tempo.co saya membaca informasinya di internet. Sehingga saat akan membuka halaman mereka saya tak lagi keliru dengan beranggapan mereka menggunakan .com atau .co.id.

Dari Tempo ada blog yang bisa kita miliki secara gratis di Indonesiana.tempo.co. Tidak perlu memilih url pribadi sebab kita tinggal mendaftar di Indonesiana.tempo.co dan ketika sudah terdaftar langsung bisa memasukkan tulisan yang kita inginkan di sana. Jika memang teman-teman punya tulisan sendiri di blog tetapi tak banyak yang membaca, tak ada salahnya untuk memasukkan tulisan teman-teman ke Indonesiana sehingga lebih banyak orang yang tahu gagasan tersebut.

Namun teman-teman yang memasukkan tulisan di Indonesiana tak akan semudah memasukkan tulisan di blog sebab di blog kita, tidak ada yang akan memeriksa tulisan yang akan diterbitkan selain kita. Jadi tulisan apa pun bisa langsung kita posting di blog dan terbit sesuai keinginan kita. Beda dengan di Indonesiana. Ada admin yang akan memberikan izin tulisan tersebut untuk tayang atau tidak di Indonesiana.

Hari ini akhirnya saya mendaftar untuk menjadi warga Indonesiana dan memasukkan satu tulisan saya di sana. Rencananya memang akan ada beberapa tulisan yang akan saya masukkan di sana. Terutama tentang travel dan kuliner yang ada di Kalimantan Barat. Sebab masih banyak orang yang tak mengenal Pontianak dan Kalimantan Barat sebagai tempat wisata kuliner yang cukup menggiurkan. Apalagi buat teman-teman yang belum pernah mampir ke sini sebelumnya.


Untuk menjadi warga Indonesiana tidak dipungut bayaran apa pun. Tinggal gabung dan masukkan tulisan teman-teman di sana. Selamat mencoba.

Di Sini Bisa Copy Lagu?

Pertanyaan seperti ini adalah yang paling umum yang saya dapatkan ketika menjadi penyiar. Beberapa orang yang saya temui tak sengaja di studio entah itu teman yang singgah atau tukang yang mengerjakan sesuatu di kantor Radio Volare memiliki pertanyaan yang sama. Apakah mereka bisa mengopy lagu yang ada di studio Volare untuk koleksi mereka nantinya.

Terdengar sepele sebenarnya. Namun itu sama saja membajak karya orang lain. Sebab lagu yang ada di studio biasanya adalah lagu yang dikirim dari label dan tentu saja bukan hasil membajak yang sering dilakukan banyak orang. Bukan berarti saya tak pernah membajak karya orang untuk dinikmati ya. Jauh sebelum saya akhirnya siaran di Radio Volare, saya memiliki ponsel yang bisa memutar lagu dalam bentuk mp3 dan banyak sekali di antara kami yang saling bertukar lagu melalui bluetooth. Lagu yang ada di ponsel kalau bukan hasil bertukar-tukar dengan lagu teman ada pula yang hasil 'nyuntik' di toko ponsel terdekat.

Jadi ingat istilah 'nyuntik' lagu buat ponsel yang populer beberapa tahun lagu. Waktu itu memang banyak orang belum banyak yang menggunakan smartphone dan paket data tak semurah sekarang. Sehingga untuk mengunduh lagu agak merepotkan jika harus ke warnet. Pada masa itu warnet memang sangat dibutuhkan dan sering sekali menemukan warnet yang penuh dan banyak pula orang yang ngantri menunggu pengguna yang lain kelar menggunakan komputer yang disediakan di sana.

Dulu saya bisa menghabiskan berjam-jam sehari hanya untuk berinternet ria. Masih belum mengenal blog dan hanya chat-chat melalui mIRC. Sudah lama sekali tak membuka mIRC. Entah siapa yang masih menggunakan layanan dari mIRC untuk berkomunikasi dengan teman. Sebab sekarang jauh lebih praktis facebok. Informasi orang yang ngechat dengan kita pun dengan mudah bisa kita baca di halaman profilnya. Beda sekali dengan mIRC yang hanya bisa mengetahui username yang dia gunakan. Entah orang tersebut perempuan atau laki-laki kita tidak akan pernah tahu.

Siapa ya orang yang pernah chat dengan saya dulunya di mIRC? Belum sempat kopdar seperti banyak orang yang sudah menggunakan mIRC jauh lebih lama dibandingkan saya, mIRC keburu saya tinggalkan karena kemudian beberapa aplikasi chat seperti nimbuzz dan mig33 bisa dengan mudah saya pasang di ponsel saya. Paket internet waktu itu masih lumayan mahal. Namun karena tak menggunakan smartphone jadi paket datanya yang minim sekali dengan harga yang tinggi tersebut ternyata bisa digunakan untuk jangka masa yang lumayan panjang.


Balik lagi ke permasalahan copy lagu. Tentu saja saya menjawab 'tidak bisa' pada orang-orang yang ingin mengopy lagu di Radio Volare. Selain itu pembajakan, kalau diizinkan sekali, dapat dipastikan akan ada banyak orang lain lagu yang menginginkan hal serupa. Tak dapat dibayangkan nantinya orang pada berdatangan ke Radio Volare hanya untuk mengopy lagu.
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design