18 Maret 2014

Sosial Media Bukan Toko 24 Jam


Saya tak tahu apakah semua orang memiliki kecanduan yang sama dengan banyak orang lainnya terhadap sosial medianya. Tapi yang jelas, saya sendiri mengalami fase-fase yang cukup unik saat menggunakan sosial media. Tahun 2008, pertama kali saya membuat akun di facebook. Setelah seorang kawan SMA mengabarkan tentang facebook di friendsternya. Apalagi waktu itu sudah banyak yang mendengar bahwa friendster akan ditutup. Walaupun pada akhirnya friendster masih ada, tetapi dengan nuansa yang berbeda. Diambil alih negara lain dan digunakan dengan cara yang lain pula.

Saya pun membuat akun di facebook dan cukup kebingungan. Mau ngapain di situ. Update status itu apa. Semuanya asing. Sangat asing. Apalagi orang-orang di dalamnya juga tak banyak yang saya kenal. Beberapa bulan kemudian mulai ikut-ikutan orang untuk berdagang di facebook. Pas pertama kali dagangannya laku itu rasanya 'waw' sekali. Artinya ini bukan hanya sekadar untuk pamer status atau pajang foto. Bisa juga buka lapak, pikir saya waktu itu. Namun sebenarnya melalui tulisan ini saya ingin menunjukkan kecanduan saya dulu pada facebook.

Saking kecanduannya, ada yang salah kalau satu jam tak buka facebook. Padahal waktu itu saya menggunakan nokia symbian untuk membuka sosial media. Cukup lama saya menggunakan nokia symbian tersebut. Sampai tahun 2012 seingat saya. Waktu saya akhirnya mendapatkan android pertama saya. Selama beberapa waktu, masih awal-awal menggunakan facebook rasanya ada yang komen dan mesti dibalas di facebook. Atau takut ketinggalan status teman-teman yang berbagi di sosial medianya. Entah saya saja yang merasa demikian beberapa tahun yang lalu atau teman-teman juga begitu?

Sampai akhirnya sekarang saya menyadari bahwa sosial media bukan toserba yang buka 24 jam. Tak setiap waktu kita harus membalas komentar orang lain atau memberikan komentar pada status tertentu. Sosial media sekarang saya gunakan sekadarnya. Tidak hanya facebook, twitter pun tak kecanduan lagi. Kadang hanya berbagi link blog di twitter dan facebook sudah cukup. Saking malasnya mau berlama-lama di sosial media saya hanya membalas komentar orang di status atau kiriman saya dengan memberikan jempol saja di komentar tersebut.

Padahal di android notifikasi langsung terdengar dalam hitungan detik saat akan yang mengirimkan sesuatu di akun sosial media saya. Tak selamanya juga sih kita bisa berkutat dengan hal-hal tersebut. Sekarang sosial media hanya media pelengkap bagi 'kehidupan maya' saya tapi tetap tak akan bisa menggantikan kehidupan saya yang sebenarnya di dunia nyata.


Dunia nyata akan selalu lebih indah. Percayalah.

IcanHasCheezburger Tentang Berbagi Kebahagiaan




Barangkali kebanyakan orang mengira berbagi hal sederhana kayaknya tak begitu 'waw'. Banyak di antara kita yang bisa saja berpikir bahwa untuk menghasilkan sebuah blog yang akan dianggap keren oleh orang lain adalah dengan tulisan yang berbobot, gambar yang mumpuni, dan bahkan video yang ciamik. Berjam-jam baru selesai sebuah tulisan yang kita anggap berkualitas. Bahkan bisa jadi ada orang yang menyelesaikan satu tulisan seharian. Kemudian mengatakan bahwa dia tidak mementingkan kuantitas tapi mementingkan kualitas. Dalam kacamata sebagian orang, bisa jadi bahwa tulisan yang berkaulitas jumlahnya tak banyak dihasilkan. Kemudian lama proses menyelesaikannya.

Namun bukan hal itu yang ingin saya bahas di sini. Melainkan ingin membagikan sebuah website yang sebenarnya idenya sederhana. Hanya berbagi gambar. IcanHasCheezburger. Membagikan banyak sekali gambar-gambar kucing yang lucu bahkan hewan yang lain. Tema utamanya adalah gambar tersebut lucu. Walaupun saya yakin lucu menurut satu orang belum tentu lucu menurut orang lain. Di IcanHasCheezburger kita bisa mensubmit foto lucu ala kita sendiri. Baik itu kucing atau hewan yang lain seperti anjing.

Apabila kita perhatikan banyak foto yang bagi kita lucu ternyata banyak mendapat jempol ke bawah dibandingkan jempol ke atas. Itu artinya bahwa foto tersebut menurut sebagai besar orang yang memberikan penilaian kurang lucu atau bahkan tak lucu sama sekali. Apa yang saya lihat dari website ini adalah kita tak perlu menjadi orang yang paling lucu sedunia atau penulis yang paling hebat sekalipun untuk berbagi kebahagiaan bagi orang lain. Hal-hal sederhana seperti foto dan video hewan di rumah bisa membangun sebuah website raksasa yang ternyata bisa menghasilkan banyak uang. Meskipun bukan uangnya yang sebenarnya ingin saya tekankan. Ini bukan hanya tentang uang.

Berbagi kebahagiaan. Berbagi tawa buat orang lain. Bahkan dibagikan secara cuma-cuma. Saya pikir buat blogger seperti kita yang lebih banyak berbagi tulisan dibandingkan foto dan video, kebanyakan hal di luar tulisan hanya menjadi penunjang, bukan menu utamanya, tuliskan apa saja. Jangan merasa takut untuk menulis karena terlalu pendek atau terlalu panjang. Apalagi ketika kita merasa tak ada yang penting untuk dituliskan. Ketik saja apa yang kita tahu. Apa yang kita pikirkan. Apa yang kita lewati dan rasakan. Selama hal tersebut bisa memberikan hal yang bermanfaat buat orang lain. Menyuntikkan energi positif buat siapa pun di luar sana yang mau mampir ke blog kita.

Berikan apa yang kita bisa. Bukankah orang yang paling baik di dunia ini adalah orang yang bermanfaat buat orang lain. Walaupun hanya satu orang yang mendapatkan manfaat dari tulisan-tulisan kita tidak mengapa. Itu sudah cukup untuk kita berikan manfaat. Apalagi di dunia online seperti ini, saya yakin akan lebih banyak orang yang bisa kita jangkau. Syukur-syukur semua yang mampir ke blog kita bisa mendapatkan manfaat yang baik dari apa yang kita tuliskan.

Lihatlah IcanHasCheezburger. Dari nama websitenya saja 'I can has cheez burger'. Cheez Burger. Makanan yang dengan mudah kita dapatkan di mana-mana. Burger keju. Sederhana bukan? Bukan makanan eksklusif yang hanya kita dapatkan di restoran mahal tertentu. Bahkan burger keju bisa kita temukan di gerobak pinggir jalan di negara Indonesia ini. Tak perlu membayar lebih dari 10.000IDR. Tapi ketika kita lihat alexa rank yang dimilikinya kita akan sadar bahwa website yang intinya hanya berbagi gambar lucu ini, itupun bisa berasal dari pengunjung yang ingin memamerkan foto jepretannya atau video yang dia rekam, bahwa yang mendatanginya sangat banyak setiap harinya. Menempati posisi 1.001 di dunia dan 430 di USA.



Jadilah diri sendiri, tak perlu mencoba menjadi blogger yang ingin se-WAW blogger lainnya. Sebab saya yakin, setiap dari kita punya keistimewaan dan keahlian masing-masing. Tulis saja apa yang kita tahu dan percaya bahwa akan ada orang yang mendapatkan manfaat dari tulisan kita. Bagikanlah energi positif dan kebahagiaan pada orang lain.
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design