15 Maret 2014

Come to Pontianak and Eat!


Kalau teman-teman bingung mau menghabiskan waktu liburan di mana. Apalagi jika liburannya tidak panjang. Tak ada salah traveling ke Pontianak lalu menjelajahi surga kuliner yang ada di sini. Tak banyak memang yang bisa dipamerkan di Pontianak selain wisata kuliner dan warung kopinya. Sebab Tugu Khatulistiwa terletak di Siantan. Lumayan jauh dari Pontianak. Namun tentu saja teman-teman tetap harus menyempatkan singgah di Tugu Khatulistiwa. Apalagi jika pas ke sini bulan Maret atau September. Ada peristiwa alam yang cukup unik di sini.

Kulminasi.

Saat Kulminasi terjadi akan ada 'keajaiban'. Bayangan beda yang berada dekat dengan titik equator akan menghilang. Karena pada saat itu posisi matahari akan sejajar dengan poros bumi. Tepat di atas kepala kita. Biasanya di sana akan banyak sekali acara. Saat akan terjadi Kulminasi juga akan disiapkan kaca pembesar di atas mercon. Lalu sinar matahari yang sudah pas posisi Kulminasinya akan membuat mercon tersebut terbakar. Mercon akan meledak dan membuat suasana menjadi ramai. Soal panas jangan ditanya. Saat terjadi Kulminasi cahaya matahari sangat terang menyilaukan.

Telur yang diletakkan di dekat titik poros bumi pun dengan mudah berada di posisi tegak. Tanpa bantuan alat apa pun. Hanya diletakkan posisinya tegak sempurna.

Itu kalau teman-teman mampir saat fenomena Kulminasi. Kalau hanya ingin mampir ke Pontianak pada hari biasa teman-teman bisa mencicipi beragam makanan di Pontianak. Mulai dari makanan pinggir jalan hingga restoran yang mewah. Banyak sekali yang menyediakan pilihan makanan di sini. Dari makanan Melayu sampai Tionghoa ada semua. Cukup perhatikan tulisan yang disediakan di tempat makan tersebut. Sebab khusus untuk pedagang yang menjual makanan yang tidak halal tetap akan menampilkan apa makanan yang dia jual. Tak usah khawatir kecewa saat masuk ke tempat makanan yang diberi label halal.


Bulan Maret begini tiket sedang murah-murahnya. Untuk ke Pontianak dari Jakarta banyak penerbangan yang menyediakan harga tiket yang lumayan murah. Sekitar 400-500ribu untuk satu penumpang. Cukup terjangkau bukan? Jangan tanya tiket kereta api sebab di Kalimantan Barat tidak ada kereta. Pilihan kendaraan yang bisa ditumpangi dari luar Kalimantan Barat hanya pesawat dan kapal. Sedangkan bus antar Kalimantan belum tersedia.

Supercute Stuff From @siiesde









Siapa di sini yang sudah mengenakan kerudung dalam kesehariannya? Biasanya pasti yang paling banyak dimiliki perempuan yang menutup auratnya adalah peniti untuk menjaga kerudungnya tetap rapi.



Kita bisa mendapatkan banyak sekali jenis peniti di luar sana. Mulai dari yang jenis lama sejak jaman kita kecil sudah ada, jarum pentul yang dijual dalam sebuah benda bulat dan penitinya melingkar. Lalu buat brosnya sendiri macam-macam yang ada. 



Saya sendiri tak begitu memperhatikan perkembangan bros buat jilbab muslimah. Tetapi kalau sering buka instagram pasti akan menemukan banyak sekali toko online yang menjual pernak-pernik kerudung selain kerudungnya sendiri. 

 

Di instagram kebanyakan toko yang menyediakan penutup kepala muslimah ini akan menggunakan kata hijab yang memang lebih ngetrend. Sampai akhirnya saya menemukan sebuah akun yang menyediakan banyak sekali benda buatannya sendiri dengan merek sendiri dengan harga terjangkau tapi barangnya itu supercute. 



Imut banget bros buatan tangan terampil pemilik toko online ini. Teman-teman yang punya akun instagram bisa mampir ke akunnya dengan username @siiesde atau bisa juga mampir ke halaman facebooknya.



Tidak pernah bosan melihat kreasi buatan tangannya. Walaupun barang yang disediakan ini imut-imut tapi tahan banting lo. Tahan banting maksudnya nggak gampang rusak. Tak perlu membantingnya buat dites. 



Hahahaha… jadi saat kiriman dari @siiesde datang saya langsung buka dan pake kemudian menekan-nekannya, bolak-balik barangnya. 



Bahkan saya menarik-narik pita yang digunakan untuk mengetahui apakah memang brosnya ini tidak akan langsung rusak hanya dalam beberapa kali penggunaan. Ternyata lem yang digunakan itu memang super kuat. Jadi brosnya tidak akan gampang rusak.



Selain bros @siiesde juga menyediakan kerudung alias hijab alias jilbab. Kerudungnya panjang banget. Suka jadi gampang mau dimodelin seperti apa. Karena saya suka mengenakan kerudung yang tidak tembus pandang, saya menyiasati kerudung yang tidak begitu tebal ini dengan kerudung satin milik saya. Tak menemukan warna senada saya padukan saja dengan kerudung warna biru. Tetap cocok kan?



Buat teman-teman muslimah yang memang bingung mau cari bros murah dan supercute, mampir saja ke akunnya @siiesde di facebook dan instagram. 

 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design