2 Februari 2014

Liburan ke Pulau Terkecil di Dunia Yuk!


Apakah teman-teman sudah tahu tempat liburan yang menyenangkan dan tak perlu merogoh kocek dalam-dalam? Sebab tempat wisata di Indonesia sudah ada Pulau Simping, pulau terkecil di dunia. Barangkali banyak di antara teman-teman yang sudah terbiasa mendengar tentang promo tempat wisata yang ada di seluruh dunia dan berharap suatu hari nanti bisa berlibur ke sana. Padahal ada sebuah tempat di Indonesia yang bisa teman-teman datangi dengan harga yang terjangkau dan banyak sekali penerbangan yang bisa teman-teman gunakan untuk datang ke sini.

Untuk datang ke Pulau Simping memang teman-teman mesti mampir dulu di Bandara Internasional Supadio yang ada di Kubu Raya, tak seberapa jauh dari Kota Pontianak. Bisa pilih penerbangan apa saja yang teman-teman inginkan. Bisa menggunakan Lion air, Sriwijaya, Garuda Indonesia, Citilink, atau Mandala. Jika teman-teman ingin mendatangi Kalimantan Barat dari Jakarta cukup beli satu tiket pesawat saja. Tak ada ceritanya teman-teman akan transit di kota yang lain sebelum tiba di Kalimantan Barat.

Kalau teman-teman memilih penerbangan yang ekonomis saya dapat info bahwa Citilink lagi ada promo dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong. Sebab yang namanya liburan yang paling ingin kita tekan selain biaya pengeluaran untuk penginapan dan makanan biasanya adalah harga tiket pesawat. Saran saya kita harus bisa merencanakan liburan jauh-jauh hari kisaran 1-2 minggu untuk mempersiapkan segala halnya agar tidak keteteran termasuk booking tiket yang bisa dilakukan secara online. Untuk harga tiket menuju Bandara Internasional Supadio rata-rata akan sedikit mahal jika di hari Sabtu-Minggu serta hari libur dan perayaan hari tertentu, so jika ingin berlibur di hari tersebut, sebaiknya siapkan budget yang cukup untuk Pulang Pergi.

Di sini tak hanya ada Pulau Simping, pulau terkecil di dunia yang terletak di Kota Singkawang. Jika tujuan teman-teman liburan adalah untuk mampir ke pulau-pulau kecil, selain pulau terkecil ada juga pulau yang lebih besar dan menawarkan keindahan alam yang akan membuat teman-teman bisa melepaskan penat setelah sepanjang tahun bekerja. Ada Pulau Lemukutan, Pulau Randayan, Pulau Datok. Semuanya ada di Kalimantan Barat.

Nah di Singkawang sendiri masih banyak tempat yang bisa teman-teman singgahi. Seperti Pantai Pasir Panjang dan Pantai Batu Payung. Punya waktu lebih banyak? Bisa datang ke Pontianak pada tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September untuk menyaksikan fenomena Titik Kulminasi yang ada di Tugu Khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari sejajar dengan poros bumi sehingga untuk beberapa saat bayangan semua benda yang ada di sekitar Tugu Khatulistiwa akan menghilang. Fenomena ajaib lainnya adalah telur-telur bisa diposisikan berdiri tegak tanpa bantuan apa pun.


Semua itu ada di Kalimantan Barat. Bumi Khatulistiwa. Jangan takut kepanasan di sini. Walaupun ada kota yang berada di titik khatulistiwa suhu normalnya masih sekitar 30-34 derajat. Menyenangkannya lagi di sini teman-teman akan jarang menemukan kemacetan. Jadi buat yang sudah sumpek dengan Jakarta yang tiap hari macet bisa liburan ke Kalimantan Barat untuk merasakan suasana yang berbeda dari biasanya.

Traveling ke Kalimantan Barat Itu Uji Nyali








Sudah pernah jalan-jalan ke Kalimantan Barat? Barangkali dari banyak blog yang membahas soal traveling tak banyak yang menyuguhkan tempat yang bisa teman-teman kunjungi dengan bertaruh nyawa dan jauh dari rasa nyaman. Pernah ke wilayah timur Kalimantan Barat? Biasanya orang yang ingin datang ke negara tetangga akan melewati jalan lintas negara yang ada di Kalimantan Barat ini menuju Indonesia. Jadi statusnya bukan hanya jalan negara tapi juga jalan trans internasional. Ajaibnya jalan ini keadaannya hingga tulisan ini diterbitkan malah semakin rusak.

Hancur lebur menjadi bubur.

Sudah banyak yang protes ke pemerintah. Memang harus ada gerakan blogger menggugat. Melelahkan memang harus melakukan protes setiap hari di sosial media. Entah itu di twitter, facebook, atau membuat tulisan yang lebih panjang di blog. Padahal sebenarnya ini adalah tugas dari pemerintah sendiri. Semua orang memang punya kepentingan di dunia ini tapi seharusnya semua manusia di dunia ini menonton Animal United. Supaya paham betul bahwa merusak alam hanya membahayakan keberlangsungan hidup manusia itu di bumi.

Sudah berapa banyak bencana yang datang? Banjir? Tanah longsor? Jalan hancur? Itu semua karena kesalahan manusia juga. Khusus untuk kasus di Kalimantan Barat tentunya selain jalannya memang tidak dibangun dengan layak, tak ada saluran air yang dibuat untuk tempat mengalirkan air hujan yang turun, banyaknya kendaraan yang melintas dengan membawa berton-ton bahkan puluhan ton barang tambang, juga menjadi penyebab aspal tersebut berubah menjadi bubur lumpur.

Kepentingan siapa yang punya hal ini?

Kalau dipikir dengan akal sehat. Akal yang tak punya kepentingan. Kita akan sadar sudah berapa banyak kerusakan yang terjadi di negara kita. Saling memperkaya diri dan tak peduli dengan alam ini. Kita cuma manusia. Kita butuh bumi untuk hidup. Apabila terus-menerus di rusak, kita mau tinggal di mana? Sebanyak apa pun uang yang kita miliki sudah tak ada harganya lagi jika tak ada bumi yang bisa kita tinggali.

Saya selalu ingat dengan ucapan seorang teman yang mengatakan bahwa nanti saat kita sudah meneguk air terakhir di muka bumi ini kita baru sadar bahwa uang yang kita miliki tak ada gunanya lagi.


Suka traveling yang menguji nyali? Datang ke wilayah timur Kalimantan Barat. Bawa kendaraan offroad. Sebab jalan lintas negaranya sudah tak memungkinkan sekali untuk dilintasi dengan kendaraan biasa. Siap-siap kecebur lumpur ya!
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design