12 Desember 2014

Cetirizine Buat Alergian Debu, Asap Rokok, dan Cuaca Dingin


Saya sudah terbiasa bersin puluhan kali sehari dengan kecepatan bersin yang cukup membuat hidung saya sakit jika tidak dibersinkan. Harus dibersinkan seperti seharusnya supaya bersin itu tidak membuat air mata saya keluar karena menahannya. Saya sudah terbiasa dengan tatapan banyak orang yang langsung menatap saya ketika saya bersin. Sebab bersin saya sangat nyaring. Terlalu nyaring dan bisa mengejutkan orang. Saya sendiri tak bisa menghitung lagi sudah berapa kali saya bersin sepanjang hidup saya.

Menyebalkan?

Sudah terlalu terbiasa untuk sebal. Tapi ternyata ada obatnya yang setidaknya bisa mengurangi selama sehari atau dua hari bersin tersebut. Saya biasanya minum 1 butir obatnya jika memang bersinnya banyak sekali hari tersebut dan tidak meminumnya kalau bersinnya masih bisa ditoleransi. Sebenarnya kalau hanya bersin tak seberapa masalah, yang membuat masalahnya bertambah adalah hidung langsung mampet dan melerlah cairan di dalamnya.

Cetirizine cukup ampuh sejauh ini untuk menghilangkan tingkat sensitif hidung saya terhadap sesuatu. Selain itu sih memang saya harus menjauhi pemicunya. Paling kuat adalah asap rokok. Saya bisa langsung bersin jika ada yang merokok di dekat saya atau jaraknya hanya 5-6 meter. Untungnya suami sekarang sudah total berhenti merokok jadi saya tidak perlu khawatir ketika berada di rumah.

Jadi buat yang memiliki hidung seperti saya. Selain harus meningkatkan sistem imun di tubuh juga boleh konsultasi dengan dokter THT untuk obat yang bisa digunakan untuk mengurangi bersin berkepanjangannya. Cetirizine sendiri dijual di apotik dengan harga yang cukup terjangkau.

Semoga cepat sembuh ya! 

@honeylizious

Followers