24 Desember 2014

Cara Menghilangkan Gatal Saat Cacar

Sudah lama sekali sejak terakhir kali terkena cacar. Ya walaupun itu belum 10 tahun yang lalu tapi tetap saja rasanya sudah lama sekali. Teman-teman sekolah saya sih dulunya rata-rata terkena cacar saat masih kecil. Saya sendiri tiba-tiba kena cacar waktu sudah kuliah. Sedikit menyebalkan ternyata terkena saat dapat tugas mengajar di sebuah sekolah.

Awalnya tak menyadari bahwa itu adalah cacar. Berjangkit dari adik saya yang lebih dulu kena dan juga beberapa murid di tempat saya praktik mengajar juga kena. Kayak ada musim-musimnya gitu. Padahal rasanya saya dan adik sudah pernah ikut imunisasi cacar. Tetap saja kena penyakit yang satu itu. Cukup mengganggu aktivitas sih. Soalnya saya yang sedang praktik mengajar seharusnya tidak mengambil cuti sakit terlalu lama bisa berakibat menurunnya nilai mengajar saya nantinya, dan pada akhirnya itu memang benar.

Sudah lewat sih ya tak perlu dikenang lagi saya gagal mendapatkan nilai A untuk mengajar pertama kalinya di sekolah.

Cacar air yang saya derita waktu itu gatalnya minta ampun. Untungnya Umak sudah tahu caranya mengatasi rasa gatal yang berlebihan saat terkena cacar. Jadi cara menghilangkan gatal saat terkena cacar adalah dengan mandi air yang sudah dicampur dengan daun seledri atau di sini disebut daun sop. Cukup mencampurkan beberapa batang daun seledri yang sudah diremas-remas ke air yang akan digunakan untuk mandi.

Saya sendiri menggunakan air dingin biasa untuk mandi. Jadi suhunya bergantung suhu di kamar mandi. Setiap kali gatal menyerang saya akan menyiram tubuh saya dengan air yang bercampur dengan daun seledri. Walaupun ada juga orang yang beranggapan bahwa terkena cacar tak boleh mandi sama sekali. Saya malah mandi berkali-kali dalam sehari. Setiap gatal gara-gara cacar, saya masuk ke kamar mandi dan memandikan air tersebut.

Di kamar mandi setiap paginya saya sudah memcampurkan air di bak mandi dengan daun seledri supaya langsung bisa digunakan saat saya merasa gatal karena cacar. Kalau gatalnya tidak hilang takutnya tangan saya tanpa sadar menggaruknya dan akan menimbulkan bekas yang tidak diinginkan di kulit. Muka yang kena cacar juga saya cuci pakai air yang sama. Selain menyegarkan, menurunkan suhu tubuh, air yang sudah dicampur daun seledri itu efektif menghilangkan rasa gatal cacar.
Buat yang sekarang kena cacar semoga cepat sembuh ya! Selamat mencoba.

@honeylizious

Followers