7 November 2014

Tips Praktis Merawat Kamera DSLR



Kamera DSLR tidak bisa disamakan dalam hal perawatannya jika kita bandingkan dengan kamera saku. Banyak orang yang cenderung berhati-hati saat membawa kamera mahal seperi DSLR namun sebenarnya yang perlu ditekankan disini adalah banyaknya komponen yang ada dalam perangkat tersebut sehingga jika tidak dirawat dengan baik akan mengakibatkan malfungsi yang menghambat kegiatan pengambilan foto.

Kamera jenis DSLR membutuhkan perawatan khusus sehingga kita bisa memperpanjang masa pakainya. Jika ada komponen yang mengalami kerusakan maka kita tidak bisa memaksimalkan fungsi kamera tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips seputar perawatan kamera tersebut:

  • Untuk menghidari kondisi lembab yang memicu jamur, taruhlah silica gel pada tas penyimpanan kamera,
  • Bersihkan sela-sela tombol dengan cotton bud dan kuas lembut,
  • Bersihkan lensa dengan cleaning kit khusus.

Kotoran yang menempel pada lensa akan mempengaruhi kualitas gambar yang anda tangkap. Sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam membersihkan bagian ini sehingga tidak terjadi goresan. Untuk mempermudah proses pembersihkan, anda disarankan untuk menggunakan cleaning kit khusus lensa kamera DSLR yang dijual di toko-toko kamera. Simpan kamera anda di tempat yang bersih dan kering. Untuk menghindari kelembaban, anda dapat memanfaatkan silica gel. Saat membawa kamera sebaiknya anda juga memakai tas khusus dengan kompartemen yang pas untuk komponen-komponen kamera sehingga tidak saling tumpang tindih dan jangan menaruh beban berat di atas kamera. 

@honeylizious

Followers