18 November 2014

Teknologi Organic Rankine Cycle untuk Energi Terbarukan


Perkembangan ekonomi dan teknologi yang terus meningkat membuat banyak bermunculan perusahaan dan industri baik skala kecil maupun besar. Tak hanya di kota-kota besar, di daerah bahkan hingga pelosok juga sudah mulai berdiri industri-industri yang mengolah hasil alam kawasan tersebut. Sebagian besar perusahaan dan industri membutuhkan tenaga listrik dengan daya besar untuk menunjang aktivitas. Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan penyedia listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia. Listrik dan energy management yang benar merupakan hal utama yang mutlak dibutuhkan untuk berlangsungnya kerja perusahaan dengan optimal.
Hampir semua mesin dan alat elektronik berfungsi normal dengan adanya listrik sebagai sumber energinya.Kebutuhan energi listrik yang begitu besar terkadang tidak dapat terpenuhi seluruhnya oleh pihak PLN sebagai penyedia listrik. Oleh karena itu PLN dan pemerintah Republik Indonesia menyerukan untuk melakukan gerakan penghematan energi kepada seluruh elemen bangsa. Hal ini juga dilandasi oleh adanya kekhawatiran akan habisnya sumber energi fosil yang selama ini menjadi sumber energi utama. Oleh karena itu butuh energi terbarukan untuk menyelesaikan persoalan kebutuhan listrik di dalam negeri.
Sejalan dengan hal tersebut, untuk menyediakan listrik dari sumber energi terbarukan, dapat memanfaatkan sumber panas dengan menggunakan teknologi Organic Rankine Cycle (ORC). Teknologi ini merupakan modifikasi dari bentuknya yang konvensional yaitu dimana refrigeran digunakan sebagai fluida kerja yang akan menghasilkan energi listrik. Teknologi Organic Rankine Cycle (ORC) merupakan salah satu bentuk energy management yang dapat memenuhi kebutuhan listrik dari sumber terbarukan sehingga ramah terhadap lingkungan.
Organic Rankine Cycle (ORC) dapat menghemat energi karena sistem ini menggunakan limbah panas yang dihasilkan dari proses industri untuk memberikan tenaga listrik tambahan. Untuk menghasilkan energi listrik, teknologi ini bekerja menghasilkan uap refrigeran yang dihasilkan dari temperatur dan tekanan rendah. Uap refrigerant tersebut akan digunakan untuk menghasilkan energi listrik dengan cara memutar turbin.
PT. Sumberdaya Sewatama menjawab tantangan dan kebutuhan tersebut, sebagai perusahaan dengan visi menjadi solusi penyediaan listrik terdepan, menyediakan produk Organic Rankine Cycle (ORC) yang dapat mengefisiensikan energi dalam industri. Sewatama berkomitmen untuk menjadi pengembang utama energi baru dan terbarukan. PT. Sumberdaya Sewatama bekerja dengan professional untuk mendukung pembangunan terutama di bidang listrik yang berbasis sumber daya alam.


@honeylizious

Followers