8 November 2014

Semur Daging Khas Jawa



Tahukah Anda bahwa kuliner merupakan salah satu dari budaya? Kuliner adalah bagian dari budaya suatu daerah. Indonesia yang memiliki luas wilayah begitu besar juga memiliki kuliner khas yang berbeda di setiap daerahnya. Salah satunya adalah semur daging. Meski berbahan dasar sama, setiap daerah akan memiliki cita rasa yang berbeda pada masakan ini. Sebut saja ada masakan daging khas jawa, Palembang, sunda, betawi, dan lain-lain.

Masakan jawa identik dengan cita rasa manis pada hampir setiap menu, hal ini berbeda dengan cirri khas masakan Sumatra yang pedas. Kali ini, mari kita simak proses pembuatan bahan masakan daging yakni semur khas jawa:

  1. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan kemiri.
  2. Setelah tumisan berubah aroma menjadi wangi, tambahkan daging yang sudah dipotong sesuai selera.
  3. Sembari menunggu daging matang sempurna, tambahkan garam dan kecap manis.
  4. Aduk semua bahan higga merata.
  5. Tuangkan air perlahan-lahan.
  6. Tunggu hingga matang.

Menyajikan semur daging istimewa tidak bisa lepas dari kecap sebagai bumbu utama. Pakai kecap Bango yang sudah terbukti kualitas dan rasanya. Terbuat dari kedelai hitam pilihan yang ditanam di kebun petani-petani Indonesia. Dengan kecap Bango, tidak hanya semur yang dapat disajikan, namun juga aneka masakan lain yang juga lezat dan memiliki cita rasa nusantara.


@honeylizious

Followers