23 November 2014

Menu Akhir-Akhir Ini


Beberapa hari terakhir ini saya makannya sederhana sekali. Sedang doyan dengan tempe goreng di warung nasi padang. Jadi yang sama masukkan ke dalam piring nasi yang sudah ditumpahi kuah kental penuh bumbu dan daun singkong yang super banyak plus sambalnya, hanyalah tempe goreng dan sekeping bakwan udang yang krispi. Sepiring nasi tempe begini hanya dihargai Rp6.000. Saya sedang mual dengan daging ayam. Padahal dulunya yang saya makan di warung nasi padang biasanya ayam goreng atau bakar.

Makan sayuran juga sekarang jadi kewajiban. Kalau tak makan daun-daunan yang hijau rasanya ada yang kurang dalam hidup sehari itu. Oiya minum es juga sudah ditinggalkan. Tak ingin susah melahirkan nantinya. Sedangkan tahu kurang saya suka yang di Pontianak ini. Saya kangen sekali dengan tahu yang ada di Jawai. Di warung tahu goreng yang sejak kecil saya kenal. Di sana saya selalu merasakan enaknya tahu goreng yang lembut dalamnya. Belum lagi rasa sambalnya yang khas dan juga aromanya yang mengingatkan saya tentang banyak hal.

Satu tahu yang dipotong menjadi 9 potongan dadu. Saya yang waktu itu tak lebih tinggi dari kuali di atas tempat penggorengan tahu sekarang sudah bisa melihat dengan jelas tahu yang digoreng di dalamnya. Tak banyak yang berubah dengan warung itu. Entah kapan saya bisa pulang dan mampir ke warung tahu tersebut.

Eh iya ngomong-ngomong soal menu makan saya beberapa hari terakhir ini sebenarnya sebelumnya saya makannya nasi sama Garang Asem saja sekitar semingguan. Daging ayamnya tak begitu banyak saya makan, saya lebih memilih menikmati kuahnya dan potongan tomat dan cabai di dalamnya. Paling suka Garang Asem di Pontianak ini yang dijual di Warung Soto Solo Berseri dekat Radio Volare. Semangkoknya hanya Rp8.000. Tambah nasi jadi Rp11.000. Taburan bawang gorengnya juga banyak. Suka deh dengan pedagang makanan yang nggak pelit bawang goreng.

Beberapa hari lagi saya yakin akan ada makanan lagi yang akan jadi menu beberapa hari berikutnya, tak tergantikan oleh makanan lain. Entah apa menunya. 

@honeylizious

Followers