7 November 2014

Kuman Penyebab Masalah Kesehatan




Kuman yang berada pada tubuh manusia dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu dibutuhkan penggunaan sabun yang dapat memberikan perlindungan anti kuman sehingga tubuh dapat terhindar dari infeksi-infeksi yang disebabkan oleh kuman.
Beberapa jenis kuman yang dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi manusia antara lain:
  1. Propionibacterium. Dikenal sebagai mikroorganisme yang paling banyak ditemukan pada kulit manusia. Propionibacteria hidup di sekitar kelenjar keringat, kelenjar remak dan area lain di kulit manusia. Walaupun tidak menimbulkanmasalah bagi sebagian orang, namun bagi sebagian lain Propionibacteria merupakan penyebab timbulnya jerawat di kulit manusia
  2. Staphylococcus aureus. Bakteri ini cukup sering menimbulkan infeksi pada kulit manusia. Beberapa masalah kesehatan yang diakibatkan oleh bakteri Staphylococcus aureus ini antara lain:
  •  Folliculitis. Merupakan infeksi atau peradangan pada folikel rambut. Dapat muncul pada bagian manapun di permukaan kulit kecuali telapak tangan dan telapak kaki yang tidak memiliki jaringan folikel rambut.
  • Bisul (Furunculosis). Merupakan infeksi bakteri pada kulit yang lokasinya terletak jauh di dalem kulit dan dapat terjadi dibagian manapun di kulit selama memiliki jaringan folikel rambut. Biasanya muncul berupa satu benjolanberwarna merah.
  • Impetigo. Penyakit infeksi bakteri ini paling banyak muncul pada anak-anak. Impetigo muncul berupa pustula, yaitu lepuhan-lepuhan kecil berisi nanah yang dapat timbul tertular orang lain yang terkena impetigo atau bisul, ataubisa juga muncul dikulit secara tiba-tiba.
  • Ketombe. Ketombe merupakan pengelupasan kulit kepala yang normal terjadi pada manusia. Namun menggaruk kulit kepala yang berketombe secara berlebihan dapat meningkatkan resiko infeksi oleh bakteri S.aureus sehinggaketombe bertambah parah.

3. Salmonella typhi. Penyebab utama demam typhoid atau tipus. Terjadi apabila mengonsumsi makanan yang terpapar bakteri S. typhi atau tangan yang terpapar bakteri tersebut namun langsung mengonsumsi makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.


Rentannya tubuh manusia terhadap infeksi kuman menyebabkan pentingnya menggunakan produk perlindungan anti kuman untuk mencegah masalah-masalah kesehatan tersebut. Hal yang bisa dilakukan antara lain menggunakan sabun cuci tangan anti kuman sebelum mengonsumsi makanan dan mandi menggunakan sabun perlindungananti kuman sehingga dapat mencegah kuman berkembangbiak pada tubuh manusia.



@honeylizious

Followers