14 Oktober 2014

Masalah di Yahoo Mail


Email pertama yang paling lama saya gunakan memang berada di Yahoo Mail. Maklumlah jaman dulu yang terkenal di kalangan pengguna baru email ya Yahoo itu. Tahunya Yahoo cuma email. Beberapa hari ini saya suka kesal dengan email spam yang masuk. Kayaknya sih mau nipu denga iming-iming sejumlah uang. Dulu pernah dapat juga tapi karena bahasa Inggris saya dulunya cukup kacau saya tak begitu mengerti dan cuek saja dengan semua informasi tersebut. Sekarang hampir tiap hari saya dapat. Satu pengirim bisa mengirimkan sampai puluhan email spam ini. Sudah saya blokir nanti muncul lagi dengan email yang berbeda.

Melelahkan sekali rasanya.

Padahal email yang saya cantumkan di blog adalah email dari Google bukan dari Yahoo, mengapa bisa terjadi spam yang seperti ini ya? Menyebalkan saat saya buru-buru mengambil hape gara-gara bunyi notifikasi email dan ternyata isinya cuma sampah. Saya jadi penasaran, apakah masih ada orang yang bisa tertipu dengan hal yang semacam ini? Bahkan saya sempat lihat ada yang berusaha mencuri akun paypal saya dengan mengirimkan email berpura-pura dari pihak paypal. Untung saya cek lagi alamat email yang digunakan yang ternyata alamat email gratisan.

Ampun deh, kalau mereka tergoda dengan akun paypal yang saya gunakan tanpa kartu kredit itu. Itu akun verifikasinya pake buku tabungan mandiri dan tidak terintegrasi dengan isi rekening saya. Jadi kalaupun akun saya itu terambil mereka juga tak akan banyak untungnya, orang isinya nggak banyak. Cuma buat transaksi whatsapp yang tak seberapa setiap bulannya.

Mungkin email spam semacam itu hanya bentuk lain dari mama minta pulsa atau penipuan melalui telpon yang mengatas namakan sebuah perusahaan bonafit yang mau memberikan hadiah mobil dengan syarat membayar sejumlah uang. Atau bahkan hanya mirip dengan penipu yang menghubungi kita dengan mengatakan 'anak kita sedang ada di kantor polisi' atau 'rumah sakit'?

Saya rasa ya, semua orang yang niatnya nipu orang, mau nyata ataupun maya mikir lagi deh, nggak akan ke mana kok uang yang kita dapatkan dengan cara seperti itu. Masih banyak cara mendapatkan uang dengan halal dan tak perlu menipu siapa pun. Hidup memang masalah pilihan tapi setidaknya jangan sampai pilihan kita mengganggu orang lain. 

@honeylizious

Followers