10 Oktober 2014

Fungsi Tepung Terigu Sebagai Bahan Kue



Sebagai salah satu bahan kue yang utama pastinya tepung terigu memiliki fungsi tersendiri. Seperti yang kita ketahui hampir semua pembuatan kue mulai dari kue kering sampai cake semuanya menggunakan tepung terigu. Bahkan bukan hanya kue saja masih ada juga makanan lainnya yang menggunakan bahan dasar tepung gandum ini. Oleh karena itu juga tepung terigu dibagi menjadi 3 jenis yaitu tepung terigu berprotein rendah, tepung terigu berprotein sedang dan tepung terigu berprotein tinggi.

Dalam pembentukan adonan tepung terigu juga memiliki manfaat yang besar karena berfungsi sebagai unsur penyatu adonan yang baik. Mungkin anda juga dapat melihat bentuk adonan yang belum ditambahkan dengan tepung terigu di dalamnya. Adonan tersebut pasti akan berbentuk encer bakan tidak dapat dibuat apapun jika bentuknya demikian. Berbeda dengan adonan yang sudah diberi tambahan tepung terigu pastinya adonan akan mudah dibentuk atau dicetak sehingga memudahkan proses pematangannya.

Agar adonan anda terbentuk sempurna gunakan tepung terigu yang sesuai misalnya untuk membuat kue tentu saja tepung terigu yang berprotein tinggi yang cocok. Dengan menggunakan tepung jenis ini maka kue hasil olahan anda juga akan berasa renyah namun lembut di mulut. Rasa kue yang demikian tentu saja sangat istimewa apalagi jika saat membuatnya anda menggunakan takaran yang pas dari setiap bahan utama pembuat kuenya.

Seperti yang kita ketahui selain tepung terigu masih ada bahan kue utama lainnya seperti mentega dan telur. Kedua bahan tersebut sama-sama memiliki khasiat yang penting tentunya sehingga mereka dilibatkan dalam pembuatan kue atau cake sekalipun. Untuk kue yang berasa manis diberikan tambahan lain yang umumnya berupa gula halus sedangkan untuk yang berasa asin bisa ditambahkan dengan keju, garam atau penyedap rasa lainnya. 

@honeylizious

Followers