19 September 2014

Cara Membuat Sayur Lodeh


http://www.royco.co.id/

Sayur lodeh merupakan salah satu jenis masakan Indonesia yang sederhana namun digemari banyak orang. Rasa dari sayurnya yang umumnya sangat manis dan gurih membuat masakan ini selalu menjadi favorit semua keluarga Indonesia. Selain enak sayur lodeh juga tentunya memiliki kandungan gizi yang baik mengingat di dalamnya terdapat banyak jenis sayuran yang kaya akan vitamin. Agar tidak berlama-lama lagi disini saya akan mengajak anda untuk membuat sayur lodeh yang manis dan gurih.

Sebelum memasak tentu saja terlebih dahulu anda harus menyiapkan bahan-bahannya. Bahan tersebut terdiri dari kacang panjang, kol, labu, daun melinjo, terong ungu dan tempe. Cuci semua bahan sayuran di atas kemudian potong-potong dengan bentuk sesuai selera. Setelah itu siapkan bumbu untuk sayurnya yaitu bawang merah, bawang putih dan kemiri kemudian haluskan. Sebagai bahan pengental air sayurnya siapkan santan baik hasil perasan parutan kelapa sendiri atau bisa juga membeli santan yang sudah jadi.

Cara memasaknya pertama panaskan air secukupnya kemudian masukan sayuran yang sulit empuk dan layu terlebih dahulu. Setelah airnya mendidih masukan sayuran lainnya yang mudah empuk dan layu yang sebelumnya belum dimasukan. Setelah itu tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan dan santan yang telah disiapkan sebelumnya kemudian aduk perlahan. Kecilkan api tambahkan garam, gula dan penyedap rasa secukupnya masak hingga harum.

Jika sudah tercium aroma masakan Indonesia satu ini barulah angkat dan tiriskan dalam wadah. Masakan sayur lodeh cocok sekali dihidangkan untuk menu makan siang dengan lauk lainnya berupa goreng ikan asin atau pindang, sambal dan kerupuk. Menu yang demikian sering sekali disajikan oleh kebanyakan keluarga Indonesia karena tergolong sederhana namun kenikmatan saat menyantapnya sungguh istimewa. Oleh karena itu juga resep sayur lodeh selalu dicari oleh sebagian orang yang sedang memulai belajar memasak. 

@honeylizious

Followers