2 September 2014

Buah Keranji

Saya tidak tahu buah ini ada tumbuh di mana saja. Tadi dini hari suami pulang dari Sintang setelah menjenguk nenek yang sedang sakit di sana. Bertepatan dengan saya yang ada kerjaan sampai malam. Jadinya saya tidak ikut serta untuk menjenguk nenek di sana. Padahal ingin sekali ikut jalan-jalan dengan suami sembari jenguk keluarga besarnya di sana.



Balik lagi ngomongin soal oleh-oleh yang dibawa suami dari Sintang. Buah Keranji. Buahnya manis kalau dagingnya berwarna cokelat kehitaman seperti ini. Beda cerita dengan buah keranji yang isinya kering dan berwarna oren. Nah itu biasanya asam.

Buah ini susah sih mencarinya dan tak banyak yang menanamnya. Di daerah hulu sih masih ada yang punya. Suami bawa sekantong besar. Karena memang buah ini ringan jadi 1-2kg sudah cukup banyak. Anak-anak biasanya memainkan buah ini dengan mengadunya. Satu orang akan mengadu satu buahnya dengan buah anak yang lain. Buah siapa yang pecah duluan kalah. Terus yang menang boleh memakan buah keranji dari anak yang kalah tadi. Kan sudah pecah... hehehe
Kangen juga dengan masa kecil yang masih memainkan buah keranji sebagai aduan. Teman-teman pernah makan buah ini?

@honeylizious

Followers