2 Agustus 2014

Kebaya Modern


Mau menghadiri pernikahan teman? Atau saudara? Enaknya pake apa sih sebenarnya? Saya sendiri sih kebanyakan datang menggunakan pakaian yang biasa saya kenakan. Hampir semuanya baju muslim atau dress panjang yang longgar. Walaupun sesekali saya sering melihat orang datang menghadiri resepsi pernikahan itu mengenakan kebaya. Lengkap dengan kain. Buat perempuan yang tak berkerudung biasanya lengkap pula dengan sanggulnya. Konde yang segede gaban itu apa tidak berat ya?

Beberapa puluh tahun ke belakang memang sih kebaya kayaknya kebanyakan dikenakan oleh orang tua. Apalagi kebanyakan orang muda melihat potongan kebaya ya gitu aja kayak kebaya pada umumnya. Nggak ada yang begitu menarik. Beda banget kan dengan sekarang. Kebaya modern terlihat begitu elegan dan cocok dikenakan beragam usia. Sama kayak pakaian berbahan batik yang dulunya hanya dikenakan untuk acara formal karena terlihat membosankan modelnya.

Kebaya modern memang membuat perubahan yang sangat besar bagi banyak orang yang selama ini menolak untuk mengenakan kebaya. Barangkali banyak di antara kita yang lebih memilih mengenakan kebaya hanya untuk hari besar seperti Hari Kartini. Mulai dari anak-anak akan mengenakan kebaya lengkap dengan kondenya. Jadinya kebaya terkesan hanya untuk Kartinian saja ya. Padahal sebenarnya masih banyak lagi acara yang cocok dengan kebaya. Terutama kebaya modern.

Apalagi di televisi kita juga sering melihat artis mengenakan kebaya. Terutama Pesinden Republik Indonesia. Soimah yang menghadirkan beragam kebaya modern. Mewah dan elegan. Kebaya modern membuat kebaya itu rasanya seperti pakaian negeri dongeng yang dikenakan oleh putri raja. Kalau ada film animasi dari disney untuk Indonesia saya rasa paling cocok ya dress untuk putri raja berbentuk kebaya modern.

Jadi kebaya tak lagi sekadar pakaian Kartini-an atau baju pernikahan saja. Pengembangan kebaya membuat kebaya sekarang bisa dikenakan untuk acara apa saja dan pemakainya juga bisa memberikan sentuhan sesuai usianya. Tak perlu juga menggunakan konde jika tak suka. Apalagi untuk yang masih remaja. Jika mengenakan kerudung bisa menggunakan variasi kerudung dengan warna yang sama. Atau buat yang tidak berkerudung bisa menggeraikan rambutnya dengan sedikit aksesoris.

Bawahan untuk kebaya modern juga tak mesti kain yang terlihat sempit itu bukan? Kebaya modern bisa dipadukan dengan rok batik yang modelnya modern. Kayak yang kita lihat di televisi banyak pula yang mengenakan kebaya modern dengan rok yang mengembang bermotif batik.

Kalau mau dibahas tentang kebaya modern ini memang tak akan pernah ada habisnya. Jangan takut tak menemukan penjual yang menawarkan kebaya modern. Sudah banyak toko online yang bisa menyediakan kebaya modern sesuai dengan desain dan warna yang kita inginkan. Bahkan ukurannya pun akan sesuai karena bisa pesan dulu sebelum dibikin.

Masih bingung mau pakai kebaya?


@honeylizious

Followers