15 Agustus 2014

Berdagang di Lapak Orang?

Baru aja nyobain nulis dalam bahasa Inggris sekarang mau curhat dalam bahasa Indonesia aja ah...

Memiliki beberapa fanspage akhirnya membuka mata saya tentang satu hal. Lapak spam. Apakah teman-teman yang punya fanspage menyadari ini dan akhirnya memutuskan tak ada yang boleh posting kecuali admin?

Dari semua lapak spam itu, semuanya sama. Jualan baju. Grosiranlah.... apalah. Beberapa waktu lalu sampai-sampai saya harus menghubungi nomor pemilik toko online yang jualan di facebook tapi ngiklannya ke lapak orang lain. Halaman kan milik masing-masing, lucu aja rasanya ya kalau ada yang dagang tapi nebeng di halaman orang lain.

Apakah mereka tak pernah membayangkan halaman yang mereka titipi dagangan mereka tanpa izin tersebut fungsinya untuk apa? Bukannya sekarang banyak grup di facebook yang menyediakan tempat buat lapak dagangan nyepam? Mereka itu nyepam saking nggak lakunya apa bagaimana ya? Soalnya selama ini saya dagang nggak nyepam di halaman dagangan orang lain. Karena saya merasa itu sangat tidak sopan.

Membangun halaman facebook dan mendapatkan like secara natural butuh waktu dan usaha. Tak mudah. Tapi apa salahnya sih ya bikin fanspage sendiri. Lima menit juga jadi. Terus nyepamlah di sana sendiri. Kalau memang dagangan kita menarik dan dibutuhkan orang lain, pastilah ada yang beli. Beriklan memang tak boleh putus, tapi beriklan di tempat yang tak seharusnya bukannya akan membuat halaman facebook orang jadi semak ya?

Setiap ada yang posting biasanya akan saya banned di halaman facebook tersebut. Tapi kayaknya mereka punya 1.000 akun bayangan buat beroperasi. Kesannya jadi kayak penipuan ya? Bos saya dulu bilang kalo mau berdagang yang pertama harus kita pegang adalah kepercayaan orang. Kepercayaan itu dibangun. You have to earn it. Bukan hal yang gampang. Apa nggak capek nyepam kayak gitu? Mungkin ada toolsnya kali ya. Sehingga mereka tak butuh waktu lama untuk melancarkan aksi nyepam di lapak orang dengan akun yang lain kalau memang akun sebelumnya di banned.

Lucu sih ya... lucu-lucu menyebalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers