21 Agustus 2014

Apakah Audit Energi Listrik Itu?



Kegiatan mengevaluasi suatu kelompok, produk atau sistem yang dilakukan oleh para ahli di bidangnya yang berkompeten serta mengetahui liku - likunya ini biasa disebut sebagai kegiatan auditing. Auditing ini biasanya oleh perusahaan akan mengevaluasi biasanya mengenai evaluasi keuangan perusahaan. Namun jangan terlalu kurang pergaulan, sebab auditing ini tak sebatas pada keuangan saja sebab masih ada jenis lain dari audit itu sendiri seperti audit yang berfokus pada audit operasional suatu organisasi atau lembaga, audit kepatuhan terhadap suatu peraturan di suatu organisasi, lembaga atau instansi tertentu. Selanjutnya ada juga audit energi yang mana pasti akan ada evaluasi terhadap penggunaan energi, dan dari sinilah isi artikel ini akan disampaikan mengenai kegiatan evaluasi energi terutama energi listrik.

Bagi sebagian orang pasti kurang akrab akan kegiatan auditing sumber energi seperti listrik karena bagi sebagian besar orang audit itu untuk keuangan saja. Jangan salah, energi pun harus ada proses auditingnya. Lantas apa sebenarnya auditing di bidang energi? Auditing mengenai energi listrik utamanya adalah proses evaluasi atas pergerakan lalu lintas listrik suatu tempat dalam jangka waktu tertentu. Adapun yang akan diaudit nantinya berupa seberapa banyak energi listrik yang telah digunakan suatu tempat tersebut yang nantinya akan diaudit juga masalah keuangannya dalam penggunaan energi dengan besaran tertentu. Tentunya, proses auditing ini memerlukan banyak proses atau tahapan agar diperoleh kesimpulan dan data yang akurat yang bisa dipertanggungjawabkan nantinya.

Namun terdapat tujuan dilakukan auditing energi ini antara lain seperti perusahaan dapat menilai secara pasti melalui data-data tentang pengontrolan keluarnya energi listrik ini supaya nantinya tidak habis, juga dapat menilai kinerja suatu perusahaan apakah membaik atau memburuk. Makanya audit pada perusahaan yang bergerak di bidang energi dan sumber daya alam sangat diperlukan dan bersifat krusial. Demikian saja, semoga pembahasan singkat dari artiket yang memiliki topik utama terkait audit energi listrik ini bermanfaat dan membantu anda untuk mengetahui apa itu dan tujuan audit sumber energi itu sendiri.

@honeylizious

Followers