1 Agustus 2014

Altitude 3676 Karya Azzura Dayana: Sebuah Review Novel


Membaca novel seperti ini adalah tantangan buat saya. Seperti diminta memakan makanan yang bukan selera kita. Tetapi bukan berarti novel tersebut tidak bagus. Memang sejak awal genre novel ini bukanlah favorit saya, sebab sejak dulu saya lebih suka novel yang penuh misteri atau detektif bahkan pembunuhan. Jadi agak sulit menyelesaikannya sampai akhir. Mau tak mau selesai karena novel ini sering saya bawa ke mana-mana untuk mengisi waktu luang saat menunggu.

Cerita yang dihadirkan memang tak biasa. Saya tidak terlalu familiar dengan kisah seperti ini. Buat yang belum pernah baca tak ada salahnya menikmati novel ini. Sebab buat saya sendiri yang selama ini membaca buku traveling untuk mengenal sebuah tempat bisa menikmati sensasi traveling melalui sebuah novel. Saya rasa orang lain yang suka traveling harus menulis buku semacam ini. Jadi travelingnya terasa lebih hidup dengan penokohan di dalamnya dan konflik yang ikut serta. Walaupun saya sebenarnya tetap kurang suka penggunaan 'gue' atau 'elu'.

Jarang sekali saya suka membeli buku yang memuat 'gue-elu'-nya. Mengganggu. Buat saya. Walaupun harus dimaklumi itu sebagai penanda asal orang yang menggunakan 'gue-elu' tersebut saat berbicara dengan orang lain. Rasanya terlalu Jakarta sentris penggunaan 'gue-elu' dalam sebuah karya fiksi. Selain kurang sopan sih menurut saya. Setiap orang punya pendapat masing-masing ya soal ini. Sebagai orang Kalimantan yang tidak familiar menggunakan 'gue-elu' dalam percakapan sehari-hari tentu saja tak menyenangkan harus menemukannya dalam bentuk karya tulis.

Meskipun demikian saya menikmati membaca cerita di dalam novel ini terlepas dari penggunaan 'gue-elu'-nya. Sebab saya merasa dibawa bepergian ke tempat yang tak pernah saya datangi sebelumnya. Tempat yang cukup menarik dan dengan penokohan yang juga tak kalah menariknya. Novel ini mudah dipahami karena potongan alurnya tidak begitu kecil. Saya bisa menangkap alur ceritanya tanpa perlu membuka beberapa halaman sebelumnya dan mengulang membaca untuk tahu alur yang sebenarnya.

Saya menyelesaikannya agak lambat dari banyak novel yang lebih tebal dari ini. 

@honeylizious

Followers