26 Juli 2014

Sahur dan Berbuka


Sekarang tugas utama saya selama bulan puasa adalah menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka. Ya ampun ternyata selama ini saya kurang menghargai usaha orang tua saya, terutama Umak atau Uwan yang bertugas yang sama selama puluhan tahun ini. Bukan hal mudah bagi saya yang biasanya hanya tinggal menghadap makanan untuk makan sahur dan berbuka. Selama hidup sendiri di Pontianak paling mudah adalah membeli. Karena hanya untuk sendiri tinggal beli saja makanan yang disukai. Beda cerita dengan sekarang. Selera suami adalah yang paling utama. Sebab dia sedikit rewel soal makanan dibandingkan saya yang pemakan segalanya.

Alhamdulillah sejauh ini saya yang bertugas menyiapkan makanan untuk sahur masih mampu menyediakan semuanya. Masih bisa bangun walaupun suami yang membangunkan. Ternyata saya yang susah bangun untuk makan sahur ini sekarang bisa melawan rasa ngantuk dan menyalakan kompor buat memanaskan lauk yang biasanya memang sudah dibeli malam harinya. Biar praktis aja sih.

Beberapa kali di awal masih sempat bolong sahurnya. Bablas tidur sampai pagi. Hahahaha... sayang sih jadi nggak dapat berkahnya sahur. Tapi di akhir-akhir bulan ramadhan ternyata saya mulai terbiasa dan menikmati betapa indahnya bisa makan sahur bareng suami.

Makanan berbuka sendiri sebenarnya tak begitu repot karena suami jarang makan nasi saat berbuka. Jadi dia cukup makan kue untuk buka puasa dan makan nasinya saat sahur. Untuk buka puasa pun saya jarang membuat kue. Lebih praktis membeli di kantin dekat Radio Volare. Apalagi dengan membeli kita bisa membawa pulang banyak sekali jenis kue dan harganya juga terjangkau. Dibandingkan membuat yang belum tentu rasanya dijamin enak. Mendingan emang langsung beli aja.


Ini adalah Ramadhan pertama bersama suami. Lebaran pertama juga bersama suami. Sangat berbeda dengan tahun lalu yang masih sendirian. Alhamdulillah. Tak cukup rasanya segala rasa syukur yang terus dipanjatkan ini. Begitu banyak yang telah Dia berikan dalam kehidupan saya dan juga suami.


 

@honeylizious

Followers