2 Juli 2014

Kue Jorong-Jorong


Ke Pontianak? Bulan Ramadhan gini? Tenang, ada kue yang wajib santap pas bulan puasa. Jorong-jorong. Sebenarnya selain bulan ramadhan ada juga pedagang yang membuat kue ini. Tapi kalo pas bulan puasa, dapat dipastikan setiap kantin ramadhan menyediakan kue sedap ini. Kue yang sebenarnya sangat sederhana. Tetapi buat saya sendiri kesederhanaannya yang membuat selalu ingin makan lagi dan lagi. Biasanya saya makan dua atau tiga kue jorong-jorong untuk berbuka puasa.

Kue Jorong-Jorong ini memang khas Pontianak, Kalimantan Barat. Harumnya pandan membuat aroma kue ini jadi spesial. Apalagi harga kue jorong-jorong juga sangat terjangkau. Saat tulisan ini diterbitkan harga pasaran kue jorong-jorong hanya 1.500. Murah banget kan?

Kalo membuat sendiri kue ini jujur saya belum pernah, saya mengenalnya juga di Pontianak. Sebab di kampung, Uwan (nenek) dan Umak (ibu) saya belum pernah membuat kue ini. Makanya saya tidak tahu kue ini sebelumnya. Saat di Pontianaklah saya berkenalan dengan kue ini. Entah kapan saya jadi suka sekali dengan kue ini. Setiap mau berbuka puasa saya pasti membeli satu dua kue jorong-jorong untuk disajikan sebagai menu buka.

Jangan tanya resep kue Jorong-Jorong sama saya, soalnya saya tak pernah membuatnya. Walaupun sebenarnya cara membuatnya sangat sederhana, setelah mengintip beberapa resep di website penyedia resep masakan. Tapi belum terpikirkan akan membuat kue ini di dapur. Apalagi yang suka cuma saya. Suami tak begitu suka. Jadinya mendingan beli ajalah ya.

 

@honeylizious

Followers