22 Juli 2014

Energi Baru yang Terbarukan Di Indonesia




Energi baru terbarukan menjadi sebuah alternatif masa kini dalam bidang pemenuhan energi. Terutama di Indonesia dimana terdapat banyak sumber daya yang bisa diolah menjadi energi yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Selama ini energi kita masih didominasi dari fossil base seperti minyak bumi ataupun tambang batu bara yang dijadikan sebagai bahan baku fasilitas pembangkit energi listrik. Sementara itu persediaan sumber bahan baku yang berdasarkan fossil terus menurun setiap tahunnya dan tidak bisa terbarukan. 

Sementara itu disisi lain kebutuhan manusia akan energi terus meninggkat yang diiringi juga semakin bertambahnya jumlah penduduk.

Oleh karenanya pengembangan energi baru terbarukan bisa menjadi solusi. Energi ini bisa didapat dari angin, air, ombak, gas alam, biomassa, dan seterusnya. Dengan menggunakan sumber tersebut, yang notabene memang melimpah di alam kita, maka pengolahan energi bisa menjadi lebih ramah lingkungan, dan hasilnya pun bisa lebih murah ketimbang terus-terusan menggunakan bahan baku yang biasa digunakan sekarang.


Penghematan yang dapat dilakukan dengan menggunakan energi baru ini dapat juga menghemat anggaran belanja daerah apabila dilakukan mulai dari pemerintahan daerah. Walaupun begitu pengolahan energi ini juga dapat dilakukan oleh kelompok dan kemudian didistribusi sendiri ke daerahnya, sehingga di tanah air bisa benar-benar tercipta swasembada energi bagi masyarakatnya. Tentu hal ini masih angan-angan tapi kiranya disanalh terletak masa depan energi kita.

 

@honeylizious

Followers