1 Juli 2014

A Stolen Life: Sebuah Review


Selalu suka dengan buku yang berisi kisah nyata. Apalagi cerita yang menyedihkan dan menguras air mata. Saya bisa membaca buku seperti ini berulang-ulang. Buku ini merupakan tulisan dari Jaycee Lee Dugard, yang mengisahkan bagaimana dirinya selama diculik saat masih kecil. Perlakuan yang diterima dari sang penculik dan bagaimana perasaannya. Saya tak dapat membayangkan disekap bertahun-tahun oleh orang yang menjadikan kita sebagai objek pelampiasan nafsunya. Bahasa di dalam buku ini sangat mudah dimengerti. Jadi siapa pun bisa memahaminya dengan mudah.

Hanya kita harus siap terluka setelah membacanya. Perasaan tercabik-cabik setelah menyelesaikan halaman demi halaman. Buku seperti ini sangat cocok untuk menimbulkan rasa syukur pada kehidupan kita yang tak perlu mengalami kekerasaan seksual seperti yang dialami penulis buku ini. Bahkan tidak hanya sekali. Berkali-kali selama bertahun-tahun. Walaupun kita pada akhirnya tahu penulis buku ini terbebas dari penyekap dan pemerkosanya, perasaan trauma yang dia alami akan sangat sulit untuk hilang.

Berbahagialah kita dengan segala kehidupan yang telah kita miliki sekarang. Sebab terkadang banyak sekali orang di luar sana yang rela membayar dengan nyawanya untuk berada di posisi kita dan tak mengalami apa yang telah dia alami sebelumnya. Menurut saya sih itu yang dirasakan oleh penulis A Stolen Life ini. Yap! Kehidupannya dirampok begitu saja. Kebebasan yang harusnya dia nikmati menghilang begitu saja.

Dia benar-benar orang yang sangat kuat karena masih bisa meneruskan kehidupannya dan menuliskan tentang kehidupannya sendiri untuk dibaca oleh orang lain. Itu pasti sangat menyakitkan. Membuka lembaran luka itu satu demi satu dan menjadikannya sebuah buku. Agar orang lain tahu tentang apa yang dia alami dan jangan sampai ada yang mengalami kejadian yang sama.
Buku ini memang cukup menyakitkan untuk diselesaikan. Namun pilihan untuk tidak menyelesaikannya jauh lebih berat dibandingkan menunda membaca bagian akhirnya. Bacalah buku yang seperti ini ketika kamu merasa jatuh. Merasa sendirian dan tak ada yang benar-benar peduli denganmu. Di luar sana, ada orang yang lebih suka tak dipedulikan atau diperhatikan oleh orang asal tak ada yang menculiknya dan menjadikannya orang yang berbeda setelah bertahun-tahun mengalami kekerasan seksual tersebut.

Buku ini juga cocok untuk banyak orang tua yang barangkali suka lalai dengan keselamatan anaknya. Jangan sampai perhatian terhadap anak teralihkan dan dia dengan mudah diambil oleh orang lain. Apalagi sampai mengalami kejadian buruk seperti Jaycee Lee Dugard.

@honeylizious

Followers