11 Juni 2014

Mie Kuning Sanggul


Saya tidak tahu apakah di tempat lain ada juga mie kuning sanggul seperti ini. Biasanya digunakan sebagai isi kuah lontong sayur di kampung saya. Mie kuning sanggul ini bisa didapatkan di Singkawang dan Sambas. Di Pontianak sendiri masih susah mendapatkannya karena yang mengenal mie ini memang orang Sambas dan Singkawang. Sehingga saya beberapa kali minta Umak mengirimkan saya beberapa kilo mie ini untuk santapan di Pontianak.

Mie ini harganya juga terjangkau. Cuma yang terakhir saya lupa harganya berapa.

Mie ini rasanya gurih dan entah bagaimana cara membuat mienya. Saya hanya tahu memasaknya dan memakannya. Suami saya yang berasal dari Pontianak juga suka sama mie ini. Pertama kali mencoba dia langsung suka. Padahal biasanya dia tidak terlalu suka mencoba makanan baru. Apalagi yang menurut dia sangat asing.

Biasanya mie ini digunakan orang untuk membuat nasi kopon. Nasi Kopon itu nasi yang sayurnya dicampur dengan mie kuning sanggul. Biasanya sayur santan yang diberi cabai sehingga kuningnya kemerahan. Sayurnya kacang panjang dan ada juga campuran udang kecil-kecil. Tidak ada lauk yang lain. Itulah nasi kopon. Nasi kopon ini paling mudah ditemukan di rumah orang yang sedang ada kematian keluarganya. Tamu yang hadir untuk mengaji akan diberi makan nasi kopon ini.

Namun saya jarang makan di rumah orang yang sedang ada kematian. Jadi kalau mau makan nasi kopon, Uwan yang akan membuatnya di rumah. Bulan tua, uang nggak banyak, cocok sekali menghidangkan nasi kopon. Hemat dan nikmat. Apalagi dimakan saat panas-panas. Kuah nasi kopon yang ada mie kuning sanggul ini kayak kuah buat lontong sayur di kampung saya. Berbeda dengan di kota, kuah lontong sayurnya bukan hanya sayuran isinya, melainkan didominasi oleh mie kuning sanggul ini.


Menarik bukan?

@honeylizious

Followers