4 Juni 2014

Mengajak Si Kecil Senang Berjalan Kaki




Akhir tahun 2012 lalu, Nielsen Indonesia mengeluarkan hasil dari salah satu survey yang mereka lakukan terhadap masyarakat Indonesia yang tinggal di kota-kota besar. Hasilnya memperlihatkan bahwa banyak dari masyarakat kita yang mulai khawatir dengan kondisi keseimbangan work – life yang mereka jalani. Menariknya, kalau kita amati lebih mendalam, ketidakseimbangan itu tidak serta-merta disebabkan beban pekerjaan yang terlalu tinggi. Tapi, justru lebih diakibatkan banyaknya waktu yang mereka habiskan untuk sampai ke tempat kerja dari rumah dan sebaliknya.

Salah satu solusi dari masalah ini adalah diperbaikinya sarana transportasi umum terpadu dan diperbanyak jumlahnya. Solusi ini memang harus datang dari pemerintah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi, ada satu solusi yang bisa datang dari diri kita sendiri. Solusi itu adalah memperbanyak jalan kaki kemana-mana dan tidak selalu mengandalkan kendaraan pribadi bahkan transportasi umum. Tentu saja praktek lebih sulit dibandingkan teori. Terlebih lagi untuk urusan jalan kaki. Selain karena sangat terbatasnya area untuk pejalan kaki, jalan kaki memang belum menjadi budaya sehari-hari orang kita. Selain itu, kondisi udara yang kurang baik karena tercemar polusi sering membuat kita mengurungkan niat untuk berjalan kaki.

Beberapa organisasi di Indonesia saat ini menggelar kegiatan dan event untuk mempromosikan hidup sehat dari mulai gerakan jalan kaki bersama hingga lari marathon. Banyak dari event yang pernah diselenggarakan, ada satu event yang pastinya sangat menarik untuk buah hati kita. Salah satunya contohnnya adalah The Color Run Marathon

The Color Run Marathon ini pada dasarnya merupakan event lari marathon biasa dengan rute sepanjang 5 km yang mengusung konsep festival. Tentu saja pesertanya tidak harus menyelesaikan 5 km tersebut. Banyak juga peserta yang menyelesaikan rute tersebut baik dengan berjalan cepat atau berjalan santai. Tapi ada satu hal yang membedakan marathon ini dengan yang lainnya dan itu adalah peserta mengenakan kaos polos bewarna putih dan menjelang garis finish mereka disemprot oleh taburan bubuk berwarna-warni yang dibuat dari tepung maizena dan pewarna alami. Salah satu tujuan utama dari event ini memang untuk menyampaikan pesan bahwa kegiatan olahraga, baik berjalan kaki atau berlari, itu tidak harus selalu dilihat sebagai hal yang menjemukan.

Tidak saja event-event seperti ini menjadi bonding moment bersama keluarga, tetapi juga secara tidak langsung mengajarkan anak-anak kita untuk lebih senang bergerak dan berolahraga dari kecil.

Mungkin ada kekhawatiran dari teman-teman sekalian mengenai sulitnya menghilangkan noda-noda bubuk warna-warni yang tertinggal dari marathon tersebut. Tapi jangan khawatir dengan hadirnya mesin cuci di dalam kehidupan rumah tangga kita, semua menjadi lebih mudah. Setelah baju direndam terlebih dahulu di dalam air dingin menggunakan deterjen yang lembut masukkan baju ke dalam mesin cuci dengan pengaturan yang sesuai dengan jenis bahan baju Anda dan juga tingkat kekotoran baju. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai jenis pengaturan dan pengoperasian mesin cuci, situs Rinso menyediakan beberapa informasi penting yang layak dicoba.


Jangan lupa, kebiasaan olahraga terutama berjalan kaki baiknya ditanamkan ke anak-anak kita sedari kecil. Event-event seperti Color Run marathon ini tidak hanya membantu anak kita menggemari olahraga, tetapi tanpa sadar perlahan-lahan menjadikannya bagian dari kebutuhan.



@honeylizious

Followers