27 Juni 2014

Make Up Less Than 5 Minutes


Siapa bilang dandan itu musti lama? Lima menit juga cukup kok. Jadi bisa mematahkan omongan laki-laki yang suka banget mengatakan, perempuan itu dandannya yang lama. Makanya cowok yang mau ngapelin ceweknya pasti suka telat datangnya. Alasannya macet padahal ya dia ngebangsi waktu yang digunakan si cewek buat dandan.

Apa ya bahasa Indonesianya ngebangsi?

Intermezzo sejenak kayaknya. Soalnya saya harus menjelaskan biar teman-teman bisa memahami maksud tulisan saya. Kalau kita bikin jahitan, kita bikinnya pasti bahannya dilebihkan dari pola yang sudah kita buat kan? Supaya jahitannya pas dan nggak kekecilan. Nah bangsi tuh kayak gitu. Melebihkan. Melebihkan dengan maksud mencukupkan. Jadi ngebangsi waktu artinya ngasih waktu lebih ke cewek yang mau diapelin tapi khawatir dia dandannya lama dan nggak kepengen nungguinnya kelamaan.

Yes! Ternyata saya masih bisa menjadi guru bahasa daerah. Hihihi...

He'eh bangsi itu berasal dari bahasa Sambas. Di Pontianak sih ada juga yang menggunakannya. Sama sih artinya. Saya sendiri tahu bangsi itu dari bahasa di desa saya, Jawai, Sambas, Kalimantan Barat.

Balik lagi ke masalah dandan. Saya dandannya nggak lama kok. Paling lama 30 menit. Itu paling lama dan biasanya buat kondangan. Dandan lama banget ya! Padahal nanti pas di kondangan nggak nyampe 30 menit juga. Soalnya saya nggak terlalu suka di tempat yang ramai. Untuk dandanan sehari-hari kayak di foto ini saya hanya butuh 5 menit. Bahkan bisa kurang sebenarnya. Anggap saja lima menit. Malah yang lama itu pake jilbabnya. Bukan karena kesulitan memahami tutorial jilbab yang ada di Youtube tapi karena saya kelamaan nyari kerudung dan dalamannya.

Untuk dandanan 5 menit ini saya menggunakan alas bedak, bedak, eyeliner, maskara, dan lipstik. Semua dari Oriflame. Itu aja sih yang saya pake. Nggak ada bulu mata anti badai segala macem. Sering-sering latihan aja buat cewek-cewek yang mau dandan dalam waktu singkat. Lama-lama tangannya akan terlatih untuk mendandani wajah dalam waktu cepat kok.

@honeylizious

Followers