17 Juni 2014

Atasi Noda Darah dengan Cara Mudah Ini




Noda darah di pakaian sangatlah mengganggu dan tidak sedap dipandang mata. Baik itu noda darah di pakaian para wanita karena sedang datang bulan yang tidak sengaja terkena, atau noda di pakaian si kecil karena terjatuh sehabis bermain, noda darah seringkali tidak dapat kita hindari. Menghilangkan noda darah ternyata mudah jika mengikuti langkah-langkah berikut ini yang harus kita perhatikan saat membersihkannya. Bahan pakaian yang berbeda, terkadang membutuhkan penanganan yang berbeda juga. Oleh karenanya, sebelum mencoba membersihkan noda, baca terlebih dahulu label perawatan pakaian dan pastikan metode yang dicoba sesuai dengan petunjuk dari produsen. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada pakaian seperti luntur atau mengkerut. Selalu coba metode menghilangkan noda ke bagian yang kecil dan tersembunyi terlebih dahulu untuk memastikan keberhasilannya.


Trik Menghilangkan Noda Darah
Untuk mendapatkan hasil terbaik, ada baiknya mengikuti trik-trik berguna berikut ini.
  • Bersihkan sesegera mungkin: Noda yang masih baru akan jauh lebih mudah dibersihkan jika dibandingkan noda darah yang sudah lama mengering. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga.
  • Penanganan awal terhadap noda: Walaupun harus membersihkannya dengan segera, jangan langsung memasukkan pakaian yang terkena noda darah ke dalam mesin cuci sebelum melakukan perawatan awal. Kita dapat mencoba menggunakan asam asetilsalisilat. Mungkin istilah ini terdengar asing, tapi bagaimana dengan nama lainnya yaitu aspirin? Tentunya pernah mendengar nama ini bukan? Ya, obat ini ternyata mempunyai kegunaan selain untuk pengurang rasa sakit, yaitu menghilangkan noda. Untuk noda pada pakaian berbahan katun atau poliester, larutkan satu tablet aspirin dalam segelas air. Celupkan bagian pakaian yang ternoda selama kurang lebih lima menit. Setelah itu bilas noda dengan air bersih, dan akan terlihat noda darah sudah berkurang.
  • Hindari air panas: Alih-alih menghilangkan noda, air panas malah akan membuat noda lebih melekat dan masuk ke dalam serat kain, menjadikannya lebih sulit dibersihkan. Sebaiknya kita menggunakan air dingin untuk membersihkan atau untuk merendam pakaian terlebih dahulu.


Saatnya Mencuci dengan Mesin Cuci
Setelah sudah selesai melakukan langkah awal membersihkan noda, tiba saatnya mencuci dengan mesin cuci. Mengetahui cara menggunakan mesin cuci yang benar akan sangat membantu kita memastikan agar noda darah benar-benar hilang. Gunakan siklus pencucian normal untuk pakaian berbahan katun dan poliester. Untuk bahan lain, khususnya bahan halus seperti sutra dan wol, kita dapat menggunakan siklus wol (wool cycle) atau delicate. Tekan tombolnya, dan mesin cuci akan melakukan pekerjaan ini. Saat mesin sudah selesai berputar, periksa nodanya untuk memastikan tidak ada bekas yang tersisa. Jika noda masih terlihat, kita dapat mengulangi langkah-langkah diatas. Keringkan pakaian jika kita sudah yakin noda darah telah hilang sepenuhnya.

Nah, sekarang kita sudah tahu cara membersihkan noda darah. Jadi kita tidak perlu was-was memikirkan noda yang akan ditinggalkan di pakaian saat kita sedang datang bulan atau saat si kecil terluka nanti.

@honeylizious

Followers