14 Mei 2014

Madu Asli dari Sintang Kalbar




Mendapatkan madu asli sekarang bukan hal yang mudah. Semakin banyak orang yang kreatif membuat madu oplosan. Jika memagn boleh menyebutnya demikian. Madu oplosan sih memang tak seberbahaya minuman keras oplosan yang bisa menyebabkan kematian, tetapi yang jelas, madu oplosan manfaatnya tak akan bisa menyamai madu asli. Sebab kebanyakan orang pasti membutuhkan madu untuk kesehatannya. Bagaimana ceritanya kalau batuk lalu minum madu oplosan. Jangankan sembuh, bisa jadi sakitnya tambah parah.

Saya dengan suami suka membeli madu dari Sintang. Madu asli dari hutan. Harganya memang masih terjangkau walaupun sebenarnya ada juga beberapa tempat terpercaya yang menyediakan madu asli di Pontianak. Seperti di tempat saya membeli dagangan Oleh-Oleh Pontianak, mereka menyediakan banyak madu asli. Soal harga masih terjangkaulah. Namanya juga buat kesehatan ya. Dibandingkan harus sakit lalu memakan biaya lebih banyak lagi. Mendingan menjaga kesehatan tubuh dengan meminum madu setiap hari satu sendok.

Suami juga suka dibuatkan minuman kopi + telur ayam kampung + madu + jahe. Buat menambah staminanya bekerja setiap hari. Untung Umak sudah mengajari saya cara membuat kopi plus ini. Sehingga pas menikah saya tidak lagi kesulitan untuk membuatnya.


Membedakan madu asli dengan oplosan sebenarnya mudah. Madu asli tidak akan menjadi es batu bila dimasukkan ke freezer di kulkas. Dites dengan kertas atau tisu juga bisa. Madu asli tidak akan merembes atau membasahi kertas atau tisu sama sekali. Buat yang sudah terbiasa minum madu setiap hari pasti bisa membedakan madu asli dengan oplosan menggunakan lidah.  

@honeylizious

Followers